Daftar Permainan Bola Besar Seru yang Patut Dicoba

Permainan bola besar adalah permainan yang salah satu perlengkapannya berupa bola berukuran besar. Contohnya adalah permainan bola voli, bola basket, sepak bola, futsal, boling, rugby, bisbol, bola tangan dan masih banyak lagi.

Permainan tersebut dapat dimainkan oleh satu pemain maupun satu tim. Agar semakin akrab dengan masing-masing permainan di atas, mari perhatikan uraian di bawah ini.

Daftar Permainan Bola Besar yang Seru untuk Dimainkan

Ketahui macam-macam permainan yang menggunakan bola besar berikut:

1. Sepak Bola

Permainan olahraga merupakan permainan yang paling populer dan penggemarnya berasal dari berbagai kalangan usia. Sepak bola dimainkan pada lapangan dengan panjang 100-120 meter dan lebar 65-75 meter. 

Untuk memenangkan pertandingan sepak bola adalah tim harus mencetak gol ke gawang lawan sebanyak mungkin. Durasinya berlangsung selama 2×45 menit, ditambah istirahat selama 15 menit.

2. Bola Basket

Selanjutnya adalah bola basket, yaitu olahraga yang diciptakan oleh Dr. James Naismith pada tahun 1981. Jumlah pemain basket dalam satu tim terdiri dari 5 pemain. Teknis pertandingannya adalah dengan memasukkan bola basket pada ring lawan untuk mendapatkan skor. 

Ukuran standar lapangan basket adalah panjang 26 meter dan lebar 14 meter. Sementara ukuran tinggi ring sekitar 3,05 meter dengan diameter 45 cm. Satu kali permainan berlangsung selama 10 menit selama 4 babak, disela dengan waktu istirahat selama 10 menit.

3. Polo Air

Kalau Anda menyukai olahraga renang, sepak bola dan bola basket, maka Anda patut mencoba polo air. Cara main polo air adalah memasukkan bola ke gawang lawan, mirip seperti sepak bola. Bedanya, permainan ini dilakukan di air.

Satu tim terdiri dari 6 pemain dan 1 kiper. Di tahun 2019, tim nasional polo air Indonesia sempat membawa pulang medali emas setelah bertanding di SEA Games.

4. Futsal

Kata futsal diambil dari bahasa Spanyol yang berarti sepak bola di dalam ruangan. Penggemar futsal tidak kalah dengan sepak bola, bahkan anak-anak banyak yang menggemari permainan ini. Ukuran diameter bola futsal adalah sekitar 62-64 cm. 

Satu tim futsal terdiri dari 5 orang pemain. Futsal pertama kali dijadikan pertandingan pada tahun 1930 di Uruguay. Organisasi yang menaungi futsal adalah FIFA, atau di Indonesia adalah FFI.

5. Bola Voli

Bola voli adalah salah satu permainan bola besar yang dimainkan di berbagai negara. Permainan ini diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1895 silam dengan nama mintonette. Seiring waktu, namanya berubah menjadi volleyball atau dalam bahasa Indonesia bola voli.

Konsep permainan bola voli adalah menjaga agar bola voli tidak jatuh ke lantai atau mengenai net. Karena di bagian tengah lapangan terdapat net pembatas tim satu dengan tim yang lain. Satu tim bola voli terdiri dari 6 orang yang memiliki peran berbeda-beda.

6. Rugby

Permainan rugby tidak jauh berbeda dengan sepak bola. Yang membedakannya adalah, pemain boleh menggunakan tangan untuk mencetak gol ke gawang lawan. Satu tim rugby terdiri dari banyak pemain, yakni 22 pemain.

Rinciannya adalah 7 pemain bertahan, 8 pemain penyerang dan 7 pemain cadangan. Anda bisa mengetahui peran dari tiap-tiap pemain dari nomor punggung mereka. Nomor 1-8 menandakan pemain penyerang dan 9-15 menandakan pemain bertahan.

7. Bowling

Bowling merupakan permainan yang dapat dimainkan oleh satu pemain. Cara memainkannya cukup sederhana, pemain cukup menggelindingkan bola bowling ke arah 10 pin yang disusun dengan susunan segitiga.

Konsep permainan ini terdengar mudah, padahal dibutuhkan konsentrasi dan strategi agar dapat menjatuhkan seluruh pin dalam 1 gelindingan bola. 

8. Bola Tangan

Yang terakhir adalah bola tangan. Sesuai dengan namanya, permainan ini menggunakan tangan untuk melempar bola ke gawang lawan. Sejarah mencatat, bola tangan pertama kali dimainkan di Yunani pada tahun 130-200 masehi. 

Pada tahun 1946, terbentuk organisasi bola tangan yang bernama Federasi Bola Tangan Internasional.

Akhir Kata

Kalau dikulik lebih dalam, Anda bisa menemukan puluhan permainan bola besar lainnya yang tidak kalah menarik. Cari tahu di situs Olahraganesia untuk informasi selengkapnya.

Leave a Comment