7 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Tuban yang Lagi Hits

Tuban dapat menjadi pilihan destinasi liburan yang tepat dan juga murah, khususnya bagi kamu pencinta wisata alam. Adanya pandemi yang tidak kunjung usai ini, membuat banyak orang merasa tidak sabar untuk berlibur.

Oleh karena itu, bagi kamu yang tinggal di Tuban dan sekitarnya, kami akan merekomendasikan wisata alam di Tuban. Sehingga, kamu dapat mengunjunginya ketika kondisi pandemi sudah lebih baik. Berikut 7 rekomendasi tempat wisata terbaik di Tuban:

1. Air Terjun Putri Nglirip

(sumber: instagram.com/airterjunputringlirip/).
LokasiNglirip, Singgahan, Sawah, Tingkis, Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 06.00-17.00.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000 (dewasa) dan Rp3.000 (anak-anak).
Rating ulasan4,4/5.0 – 1.989 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Tuban34 m4nit (23,6 km) lewat Jl. Raya Montong.
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataSpot foto, air terjun, pemandangan alam sekitar, dan wahana menarik lainnya.

Air Terjun Putri Nglirip atau juga biasa disebut sebagai Bendung Nglirip adalah wisata alam yang cukup jauh dari kota. Namun, tempat ini worth it untuk kamu kunjungi ketika ingin bersantai sambil meng-explore Tuban. Harga Tiket Masuk untuk orang dewasa Rp5.000 dan anak-anak Rp3.00. Jika kamu berkunjung saat musim hujan, maka volume airnya akan menjadi sangat banyak.

Sumber mata airnya berasal dari sumber air Krawak yang terletak tidak jauh dari Air Terjun Putri Nglirip. Untuk menuju ke lokasi utama air terjun tidak jauh, namun tetap menggunakan tangga untuk turun. Ada banyak penjual juga di sini, sehingga kamu tidak perlu membawa bekal makanan. Wisata alam ini bisa kamu sebagai healing sejenak setelah fokus terhadap pekerjaan.

Kamu bisa berenang di bagian batu-batu yang dangkal. Namun tidak boleh ke tengah, hal ini karena air terjun yang dalam dan licin. Disarankan untuk tetap hati-hati ketika ingin berenang, selain itu awasi terus anak kecil. Jika berniat berkunjung kesini, maka cobalah di awal-awal musim kemarau. Karena biasanya air terjun tidak akan terlalu deras, jadi pemandangannya pun semakin indah.

Selain akses jalan yang mudah, petugas loket juga ramah dan cepat tanggap ketika ditanya pengunjung. Warung makan tersedia dengan jumlah yang banyak, tempat parkir juga dijaga dengan keamanan ketat. Dan tempat sampah juga telah disediakan , sehingga pengunjung dapat ikut serta menjaga lingkungan sekitar.

2. Pemandian Alam Bektiharjo

(sumber : instagram.com/tuban.hits/).
LokasiKrajan, Prunggahan Kulon, Kec. Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 08.00-17.00.
Harga tiket masuk (HTM)Rp8.000-Rp10.000 (dewasa) dan Rp5.000-Rp6.000 (anak-anak).
Rating ulasan4,2/5.0 – 754 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Tuban36 menit (20,9 km) lewat Jl. Raya Bektiharjo.
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataKolam renang, penangkaran kera, dan spot foto kece.

Tuban memiliki banyak destinasi legendaris dengan usia puluhan tahun, salah satunya adalah Pemandian Bektiharjo. Karena terdapat sumber mata air, maka air akan terus mengalir dengan jernih. Pemandian ini adalah tempat peninggalan Raden Danur Wendo, sudah berfungsi sebagai sumber air minum sejak abad XIII.

Pemandian ini menjadi pemandian dengan sumber mata air yang tidak akan pernah kering. Pemandian ini juga sudah banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar maupun luar kota yang ingin menghabiskan waktu dengan rekreasi. Dalam lokasi wisata ini,  selain terdapat beberapa kolam renang, juga tersedia pujasera yang menyuguhkan aneka makanan minuman.

Pemandian Bektiharjo juga dihuni oleh kawanan kera yang konon sudah berada di lokasi pemandian, sebelum dibuka sebagai tempat wisata. Selain dikelilingi dengan pohon besar yang sudah berumur, di lokasi juga terdapat makam tokoh keturunan Raja Majapahit. Fasilitas cukup lengkap dengan kebersihan masih ditingkatkan.

Kesegaran air, ikan-ikan yang eksotis dan kawanan kera adalah daya tarik dari wisata alam ini.  Pembangunan kolam renang dilakukan dengan standar lomba, jadi nyaman untuk dipakai berlatih bagi yang ingin ikut kejuaraan. Warung-warung juga sudah tertata rapi sekarang, sehingga akan memudahkan pengunjung menemukan menu favorite.

3. Pantai Remen

(sumber: instagram.com/lailyrohmatin/).
LokasiRemen, Kec. Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 06.30-17.00.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Rating ulasan4,3/5.0 – 5.029 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Tuban31 menit (19,5 km) lewat Jl. Kragan – Rembang – Surabaya/Jl. Raya Pantura.
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataHamparan pasir putih ramai dengan hutan, banyak pedagang yang menjual air kelapa serta camilan, dan spot foto yang eksotis.

Pantai Remen merupakan salah satu dari 10 pantai Tuban dengan pemandangan terbaik. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dengan pasir putih dan bertekstur agak kasar. Pasir dari pantai ini tidak sekecil ukuran pasir pada umumnya. Pantai Remen dikelola langsung oleh penduduk setempat. Selain itu, sepanjang pantai terdapat jejeran pedagang yang tentunya juga masyarakat setempat.

Meskipun pantai ini masih belum terlalu ramai, namun dengan pasir putih memanjang dan ombaknya tidak terlalu besar membuatnya menarik. Di sana juga ada sungai maupun kolam besar untuk bermain perahu bebek, dan siap untuk disewakan. Sepanjang pantai ditanami pohon cemara sekitar 3-6 meter tingginya.

Dengan pemandangan yang eksotis, udara yang segar, ditemani angin sepoi-sepoi membuat pikiran menjadi fresh kembali. Apalagi ketika melihat pemandangan laut biru dan dentuman ombak serta pasir putih akan membuat rasa lelah hilang. Cocok digunakan sebagai tempat liburan untuk keluarga, pacar, maupun sahabat.

Pantai ini sangat recomended untuk kamu yang sedang mencari wisata pantai. Pantai Remen paling asyik jika dikunjungi saat sore hari. Selain karena lebih sepi, kamu juga bisa melihat sunset yang indah. Sore hari ditemani angin semilir sembari minum es degan dan makan bakso di warung pinggir pantai akan sangat menenangkan. Jadi pendatang jauh tidak akan kecewa ketika berkunjung.

4. Goa Akbar

(sumber : instagram.com/gotravelly/).
LokasiSemanding, Jarkali, Gedongombo, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 07.00-18.00.
Harga tiket masuk (HTM)Rp4.000/orang.
Rating ulasan4,2/5.0 – 3.563 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Tuban12 menit (4,4 km) lewat Jl. DR. Wahidin Sudirohusodo.
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataGoa besar dengan formasi batu yang diberi cahaya dan ceruk khusus digunakan untuk berdoa.

Goa Akbar adalah salah satu goa bagus yang ada di Indonesia dengan nilai sejarah tinggi. Selain itu, gua ini adalah peninggalan dari Wali Songo yang bisa dinikmati. Perjalanan menuju ke dalam goa sudah menggunakan tangga dengan batu conblok sebagai alas dan pegangan dari besi stainless untuk para pengunjung.

Ketika masuk ke dalam goa, kamu akan disuguhi pemandangan dari stalaktit dan stalagmit yang masih alami. Hawa udaranya juga khas, namun goa agak lembap dan basah. Dalam goa juga sudah dipasang lampu-lampu penerang jalan, namun harus tetap hati-hati dalam melangkah. Hampir setiap ruangan dalam goa terdapat cerita historis oleh Wali Songo.

Perjalanan mengelilingi ruangan goa cukup memakan waktu, yakni kurang lebih 3-4 jam. Sebaiknya kamu memakai tutup kepala dan masker untuk menutup hidung, sehingga dapat mengurangi hawa yang kurang sejuk. Akses menuju goa cukup sempit dan hanya bisa menampung 1 mobil dan motor. Untuk motor, biasanya tempat parkir akan disediakan oleh warga dengan biaya parkir murah.

Goa akbar adalah salah satu destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Tuban. Cocok sekali untuk mengisi hari libur, apalagi bagi kamu penyuka wisata edukasi. Tempatnya strategis, berdekatan dengan objek wisata lainnya seperti ziarah makam dan Pantai Boom.

5. Bukit Wisata Ngandong

(sumber: instagram.com/beritatuban/).
LokasiBanteng, Ngandong, Grabagan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp2.000/orang.
Rating ulasan4,3/5.0 – 337 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Tuban39 menit (21,6 km) lewat Jl. Masjid Al Falah.
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataPemandangan alam dari atas bukit dan spot foto terbaik.

Lokasi utama Bukit Wisata Ngandong cukup jauh dari pusat kota Tuban, bahkan lebih dekat dari Bojonegoro. Jalan menuju tempat ini sungguh mengesankan, naik turun dataran tinggi namun jalannya sangat mulus. Area ini dekat dengan tower TVRI, kamu cukup membayar Rp2.000 untuk parkir. Kemudian Rp2.000 untuk tiket masuk dan kamu bisa menikmati spot foto menarik di sana.

Dari atas bukit, kamu bisa dengan mudah melihat pemandangan alam yang begitu memesona. Wisata ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai pilihan tempat berlibur. Tentunya selain karena murah, di sana juga terdapat penghijauan tempat yang menarik. Fasilitas juga terbilang lengkap, salah satunya adalah toilet dan mushola.

Namun untuk area parkir belum terlalu memadai, sebab petugas parkir juga kurang pelayanannya. Ketika pengunjung datang dan membayar parkir, mereka akan langsung pergi setelah menerima uang. Tidak menjaga kendaraan di area parkir, jadi kami rasa kawasan parkirannya masih kurang aman.

Bukit dengan view panorama terbaik. Saat pergantian tahun, kamu bisa berkunjung untuk menyaksikan kembang api dari Bojonegoro dan Tuban. Tempat ini juga cocok untuk berkemah, namun jangan lupa untuk meminta izin terlebih dahulu kepada petugas.

6. Mangrove Centre Tuban

Pesona pantai di Mangrove Centre Tuban.
LokasiJl. Raya Tuban – Semarang No.KM, RW.6, Kajenom, Jenu, Kec. Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 07.00-17.00.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Rating ulasan4,2/5.0 – 1.221 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Tuban16 menit (8,0 km) lewat Jl. Kragan – Rembang – Surabaya/Jl. Raya Pantura.
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataTaman pesisir dengan pohon bakau, pantai, dan bumi perkemahan tepi laut yang terlihat memesona.

Deretan pantai pasir putih Tuban yang tersambung menjadi satu dengan lapangan bola voli dan pasir putih sebagai alasnya. Menjadikan kawasan ini sebagai mangrove terbesar di Tuban dan rumah bagi keanekaragaman hayati lainnya. Para pengunjung harus ikut serta dalam menjaga ekosistem alam , dengan tidak membuang sampah sembarangan di sana.

Cocok untuk berkemah, outbound, atau acara outdoor lainnya. Tempat ini sangat sejuk dan juga menyediakan banyak lapak untuk penjual agar pengunjung mudah menikmati makanan dan minuman. Selain itu, di sini juga ada tempat yang berfungsi untuk budidaya bunga. Kamu bisa membelinya untuk menjadi oleh-oleh.

Parkir luas bisa menampung banyak kendaraan dan dapat masuk melalui dua jalan yakni timur maupun barat. Terdapat lampu penerangan yang cukup bagus, jadi kamu bisa berkemah tanpa harus membawa lampu. Ada beberapa gazebo besar dan kecil, mushola cukup besar, dan kamar mandi banyak. Penjual makanan dan minuman juga buka 24 jam.

Rekomended untuk bersantai dan relaksasi, baik itu sendiri,  komunitas maupun bersama keluarga. Aman dan sejuk akan menambah kesan nyaman ketika berkunjung. Apalagi dengan luas tempat dan pohon rindang, aneka bunga dan tanaman lain sangat memanjakan mata. Siap membantu siapa saja yang membutuhkan tanaman untuk pelestarian alam

7. Wana Wisata Prataan

(sumber: instagram.com/agiel_phyro/).
LokasiPrataan, Wukirharjo, Parengan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp6.000/orang.
Rating ulasan4,0/5.0 – 1.225 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Tuban59 menit (35,9 km) lewat Jl. Raya Merakurak.
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataWisata mandi air hangat alami dengan nuansa hutan yang adem menyejukkan, mulai dari kolam renang, air panas, dan kolam terapi ikan.

Wana Wisata Prataan adalah pemandian air panas yang terletak dan dikelola langsung oleh pihak Perhutani. Wisata ini menawarkan aneka permainan outbound, di sini juga ada penangkaran rusa tapi tidak sebanyak di Monumen Suryo Ngawi.

Sumber air panas Prataan berasal dari Gunung Kendeng yang berada di utara mata air panas. Ada tiga titik sumber air panas yang berasal dari Gunung Kendeng, namun hanya satu yang digunakan sebagai pemandian penduduk. Karena dua sumber lainnya yang memiliki suhu sangat tinggi dan jaraknya jauh sehingga sulit dijangkau.

Walaupun letaknya di puncak bukit yang kering dan panas, ternyata di tempat ini airnya sangat melimpah. Kolam renang airnya jernih dan berada di tengah teriknya matahari. Ada juga kolam air panas yang airnya berwarna kehijauan. Keduanya bisa dinikmati gratis, yang berbayar adalah kolam terapi ikan seharga Rp5.000 dan tiket masuk Rp6.000.

Yang menjadi masalah di sini adalah bau tinja yang semerbak sejak kita memarkir mobil. Untuk biaya parkir kendaraan di area prataan adalah Rp 2.000 untuk motor dan Rp4. 000 untuk mobil. Di sini kamu juga bisa menikmati permainan flying fox dan spot foto yang mirip dengan Kalibiru Yogyakarta.

Itulah informasi singkat mengenai  wisata alam yang ada di Tuban. Beberapa wisata di atas sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Bagi kamu yang tertarik untuk berlibur ke wisata tersebut bersama keluarga. Maka kamu bisa menerapkan beberapa perlengkapan liburan agar menjadi lancar dan terasa menyenangkan. Semoga ulasan ini dapat membantu liburanmu!

Leave a Comment