7 Rekomendasi Wisata Alam Terpopuler di Purworejo

Purworejo memiliki banyak sekali destinasi wisata alam yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan tempat berlibur. Mulai dari pantai, waduk, hutan, dan bahkan ada goa pun juga ada. Tentu saja dengan daya tariknya masing-masing, mampu membuat pengunjung merasa terpukau.

Ingin berlibur ke Purworejo, tapi bingung mau ke wisata yang mana? Maka simak terus ulasan kali ini, untuk mengetahui berbagai rekomendasi wisata alam di Purworejo. Berikut 7 rekomendasi tempat wisata alam terbaik di Purworejo:

1. Hutan Pinus Kalilo

Wisata-Purworejo-Hutan-Pinus-Kalilo
(sumber: instagram.com/kartika.ra_/).
LokasiKalilo, Tlogoguwo, Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 08.00-17.00.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Rating ulasan4,4/5.0 – 1.003 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Purworejo 33 menit (16,2 km) lewat Jl. Raya Kaligesing.
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataSuasana hutan yang nyaman dengan bukit setapak di atasnya. Terdapat rumah pohon dan berbatuan yang indah.

Destinasi wisata Hutan Pinus Kalilo menyuguhkan wisata alam yang sangat memukau dengan keindahannya. Walaupun memang seperti hutan pinus pada umumnya, namun lokasinya yang terbilang unik ini menambah daya tarik tersendiri. Lokasi wisata ini juga berdekatan dengan destinasi wisata lainnya, seperti Goa, Sungai Mudal, dan lain-lain.

Jika kamu adalah penyuka wisata ekstrem, maka datang ke Hutan Pinus Kalilo sangatlah tepat. Hal ini karena akses jalan menuju ke lokasi masih terbilang ekstrem untuk dilalui. Namun, justru itulah yang membuat pengunjung tertantang. Ketika kamu sedang menuju ke lokasi utama, maka pemandangan hijau dari banyak pohon akan menemani kamu berkendara.

Dengan mematok harga tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang, kamu sudah bisa menikmati banyaknya fasilitas yang tersedia. Terdapat wahana permainan, pepohonan yang berjejer, dan spot menarik lainnya yang mampu membuat pengunjung merasa betah. Tempat parkir kendaraan yang disediakan juga luas dan aman dengan penjagaan yang ketat.

Destinasi wisata ini cocok kamu jadikan sebagai rekreasi bersama keluarga. Kamu bisa menikmati suasana hutan yang sejuk dengan pohon pinus di sekelilingnya. Bermain banyak wahana permainan, seperti jembatan tali, ayunan, jaring laba-laba tali, dan lainnya untuk menambah keakraban keluarga. Spot foto yang ada di sana juga tidak kalah menarik.

2. Curug Gunung Putri

Wisata-Purworejo-Curug-Gunung-Putri
(sumber: instagram.com/burhambagus/).
LokasiSingolopo, Cepedak, Bruno, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 07.00-17.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Rating ulasan4,3/5.0 – 387 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Purworejo1 jam 59 menit (51,8 km) lewat Jl. Wonosobo – Purworejo.
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataPemandangan gunung, air terjun, dan pepohonan pinus yang indah.

Dengan keindahan yang memesona, Curug Gunung Putri berhasil menarik perhatian banyak orang. Dikelilingi oleh pepohonan dan hutan, membuat curug ini memiliki suasana yang sangat sejuk. Air terjun yang masih terlihat jernih mengalir dengan bebas, menambah kadar keindahan Curug Gunung Putri. Berbatuan di sekitar air terjun juga membuatnya tampak lebih memukau.

Meskipun tempatnya yang cukup jauh, tidak membuatnya sepi pengunjung. Dengan jalan tanjakan yang menantang cukup membuat adrenalin ikut menanjak naik saat menuju curug ini. Yang paling menarik di sini adalah tempatnya yang jauh dari jalan raya, sehingga rasanya tenang menikmati suasana curug. Kamu bisa melakukannya dengan bermain air, segar sekali!

Destinasi wisata ini juga memiliki camping ground, cocok untuk kamu gunakan sebagai tempat kemah bersama. Fasilitas lainnya juga memadai, seperti toilet umum, warung makan, dan mushola untuk tempat ibadah umat Islam. Recommended untuk digunakan sebagai tempat piknik dengan sanak saudara.

Untuk masuk ke lokasi utama curug, maka kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp5.000 per orang. Kamu bisa menggunakan motor maupun mobil untuk sampai lokasi utama Curug Gunung Putri. Jalur yang terbilang menantang, maka kamu harus mengecek kendaraan terlebih dahulu sebelum pergi ke curug ini.

3. Pantai Jatimalang

Wisata-Purworejo-Pantai-Jatimalang
(sumber: instagram.com/artiachandraa/).
LokasiPatu, Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 06.00-18.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Rating ulasan4,3/5.0 – 4437 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Purworejo30 menit (20,2 km) lewat Jl. Nasional III.
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataPatung dewaruci, pemandangan air laut yang eksotis, dan kolam renang untuk anak-anak.

Purworejo juga memiliki pantai yang tidak kalah memukau dari pantai daerah lainnya, yakni Pantai Jatimalang atau Pantai Dewaruci Jatimalang. Pantai Jatimalang merupakan salah satu destinasi pantai di Jawa Tengah yang memiliki pemandangan memesona.

Dengan ikon patung Dewaruci yang fenomenal, menjadikan pantai Jatimalang sebagai salah satu pantai terpopuler di Purworejo, Jawa Tengah.

Akses menuju pantai sangat mudah untuk ditempuh, baik menggunakan motor maupun mobil. Untuk dapat masuk ke kawasan pantai, maka kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang.

Di pantai ini fasilitas sudah lengkap dan memadai, sehingga pengunjung tidak akan kekurangan fasilitas. Selain itu, suasana pantai yang sejuk dapat membuat pengunjung semakin nyaman.

Pantai Jatimalang memiliki keunikannya tersendiri, di antaranya adalah pasir hitam yang eksotis dengan terpaan ombak memukau. Para pengunjung dilarang berenang di pantai, karena kedalaman air lautnya yang sangat dalam. Selain itu, keunggulan dari pantai ini adalah kuliner seafoodnya yang murah dan mampu menggoyang lidah saking enaknya.

Untuk fasilitasnya bervariasi, di antaranya:

  1. Ada penyewaan ATV.
  2. Kuda tumpeng.
  3. Kolam renang mini untuk anak-anak.

Selain itu, di sana juga tersedia camping ground bagi kamu yang ingin berkemah di tepi pantai. Destinasi wisata ini sangat cocok kamu kunjungi bersama keluarga, sambil berpiknik dan mengobrol tentang berbagai hal.

4. Goa Seplawan

Wisata-Purworejo-Goa-Seplawan
(sumber: instagram.com/purworejozone/).
LokasiKaterban, Donorejo, Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 08.00-16.30.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Rating ulasan4,5/5.0 – 997 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Purworejo38 menit (18,0 km) lewat Jl. Raya Kaligesing.
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataPatung Dewa Siwa dan Parwati, goa yang memiliki kesan mistis dan edukasi sejarah.

Jika datang ke Purworejo, maka kamu patut berkunjung ke Goa Seplawan. Dengan panjang lebih dari 750 meter, goa ini menjadi salah satu wisata alam andalan Purworejo. Goa Seplawan terletak di ketinggian 900 mdpl, lebih tepatnya di atas Gunung Menoreh. Selain menawarkan keindahan dari pesona alam bawah tanah, goa ini juga menawarkan pemandangan gunung yang indah.

Dengan akses jalan yang mudah untuk menuju ke Goa Seplawan, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp5.000 per orang. Biaya itu dijadikan sebagai pembayaran tiket masuk ke dalam Goa, untuk biaya parkir ada sendiri. Ketika sampai di lokasi,  kamu akan disuguhkan patung Dewa Siwa dan Parwati. Kemudian, setelah masuk ke dalam goa kamu akan merasakan kesan yang mistis.

Hal tersebut karena goa memiliki pencahayaan yang minim, namun masih ada lampu. Oleh karena itu, ketika berkunjung kamu tidak boleh sendiri. Minimal saat masuk, ditemani oleh pemandu objek wisata. Sehingga kamu tidak akan terlalu takut. Jangan lupa juga untuk membawa senter, ini bertujuan agar kamu memiliki sumber cahaya.

Destinasi wisata ini sangat menarik dan menyenangkan bagi penyuka wisata alam yang menguji adrenalin. Jadi, kamu perlu menyiapkan mental dan fisik yang maksimal. Selain menantang adrenalin, Goa Seplawan juga dapat mengedukasi pengunjung. Mengapa demikian? Karena sedari awal wisata ini adalah destinasi yang memiliki sejarah tertentu.

5. Wisata Bukit Sikepel

Wisata-Purworejo---Wisata-Bukit-Sikepel
(sumber: instagram.com/hendramartan/).
Lokasikembangan kidul Jati, Kembang Kidul, Jati, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 08.00-17.00.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Rating ulasan4,3/5.0 – 742 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Purworejo29 menit (19,4 km) lewat Jl. Purworejo – Salaman.
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataHutan pinus dengan pemandangan yang asri,  terdapat area off road dan cafe kekinian.

Berlatar bukit dengan hutan pinus sebagai daya tariknya mampu membuat Wisata Bukit Sikepel menjadi populer di kalangan wisatawan. Dengan harga tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang, kamu tidak akan merasa kecewa jika berkunjung ke tempat ini. Meskipun jalan akses menuju lokasi utama masih dalam perkembangan, tidak membuatnya sepi pengunjung.

Dengan fasilitas yang lumayan lengkap, ada beberapa warung makan, area off road, panggung yang biasanya untuk live music. Selain itu, di sana juga memiliki spot foto yang banyak dan terlihat aesthetic cocok digunakan sebagai background foto. Area wisata lumayan bersih dan saat pagi hari tidak terlalu rame, sehingga cocok untuk olahraga pagi.

Suasana yang ditawarkan sangat membuat tenang, oleh sebab itu banyak pengunjung yang merasa betah. Keasrian hutan pinus yang terjaga dan berwarna hijau sehat, mampu memanjakan mata. Destinasi wisata ini sangat wajib kamu kunjungi ketika sedang banyak pikiran, karena memandang pepohonan hijau akan membuat kamu menjadi lebih baik lagi.

Tempat yang bagus untuk wisata keluarga atau hanya sekedar menikmati pemandangan dengan udara sejuk. Tempat wisata ini sering digunakan sebagai tempat untuk foto pernikahan. Hal ini karena banyak yang mengatakan bahwa tempat ini sangat bagus dan cocok sebagai latar belakang foto prewedding. Jadi untuk kamu yang sedanng mencari spot foto outdoor, maka datang ke sini saja!

6. Taman Sidandang

Wisata-Purworejo---Taman-Sidandang
(sumber: instagram.com/mbaktiga/).
LokasiKedungrante, Kaligono, Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 08.00-16.00.
Harga tiket masuk (HTM)Rp3.000/orang.
Rating ulasan4,3/5.0 – 313 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Purworejo24 menit (12,7 km) lewat Jl. Raya Kaligesing.
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataPemandangan curug yang memesona dengan udara penuh kesejukan.

Dikelilingi oleh pegunungan penuh pesona keindahan, Taman Sidandang juga memiliki tiga curug. Tiga curug tersebut perpaduan dari beberapa curug di sana, salah satunya adalah Curug Kedung Dandang. Curug Kedung Dandang sendiri memiliki ketinggian sekitar kurang lebih 5 meter dengan kedalaman air 7 meter.

Selain dikelilingi oleh curug, destinasi wisata yang satu ini juga menyediakan wahana permainan untuk anak-anak. Di antaranya adalah kolam ciblon, pemandian khusus, dan berbagai gazebo yang digunakan sebagai tempat duduk untuk menikmati udara sejuk. Selain itu, gazebo juga sering kali digunakan untuk melangsungkan acara pertemuan dan berkemah.

Dengan akses yang mudah ditempuh oleh kendaraan, baik itu menggunakan motor maupun mobil. Hal tersebut karena lokasi Taman Sidandang sangat mudah dicari, yakni berada pada pinggir jalan. Untuk tiket masuk, kamu perlu membayar sebesar Rp3.000 per orang.

Untuk berkunjung ke sana, kamu harus memperhatikan tempatnya terlebih dahulu. Apakah bisa dijelajahi dengan tepat, sebab ada beberapa air terjun yang aman dan tidak. Oleh karena itu, selalu awasi anak-anak dalam jangkauan.

7. Gunung Gajah

Wisata-Purworejo-Gunung-Gajah
(sumber: instagram.com/purworejo.terkini/).
LokasiDusun Klepu, RT.02/RW.02, Pendem, Pandanrejo, Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 06.00-18.00.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Rating ulasan4,4/5.0 – 188 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Purworejo33 menit (17,6 km) lewat Jl. Raya Kaligesing.
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataMenikmati pemandangan dari puncak Gunung Gajah dengan berbagai wahana tersedia, seperti flying fox, treetop, dan susur goa.

Berada di daerah perbatasan antara Purworejo dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Destinasi wisata alam ini tidak pernah sepi pengunjung. Dengan biaya masuk sebesar Rp5.000 untuk setiap orang, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang menakjubkan.

Meskipun parkir mobil memang terbatas, karena tidak bisa menampung banyak. Namun, jika kamu membawa motor akan lebih mudah. Bahkan, nantinya bisa sampai ke atas puncak gunung. Akses jalur menuju ke puncak sudah tertata, jadi aman dan nyaman untuk ditempuh. Pemandangannya juga sangat indah.

Kamu bisa menikmati hutan pinus yang penuh pesona, dari jalan menuju puncak sampai di puncak bukit. Pemandangan yang disuguhkan adalah jajaran gunung menoreh dan keindahan kota Purworejo dari atas. Tersedia jembatan tinggi, menara pandang, dan beberapa wahana untuk menunjang spot foto yang bagus.

Untuk pemandangan yang lain terdapat di sisi lain dari puncak Gunung Gajah, yakni pemandangan keindahan hutan pinus. Hutan tersebut pun kondisinya masih sangat terawat. Fasilitas yang disediakan juga sudah lengkap.

Alangkah lebih baiknya, ketika kamu mengunjungi sebuah destinasi wisata alam. Maka disarankan untuk ikut dalam melestarikannya agar tetap terasa alami. Untuk caranya, cukup dengan membuang sampah pada tempatnya. Sehingga, destinasi wisata itu pun tetap terjaga kebersihannya. Nah, itulah berbagai wisata alam yang kami rekomendasikan kepada kamu. Jika datang ke Purworejo, jangan lupa berkunjung ya!

Leave a Comment