7 Wisata Alam Terbaik di Jawa Barat yang Lagi Hits

Bandung dan Bogor merupakan kawasan wisata favorite, jika kita membahas tentang destinasi wisata di Jawa Barat. Namun, di Jawa Barat memiliki banyak pesona objek wisata yang tidak kalah menarik.

Kamu memiliki rencana untuk liburan ke Jawa Barat? Oleh karena itu, yuk simak ulasan berikut ini untuk mengetahui wisata alam yang ada di Jawa Barat! Berikut 7 rekomendasi tempat wisata alam terbaik di Jawa Barat:

1. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Bandung

Wisata-Jawa-Barat-Taman-Hutan-Raya-Ir.-H.-Djuanda-Bandung
(sumber: instagram.com/pesonakabupatenbandung/).
LokasiTaman Hutan Raya Juanda, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Bandung, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 06.00-18.00.
Harga tiket masuk (HTM)Rp12.000/orang.
Rating ulasan4,5/5.0 – 614 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata37 menit (8,7 km) lewat Jl. Cigadung Raya Barat.
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataSpot bangunan bersejarah, curug, penangkaran rusa dan monyet.

Taman IR H Juanda Bandung berada di daerah Bandung Utara, lokasinya bisa diakses dengan kendaraan pribadi. Baik mobil maupun motor, jika liburan jalannya pengunjung akan sangat ramai. Namun tidak padat, karena ada pembatasan pengunjung saat pandemi dan diwajibkan reservasi tempat terlebih dahulu.

Setelah booking, kamu bisa langsung scan barcode booking kemudian membayar tiket masuk sebesar Rp. 12.000 untuk satu orang. Untuk parkir kendaraan motor bisa di area Tahura, namun untuk mobil di luar area tahura. Jadi, pengunjung harus jalan dahulu, terutama untuk parkirnya di tempat yang jauh

Di sini udaranya sejuk, khas pegunungan. Kamu juga bisa mengunjungi wisata sejarah ke Goa Belanda atau Goa Jepang, Museum, Penangkaran Rusa, dan beberapa curug. Jika malas berjalan kaki, maka kamu bisa naik mobil caddy dengan harga Rp25.000 per orang. Jika ingin lebih puas, disarankan datang pagi hari agar bisa jalan jauh sampai ke maribaya dan membawa bekal sendiri

Dengan harga masuknya yang murah dan makanan-makanan warung di dalamnya juga lumayan murah. Untuk pergi ke curug dan penangkaran rusanya, kami sarankan untuk memakai sepatu. Selain itu, jika kamu bertemu monyet, bisa kamu hiraukan saja. Destinasi wisata ini bagus dan pemandangan alamnya sangat indah.

2. Kebun Raya Bogor, Bogor

Wisata-Jawa-Barat-Kebun-Raya-Bogor-Bogor
(sumber : instagram.com/agittaw/).
LokasiJl. Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 07.00-16.00.
Harga tiket masuk (HTM)Rp16.500/orang.
Rating ulasan4,7/5.0 – 81.263 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata3 menit (1,3 km) lewat Jl. Otto Iskandardinata.
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataSungai, hutan kecil, museum, tanaman sekitar, dan penyewaan sepeda.

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu tempat favorite untuk meremajakan mata dengan menikmati kicauan pemandangan alam setempat. Jalan menuju lokasi terkadang macet, sehingga akan terasa kurang nyaman. Namun, cukup diakali dengan pergi dan pulang tepat waktu. Tempat yang cocok untuk mendapatkan pemandangan indah, sejuk, asri, dan bersih.

Menjadi salah satu Botanical Garden tertua di dunia, tempat ini memiliki koleksi tumbuhan yang lengkap. Informasi setiap tumbuhan cukup terjaga dan fasilitas cukup memadai. Beberapa lokasi dari taman, baru ditata sesuai permintaan pengunjung dan membuatnya kurang alami.

Namun, sekarang Kebun Raya Bogor sudah jauh lebih nyaman karena fasilitas yang semakin lengkap. Dengan sudut yang semakin tertata dengan baik dan petugas-petugas ramah yang mendukungnya, sehingga dapat membantu pengunjung.

Selain adem banyak pepohonan, sekarang banyak dekorasi baru. Bagus untuk spot foto atau hunting foto. Untuk kunjungan malam, sepertinya belum jadi karena masih pro dan kontra. Jangan lupa membawa tikar untuk alas duduk dan snack untuk makan di dalam, agar jauh lebih irit.

3. Pantai Kejawanan, Cirebon

Wisata-Jawa-Barat-Pantai-Kejawanan-Cirebon
(sumber : instagram.com/cirebonunited/).
LokasiPegambiran,, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp6.000/orang.
Rating ulasan3,9/5.0 – 3.016 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata6 menit (2,7 km) lewat Jl. Pelabuhan Perikanan.
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataPemandangan Gunung Ciremai, wahana perahu karet dan motor.

Pantai Kejawanan merupakan salah satu pantai Cirebon yang paling populer di kunjungi wisataran. Ciri khas pantai Utara Jawa memiliki pasir hitam dan sedikit mangrove di bibir pantainya. Tempatnya enak untuk hunting foto, baik foto selfie maupun untuk berburu sunset. Tersedia ban karet untuk disewakan dan kamu juga bisa mencoba menaiki perahu dengan hanya merogoh kocek Rp5.000 saja.

Setelah itu, nantinya kamu akan di bawa keliling sampai ke tengah laut sambil menikmati semilir angin pantai. Bagian pantai dibagi menjadi dua, tepi pantai dan dermaga berbatuan. Biaya masuk relative murah, yakni sekitar Rp6.000 per orang. Ombak pantai tidak terlalu besar, sehingga aman untuk dijadikan wisata keluarga

Terdapat kedai-kedai jajanan bagi kamu yang ingin menikmati indah pantai di bibir pantai. Selain itu, ada juga wahana perahu karet dan motor dengan harga sewa sekitar Rp20.000. Bagi masyarakat, lokasi wisata ini terkenal karena pasir pantainya yang dapat mengobati penyakit-penyakit seperti rematik, stroke, dan lain-lain.

Kamu dapat melihat sunrise dan sunset dengan begitu indah, sehingga bagus untuk background foto. Di sini juga terdapat fasilitas yang cukup lengkap, meliputi parkir, toilet umum, dan lain-lain. Destinasi ini sebenarnya akan semakin indah, jika diimbangi dengan pengelolaan dan tata ruang yang rapi. Terutama masalah kebersihan pantai dan sekitarnya.

4. Situ Bagendit, Garut

(sumber : instagram.com/anam_67/).
LokasiSukamukti, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat  (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Rating ulasan4,3/5.0 – 149 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata2 jam 38 menit (78,3 km) lewat Jl. Raya Garut – Cikajang.
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataPemandangan yang indah, air jernih, dan penyewaan kapal rakit.

Situ Bagendit adalah salah satu objek wisata unggulan di Kabupaten Garut. Suasananya sejuk dan menyenangkan, cocok untuk liburan bersama keluarga sambil berpiknik. Banyak wahana permainan dan pedagang yang menjajakan barang dagangannya. Area parkirnya juga luas, sehingga mampu menampung banyak orang. 

Menjadi ikon kota Garut, Situ Bagendit adalah situ legenda yang terbentuk dari cerita rakyat bagendit di masa lampau. Objek wisata yang satu ini selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan, bahkan setiap momen penting seperti tahun baru. Wisata alam ini tidak pernah sepi pengunjung, walaupun di hari biasa  saja.

Pemandangan alam dan danaunya sangat memukau dengan udara sejuk yang membuat nyaman, sehingga pengunjung semakin betah.  Pengelolaan tempat ini dilakukan baik oleh pemerintah Garut, khususnya dinas pariwisata dan kebudayaan yang menyediakan pelayan optimal untuk pengunjung.

Tempatnya nyaman dan harga juga murah meriah. Selain itu, ada juga perahu rakit yang bisa membawa pengunjung berkeliling situ dengan mengeluarkan biaya Rp50.000 untuk satu keluarga. Tempat yang sangat cocok untuk rekreasi bersama keluarga sambil bersantai menikmati pemandangan danau.

5. Taman Nasional Gunung Ciremai, Kuningan

Wisata-Jawa-Barat-Taman-Nasional-Gunung-Ciremai-Kuningan
(sumber : instagram.com/indramuhamadzaqi/).
LokasiDesa Babakanmulya, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 01.00-19.50.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Rating ulasan4,7/5.0 – 2.127 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata1 jam 43 menit (48,0 km) lewat Jl. Nanggeleng – Cirahayu.
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataCagar alam yang luas, flora dan fauna asli di sekitar gunung berapi, dan pemandangan hijau pohon pinus.

Salah satu taman nasional yang ada di pulau Jawa dengan objek utama Gunung Ciremai yang berketinggian 3078 mdpl. Menjadi habitat beberapa flora dan fauna khas Jawa, salah satunya kukang Jawa dan anaphalis javanica atau bunga Edelweis. Di taman nasional Gunung Ciremai terdapat beberapa jalur pendakian di antaranya jalur Apuy, Palutungan, Linggasana, dan Linggarjati.

Gunung tertinggi yang ada di daerah Jawa barat dengan pemandangan yang cukup bagus, dan hutannya juga masih rimbun. Pemandangan yang ditawarkan sangatlah indah dan masih terasa asri. Di sana akan ada tim pengelola yang akan membantu pengunjung. Dengan  kebersihannya yang sangat baik, entah itu di basecamp maupun di sepanjang jalan menuju puncak. Sehingga, pengunjung tidak akan kecewa.

Jadwal mendaki dan turun pun sudah jelas. Di atas pun pengunjung akan diperiksa dan sudah disuruh turun apabila sudah jamnya turun. Jangan khawatir, jika ada barang yang tertinggal karena pengurusnya sangat baik akan menyimpannya di basecamp.

Selain pendakian gunung, taman nasional ini juga memiliki banyak camping ground yang bisa dicoba. Selain itu, ada juga perkebunan terasering yang sangat luas di Majalengka. Jika cuaca tidak mendukung, diharapkan tidak mendaki gunung, karena di daerah jalur menuju puncaknya sering ada badai.

6. Situ Gunung Suspension Bridge, Sukabumi

(sumber: instagram.com/your.travel.tips/).
LokasiJalan Kadudampit, Gede Pangrango, Kadudampit, Kota Sukabumi, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 07.00-16.00.
Harga tiket masuk (HTM)Rp50.000/orang.
Rating ulasan4,7/5.0 – 5.111 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata32 menit (15,8 km) lewat Jl. Nasional III dan Jl. Kadudampit.
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataWisata alami yang penuh pohon rindang, jembatan gantung kayu yang panjang, dan wisata seni Sunda.

Situ Gunung Suspension Bridge adalah termasuk tempat wisata yang cukup lengkap, karena ada beberapa tujuan wisata alam, Di antaranya yakni dua Jembatan gantung yang membentang diantara dua bukit, ada danau, ada dua curug, dan camping ground. Kamu bisa membawa alat camping sendiri atau menyewa Cottage, beberapa kios kuliner khas Sunda.

Untuk tiket masuk kawasan Situ Gunung cukup terjangkau, tetapi untuk masuk kawasan atau wahana tertentu dikenakan tiket lagi. Misalnya untuk mengunjungi jembatan gantung harus membeli tiket kembali dengan biaya Rp50.000 Reguler dan Rp60.000  VIP. Ketika masuk, pengunjung akan mendapatkan welcome drink dan snack.

Pengunjung bisa berjalan di antara bukit dan di bawah jurang dengan kedalaman  mencapai 20 meter. Hanya dengan pijakan kayu, maka kami sarankan untuk menyiapkan mental dan pikiran yang tenang . Hal ini karena cukup menaikkan adrenalin, jadi bagi kamu yang memiliki darah tinggi dan masalah jantung tidak disarankan menaikinya.

Situ Gunung Suspension Bridge, tempat wisata alam yang wajib kamu kunjungi. Bagi kamu yang suka pemandangan alam dan track naik turun gunung. Wisata alam ini cocok untuk kamu, karena jembatan gantung yang menguji adrenalin dan kesejukan air terjun. Selain itu, ada banyak warung untuk pengunjung istirahat.

7. Taman Wisata Karang Resik, Tasikmalaya

(sumber : instagram.com/yani7ryu/).
LokasiJalan Mohamad Hatta, Sukamanah, Kec. Cipedes, Tasikmalaya, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 09.00-16.00.
Harga tiket masuk (HTM)Rp35.000/orang.
Rating ulasan4,3/5.0 – 8.151 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata10 menit (5,8 km) lewat Jl. KHZ. Mustofa/Jl. Raya Rajapolah – Tasikmalaya dan Jl. Ahmad Yani.
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataTempat bermain, seluncur air kecil, labirin tanaman, taman bermain, dan rumah pohon.

Taman Wisata Karang Resik memiliki tempat yang sangat luas, jadi pengunjung akan membutuhkan banyak waktu untuk menjelajahinya. Tempat ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga yang membutuhkan wisata alam, ekowisata, dan eduwisata. Wahananya sangat banyak, ,membutuhkan seharian untuk berkeliling ke semua tempat yang tersedia.

Oleh karena itu, kamu menyiapkan fisik yang sehat saat berkunjung ke destinasi wisata ini. Dengan harga tiket sebesar Rp35.000 per orang, yakni pengunjung termasuk anak-anak dengan tinggi di atas 85 cm. Tempat ini sangat recommended, terutama bagi keluarga yang butuh refreshing dengan membawa anak-anak kecil.

Tempat yang untuk melakukan wisata bersama keluarga. Ada farm house, labirin, kolam renang, flying fox, spot foto, dan lain-lain. Tempatnya sangat nyaman, jadi bagi kamu yang berkunjung akan merasa betah dan tidak kecewa.

Taman wisata dengan berbagai spot menarik, tersedia mushola yang nyaman untuk beribadah, Ada juga toilet dan fasilitas lainnya. Di dalam, terdapat penjual makanan ringan pada kompleks Jepang dan Korea. Selain itu, ada restoran Caledonia, yakni tempat untuk menukar tiket masuk dengan minuman gratis. Makanan berat yang dijual di sini diambil dengan prasmanan, harganya pun masih terjangkau.

Temukan berbagai pilihan wisata alam di Jawa Barat, sehingga kamu bisa menjadikannya sebagai destinasi berikutnya. Berlibur bersama orang terdekat untuk membuat pikiran terasa tenang, lupakan sejenak hiruk pikuk kota.

Ulasan ini juga bisa bermanfaat untuk kamu, agar menjadi pengetahuan kamu mengenai wisata alam semakin bertambah. Pahami informasinya secara detail dan jangan lupa untuk mengunjunginya!

Leave a Comment