Stadion Sepak Bola Terbesar di Dunia

Menggelar pertandingan olahraga atau event besar pasti identik dengan yang namanya stadion. 

Hampir semua negara memiliki stadionnya sendiri, tapi hanya beberapa yang masuk kategori stadion terbesar di dunia karena menampung lebih banyak penonton, dan fasilitas yang lebih komplit dibandingkan stadion lain. 

Berikut informasinya untuk Anda.

6 Stadion Terbesar dan Terbaik di Dunia

Enam stadion berikut ini akan membuat Anda takjub, karena memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan stadion lain. Terutama soal luas, fasilitas hingga prestasi yang pernah melekat padanya.

Yuk langsung saja simak stadion terbesar dan terbaik di dunia yang kami kutip dari situs olahraganesia, berikut ini.

1. Korea Utara (Rungrado 1stof May Day)

Stadion ini adalah yang terbesar di dunia saat ini, terletak di Korea Utara stadion yang mulai dipakai tahun 1989 ini mampu menampung 150.000 orang. Namanya diambil dari nama tempat stadion didirikan yaitu Pulau Rungra di dekat Sungai Taedong. Sedangkan, tambahan nama May Day merupakan penghormatan pada hari buruh yang selalu diperingati golongan komunis.

Stadion ini digunakan untuk memiliki ukuran lapangan 22.500 meter persegi dan luas keseluruhan mencapai 207.000 meter persegi. Penggunaannya adalah sebagai lokasi digelarnya festival Arirang yang merupakan kebanggaan masyarakat Korea Utara, juga berbagai acara kenegaraan yang mengundang banyak orang.

Kabarnya, tahun 2004 stadion ini juga jadi lokasi eksekusi mati beberapa jenderal angkatan darat yang membelot. Lalu tahun 2007 Rungdaro masuk ke dalam catatan Guinness Book of Record, sebagai lokasi acara terbesar di dunia yang mengundang banyak wisatawan. Pada tahun 2017 juga sempat menjadi tuan rumah untuk beberapa pertandingan babak penyisihan grup AFC-23.

2. Australia (Melbourne Cricket Ground)

Stadion ini punya kapasitas penonton hingga 100.000 orang, yang terletak di Kota Melbourne Australia. Dibangun pada tahun 1853, stadion kriket paling dikenal di dunia ini awalnya mampu menampung 2000 orang pada sisi tribun, dan pernah menampung penonton terbanyak hingga 130.000 di tahun 1959, saat acara agama yang dipimpin Billy Graham.

Selain menggelar berbagai pertandingan kriket, stadion seluas 171 meter x 146 meter ini juga pernah menjadi tuan rumah berbagai pertandingan rugbi serta sepakbola tingkat nasional dan dunia. Kalau dihitung-hitung stadion ini sudah dipakai selama 167 tahun, lho!

Sejarah yang tak pernah dilupakan dari stadion ini salah satunya adalah saat perang dunia kedua. Stadion ini pernah dijadikan barak oleh Korps Marinir Amerika Serikat, angkatan udara Amerika Serikat dan Australia. Soal harga tiket sangat variatif, tergantung event yang diselenggarakan, sedangkan untuk parker gratis.

Fasilitas pada salah satu stadion terbesar ini juga sangat lengkap, mulai dari akses pintu masuk dan keluar yang mencapai puluhan di berbagai sudut. Hal itu mampu meminimalisasi antrian, bahkan 80.000 penonton bisa duduk manis di tempat masing-masing, hanya dalam hitungan menit. Fasilitas pos kesehatan dan ruang ganti pemainnya juga super kece.

3. Spanyol (Camp Nou)

Anda yang suka nonton sepakbola Spanyol, pasti sudah tak asing lagi dengan stadion yang satu ini. stadion ini menjadi markas klub Barcelona yang sudah banyak menyandang gelar bergengsi. Stadion yang dibangun tahun 1954 menggunakan arsitek bertangan dingin Josep Soteras dan Francesc Mitjans. Stadion tersebut mulai dipakai tahun 1957 dan kini memiliki kapasitas 99.354 lebih penonton, lho.

Dengan ukuran 105 meter x 68 meter, stadion ini awalnya memiliki nama Estadi Del FC Barcelona, namun awal 2000an diganti menjadi Camp Nou. Saat ini, fasilitasnya meliputi ruang ganti seluas 850 meter persegi yang dibagi menjadi empat yaitu untuk area air, treatment, ruang untuk ganti pakaian dan ruang teknikal.

Selain itu juga, ada area khusus untuk wartawan yang meliput pertandingan dengan dilengkapi 192 kursi, dua studio dan kabin radio 28 buah. Ada pula tambahan fasilitas berupa taman bermain untuk anak sebagai salah satu fasilitas gratis yang disediakan pengelola.

Menyinggung event hebat yang pernah digelar di stadion yang sudah tiga kali mengalami renovasi ini, mulai dari laga perdana final Piala Winner tahun 1972. Sederet gelaran lainnya seperti olimpiade tahun 1992 dan final Liga Champions yang diprakarsai UEFA.

4. Meksiko (Estadio Azteca)

Meksiko boleh berbangga hati karena salah satu stadion sepak bolanya masuk daftar salah satu stadion terbesar di dunia. Letaknya di Kota Meksiko dengan luas 105 x 68 meter persegi. Saat ini, stadion ini memiliki kapasitas mencapai 95.500 penonton. Dibangun tahun 1961 dan mulai dipakai tahun 1966.

Banyak sejarah sepakbola terjadi di stadion ini, di antaranya adalah lokasi Maradona menciptakan gol fenomenalnya yang digelari hand of God goal. Juga menjadi stadion yang pernah dua kali jadi tuan rumah piala dunia. Selain itu, berbagai konser musik juga pernah digelar, seperti konser King of Rock Michael Jackson tahun 1993, hingga kegiatan keagamaan skala besar.

Kalau Anda mau menonton pertandingan olahraga di stadion ini, bisa merogoh kocek hingga 30 dolar lebih, tergantung lokasi duduk dan siapa yang bertanding. Pembelian tiket bisa dilakukan di kantor tiket yang lokasinya di depan stadion.

5. Iran (Azadi Stadium)

Bukan saja benua Eropa dan Asia saja yang memiliki stadion terbesar di dunia, Iran juga punya nama Azadi Stadium yang awalnya diberi nama Aryamehr Stadium. Saat ini, kapasitasnya 95.225 kursi penonton dari 120.000 sebelum tahun 2003, dan terletak di Barat Kota Teheran dekat Distrik Ekbatan.

Masalah parkir, di dalam area gedung terdapat parkir untuk 400 kendaraan roda empat, sedangkan 10.000 spot parkir di sekitar area stadion dengan harga parkir bervariasi. Stadion yang dibangun tahun 1970 ini juga jadi saksi perhelatan sejumlah event penting seperti konser Frank Sinatra tahun 1975, hingga Women Islamic Games yang digelar tahun 2015.

Fasilitas puluhan pintu masuk dan ratusan toilet terdapat di stadion ini, kemudian fasilitas papan skor digital berukuran 20 x 7,5 meter yang menjadi salah satu televisi raksasa terbesar di dunia. Keunikan stadion ini adalah mode bising yang bisa dikendalikan saat penonton penuh, sehingga kebisingan maksimal akan terdengar di dalam stadion.

6. Afrika Selatan (Soccer City)

Sejak jadi tuan rumah Piala Dunia tahun 2010 silam, stadion yang juga dinamakan First National Bank Stadium ini semakin tersohor hingga seluruh penjuru dunia. Bukan saja karena kapasitasnya yang maksimal mencapai 94.736 penonton ini, tapi juga sejumlah sejarah dibalik berdirinya stadion yang terletak di Nasrec Kota Johannesburg Afrika Selatan ini.

Berdiri di atas lahan berukuran 105 meter x 68 meter ini, stadion yang menggunakan arsitek Boogertman ini sudah mengalami dua kali renovasi sejak didirikan tahun 1989. Banyak event hebat yang pernah berlangsung di stadion ini selain Piala Dunia 2010, diantaranya konser musik sejumlah artis dunia seperti U2, Guns N’ Roses hingga Ed Sheeran.

Enam stadion terbesar di dunia di atas dapat menambah wawasan bahwa ternyata banyak stadion di dunia yang mampu menampung banyak penonton. Lengkap pula dengan berbagai fasilitas dan keunikannya masing-masing. Kalau Anda akan liburan ke luar negeri, sepertinya harus menyempatkan diri untuk mengunjungi salah satunya.

Leave a Comment