10 Rekomendasi Pantai Terindah di Jawa Tengah (2021)

Jawa Tengah memiliki kawasan pantai-pantai dengan pesona yang sangat indah dan cerita mistis penuh rahasia. Namun terlepas dari cerita mistis tersebut, pantai yang ada di Jawa Tengah tidak kalah menarik dari daerah lainnya.

Untuk wawasan kamu yang ingin liburan ke Jawa Tengah, kami rekomendasikan beberapa daftar wisata pantai yang ada di Jawa Tengah. Kamu bisa mampir untuk menikmati pesona pantai yang elok dengan kesan romantis. Berikut 10 rekomendasi pantai terindah di Jawa Tengah yang kami kutip dari situs napaktilas.net.

1. Pantai Karang Jahe, Rembang

Pantai di Jawa Tengah - Pantai Karang Jahe, Rembang
(sumber: instagram.com/tmega_/).
LokasiJl. Pantai Karang Jahe, Jetak Belah, Punjulharjo, Kec. Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 05.00-19.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiWarung, mushola, toilet umum, wahana permainan, jasa sewa ATV, dan jasa sewa tikar.

Akses jalan untuk menuju ke pantai ini tidak sulit, karena lokasi pantai yang berada di jalur pantura. Pantai Karang Jahe cocok untuk kamu kunjungi jika ingin berlibur, terutama pada natal dan tahun baru. Saking memesonanya, destinasi wisata ini akan selalu ramai oleh pengunjung yang datang. Baik itu penduduk lokal atau bahkan wisatawan luar daerah.

Pantai Karang Jahe memiliki hamparan pasir pantai yang berwarna putih dan terasa lembut ketika disentuh. Dengan luasnya hamparan pasir tersebut, para wisatawan tidak akan kesulitan dalam memilih spot foto. Hal ini karena di sana tersedia spot foto yang banyak untuk pengunjung.

Selain adanya hamparan pasir yang indah, pantai ini juga memiliki ribuan pohon cemara yang masih sangat asri. Dengan terdapatnya ribuan pohon cemara tersebut, Pantai Karang Jahe terlihat sangat indah karena pohon menghadap langsung ke pantai.

Barisan-barisan pohon itu sekaligus dapat membuat wisatawan bersantai dengan mudah. Sebab, wisatawan cukup membawa atau menyewa tikar untuk bersantai di bawah pohon. Sehingga, mereka akan merasa betah dengan suasana santai dan menyenangkan.

2. Pantai Marina, Semarang

Pantai di Jawa Tengah - Pantai Marina, Semarang
(sumber: instagram.com/ajengmusik/).
LokasiTawangsari, Kota Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiWarung, mushola, toilet umum, Jalan kayu tepi laut sepanjang pantai berpaving, populer dengan panorama sunset, kios jajan, dan spot memancing.

Dibatasi oleh berbatuan, membuat wisatawan tidak bisa bermain langsung dengan pasir pantai. Pada hari minggu, biasanya banyak wisatawan yang berkunjung. Dengan biaya masuk hanya Rp5.000 untuk setiap orang. Selain itu, di sana juga terdapat penjual makanan dan minuman yang banyak. Ada nelayan juga yang biasanya menjala ikan, orang memancing, dan pengunjung yang bermain kereta.

Pantai Marina adalah salah satu destinasi wisata rekreasi dan olahraga di Semarang. Pantai ini dilindungi oleh tanggul beton dan pemecah ombak berupa batu besar. Memiliki jalan setapak dan tanggul, membuat pantai ini biasa digunakan untuk jogging.

Untuk masyarakat tertentu, Pantai Marina dijadikan sebagai tempat berlangsungnya acara doa bersama dan nglarung. Pastikan untuk semua pengunjung agar selalu waspada, sebab bisa saja terjadi masalah seperti ombak yang besar. Sebaiknya, bagi anak kecil harus tetap dalam pengawasan orang dewasa agar aman.

Pantai Marina ini bebas dari sampah, jadi kamu tidak perlu khawatir tentang kebersihannya. Waktu kunjung yang terbaik adalah pada sore hari, karena cuacanya tidak terlalu panas. Jangan lupa juga untuk membawa jaket, sebab angin di sana cukup kencang.

3. Pantai Kartini, Jepara

Pantai di Jawa Tengah - Pantai Kartini, Jepara
(sumber: instagram.com/triptrapliburan/).
LokasiRw. IV, Bulu, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 07.00-19.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiWarung, mushola, toilet umum, wahana permainan, dan jasa sewa kapal.

Pantai Kartini secara langsung dikelola oleh Pemerintah Daerah Jepara. Salah satu spot foto yang menjadi favorite wisatawan adalah patung kura-kura. Pantung tersebut merupakan yang terbesar di Pantai Kartini Jepara.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi  Pulau Panjang dengan menggunakan perahu. Hal ini karena lokasi Pantai Kartini yang dekat dengan pelabuhan Jepara. Menjadi destinasi wisata tujuan para pengunjung dari berbagai daerah, sehingga membuat pantai ini selalu ramai.

Terdapat beragam wahana untuk anak-anak seperti kereta, motor kecil, mobil mainan dan juga renang dipantai. Untuk makan dan minum, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, di sana terdapat banyak warung makan yang enak.

Tempat ini paling nyaman kamu kunjungi ketika sore atau pagi hari, karena anginnya yang masih terasa sejuk. Untuk jarak tempuh, jika menggunakan kapal akan memakan waktu sekitar 15 menit. Biaya hanya sekitar Rp25.000 untuk pulang pergi.

4. Pantai Sodong, Cilacap

Pantai di Jawa Tengah - Pantai Sodong, Cilacap
(sumber: instagram.com/cilacap_kekinian/).
LokasiJl. Laut, Sawah,Ladang, Karangbenda, Kec. Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 08.00-18.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiPantai berlatar pohon cemara & kafe warung, dengan pasir hitam, rental ATV, serta gua meditasi.

Pantai Sodong adalah salah satu pantai tersembunyi yang berada di balik Pegunungan Srandil. Dengan keindahan yang ditawarkan, pantai ini terlihat sangat menawan. Suasana pantai yang dikelilingi banyak tebing berjajar dan pohon cemara menambah kesan luar biasa. Keasrian yang masih terjaga, sehingga wisatawan semakin betah berkunjung.

Jika datang ketika pagi hari, maka kamu akan disuguhkan keelokan matahari terbit di antara semak-semak bukit. Jadi dengan kehangatan tersebut, perasaan nyaman akan muncul dan membuat kamu terkagum dengan keindahannya. Untuk tiket masuk memiliki tarif sebesar Rp5.000 per orang.

Namun untuk bisa menggunakan segala fasilitas yang tersedia, maka kamu akan dikenakan biaya lagi. Kamu perlu membayar Rp5.000 untuk menikmati fasilitas di sana. Karena yang menyediakan fasilitas bukan Pemerintah Daerah, yakni warga lokal sehingga harganya terjangkau. Para wisatawan bisa menikmati fasilitas dengan keindahan alam yang memesona.

Jika kamu ingin berkunjung ke Pantai Sodong, maka kamu bisa menggunakan mobil atau motor. Kamu hanya akan memakan waktu sekitar 20-30 menit dari Kecamatan Adipala untuk sampai ke lokasi utama. Lain halnya jika kamu berangkat dari kota Cilacap, maka kamu harus menuju ke Terminal Adipala terlebih dahulu. Baru setelah itu, menuju Gunung Srandil dan Desa Karangbenda.

5. Pantai Alam Indah, Tegal

Pantai di Jawa Tengah - Pantai Alam Indah, Tegal

(sumber : https://www.instagram.com/lifatul_/)

LokasiMintaragen, Kec. Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiWarung, mushola, toilet umum, wahana permainan, hutan mangrove, dan spot foto.

Pantai ini disebut sebagai surganya kota Tegal. Hal ini karena banyak yang mengatakan, bahwa jika ke Tegal harus berkunjung ke kawasan ini. Destinasi Wisata Pantai Alam Indah Tegal memang memiliki daya tarik yang memukau. Jadi, tidak salah jika semua orang akan mengatakan mereka rindu datang ke pantai ini.

Pantai Alam Indah Tegal berbeda dengan wisata pantai lain, khususnya pantai kawasan laut selatan. Sebab, pantai ini selalu terlihat eksotis dan memiliki daya tarik penuh kemagisan yang kuat. Sehingga banyak wisatawan yang berkunjung. Meskipun berbeda, daya pikat dari Pantai Alam Indah Tegal masih terasa.

Secara umum, Tegal memiliki ikon wisata yang populer. Selain wisata Guci Pantai Alam Tegal Indah adalah salah satu ikon wisata penting di Tegal. Kawasan tersebut pun sedang mengalami banyak perkembangan  untuk bisa dinikmati oleh pengunjung.

Ketika wisatawan berada di sana, maka mereka akan disuguhkan oleh para nelayan yang sedang mengerjakan pekerjaan mereka. Selain itu, ada juga beberapa kapal yang menuju ke pulau lain. Biasanya kapal tersebut dijadikan sebagai spot foto bagi pengunjung.

6. Pantai Jatimalang, Purworejo

Pantai di Jawa Tengah - Pantai Jatimalang, Purworejo
(sumber; instagram.com/journey_traveling/).
LokasiPatu, Jatimalang, Kec. Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 06.00-18.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp3.000/orang
Fasilitas wisata di sekitar pantaiWarung, mushola, toilet umum, wahana permainan, dan spot foto..

Pantai Jatimalang adalah salah satu destinasi wisata pantai selatan yang ada di daerah Purworejo. Dengan akses mudah dari kota Purworejo sekitar 40 menit, jika menggunakan kendaraan motor. Pantai ini dikelola dengan sangat baik, sehingga Pantai Jatimalang memiliki daya tarik yang memukau. Salah satunya adalah pasir yang berwarna hitam.

Namun saat bermain air, kamu perlu untuk berhati-hati karena ombak yang cukup tinggi. Selain keindahan alam dan ombak yang memukau, pantai ini juga tersedia berbagai wahana permainan dan kuliner seafoods.

Bagi kamu yang suka bertualang, maka kamu juga bisa menyewa kuda atau motor ATV untuk berkeliling. Di sana juga terdapat kolam mini yang bisa anak kecil gunakan untuk berenang. Dengan harga tiket hanya sebesar Rp5.000 saja.

Pantai Jatimalang sangat cantik dan penuh pesona, dengan udaranya yang sejuk menyegarkan membuat wisatawan semakin betah. Di pantai ini juga ada patung Dewa Ruju yang menjadi ciri khas dari Pantai Jatimalang itu sendiri.

7. Pantai Menganti, Kebumen

Pantai di Jawa Tengah - Pantai Menganti, Kebumen
(sumber: instagram.com/dwi.pangga881/).
LokasiTj. Karangboto, Karangduwur, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. (cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000/orang.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiWarung, mushola, toilet umum, wahana permainan, dan spot foto.

Pantai ini berasal dari kata Menanti yang konon katanya, terdapat panglima Majapahit yang melarikan diri ke Pantai Menganti. Hal tersebut karena hubungan asmara panglima dengan kekasihnya tidak berjalan lancar. Pantai ini sangat cantik yang dilengkapi dengan pasir putih dan hamparan laut biru dari Samudera Hindia. Selain itu, Pantai Menganti juga dibentengi bukit hijau dan batu karang yang indah.

Berjarak dari 30 km pusat Kecamatan Gombong, kamu bisa menempuhnya dalam waktu 1 jam saja. Untuk akses yang lebih cepat, kamu bisa melewati Kecamatan Ayah. Sehingga kamu akan menuju Pantai Menganti dengan cepat.

Setelah kamu berhasil sampai di parkiran, maka kamu akan menaiki anak tangga menuju ke tepi pantai. Saat di bagian timur, kamu bisa dengan mudah melihat panorama Tanjung Karangbata. Panorama tersebut terletak langsung menghadap ke lautan dan mirip dengan Nusa Penida dan Uluwatu.

Pantai Menganti memiliki kawasan pasir di bagian sisi baratnya. Kawasan tersebut disebut sebagai pantai nelayan. Hal ini karena saat kamu berkunjung pada siang hari, maka kamu akan melihat banyak perahu nelayan berlabuh. Di kawasan itu, banyak tersedia warung dan toilet untuk wisatawan.

8. Pantai Widuri Pemalang, Pemalang

Pantai Widuri Pemalang, Pemalang
(sumber: instagram.com/muntitina/).
LokasiJl. Yos Sudarso, Widuri, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiPantai berpasir dengan deretan pohon yang populer untuk berenang, kedai makanan, dan taman bermain.

Pantai Widuri adalah salah satu pantai terkenal di Pemalang, Jawa Tengah. Pantai ini biasanya selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik itu hari biasa maupun hari libur. Dengan pemandangan yang indah dan memberikan kesan romantis saat datang ke pantai ini.

Oleh karena itu, Pantai Widuri sangat disayangkan jika kamu tidak berkunjung. Menawarkan keindahan pantai dan segala daya tarik yang ada, wisatawan sangat betah di sana. Dengan biaya tiket masuk Rp5.000 per orang, kamu sudah bisa menikmati semua fasilitas yang tersedia.

Pantai ini sangat cocok kamu kunjungi untuk mengisi waktu liburan, seperti saat hari libur nasional maupun hari lainnya. Kamu bisa menikmati pemandangan pantai, berenang, atau hanya sekedar bermain di taman yang berada pada Pantai Widuri.

Selain itu, para penduduk lokal yang ramah juga menambah kesan penuh kenyamanan. Apalagi dengan akses jalan yang ditempuh juga tidak begitu sulit, sebab di sana sudah menggunakan jalan beraspal. Sehingga kamu tidak perlu khawatir ketika melewatinya.

9. Pantai Cahaya, Kendal

Pantai di Jawa Tengah - Pantai Cahaya, Kendal
(sumber: instagram.com/kiky_habsari/).
LokasiKlampok, Sendang Sikucing, Kec. Rowosari, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 08.00-18.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp20.000/orang.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiWarung, mushola, toilet umum, wahana permainan, pertunjukan lumba-lumba, kebun binatang, dan kolam renang.

Jika kamu adalah masyarakat Jawa, pasti kamu mengenal Pantai Cahaya Kendal sebagai tujuan pariwisata yang populer. Menyuguhkan pemandangan pantai yang elok dan terdapat fasilitas, membuatnya menjadi magnet tersendiri. Hal itulah yang membuat pantai ini selalu ramai wisatawan.

Pantai Cahaya juga dikenal sebagai The Sea Pantai Cahaya Semarang. Berbeda dengan pantai lain, pantai ini memiliki berbagai fasilitas yang menarik dan juga bagus untuk anak-anak. Jika kamu berkunjung kesana, maka akan sangat menyenangkan.

Terdapat paket biaya masuk ke lokasi utama, setiap pengunjung akan melihat atraksi hebat dari dua ekor lumba-lumba. Selain itu, lokasi pertunjukan mamalia laut sangat terasa nyaman. Hal ini karena fasilitas yang selalu ditingkatkan.

Kamu juga bisa melakukan aktivitas seperti bermain pasir, menikmati sunset, berfoto, maupun menikmati wisata kuliner yang ada di sana. Fasilitas lain yang bisa kamu rasakan adalah mushola, gazebo, toilet dan kantin wisata.

10. Pantai Nampu, Wonogiri

(sumber: instagram.com/aris.setya/).
LokasiGunturharjo, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 05.00-19.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiWarung, mushola, toilet umum, dan spot foto.

Pantai Nampu adalah pantai dengan pasir berwarna putih yang dikelilingi oleh banyak bukit, sehingga terlihat sangat memesona. Para pengunjung akan merasa terpukau dan aman ketika berkunjung ke pantai ini. Sebab, pihak pantai sudah menjamin keamanannya.

Dengan akses perjalanan yang mudah, maka wisatawan akan cepat sampai ke lokasi utama. Meskipun jalan naik turun, namun tanjakannya tidak terlalu ekstrem. Setelah sampai di sana, kamu akan disuguhkan oleh pasir putih yang indah.

Semakin sore, ombak di sana akan terasa besar. Sehingga para wisatawan harus selalu waspada, apalagi ketika musim kemarau. Jika kamu berenang di pantai ini, maka kamu harus bersabar dalam mengantre untuk mandi. Hal ini karena terkadang air bilang datang terlambat.

Terdapat banyak pedagang di pinggir pantai yang menjajakan makanan, salah satunya adalah kelapa muda. Untuk makanan, biasanya berupa mie cup. Para wisatawan disarankan membawa bekal makanan dari rumah.

Sebagai warga Negara Republik Indonesia, maka kamu harus berbangga hati karena Negara ini memiliki beragam pulau yang indah. Apalagi dengan sajian alamnya yang sangat memukau, sehingga tidak hanya sebagai penyedia kebutuhan pokok kehidupan namun untuk berwisata. Demikianlah informasi mengenai destinasi wisata pantai yang ada di Jawa Tengah. Jika kamu berminat, yuk langsung saja datang dan rasakan keindahan memesonanya.

Leave a Comment