Vietnam, negeri yang kaya akan budaya dan sejarah, juga terkenal dengan kelezatan kuliner tradisionalnya.

Berbagai hidangan yang khas dengan cita rasa yang unik dan aroma yang menggoda membuat wisata kuliner di Vietnam menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Jika Anda adalah pecinta makanan dan penjelajah lidah yang ingin mencicipi kekayaan kuliner Vietnam, berikut adalah 7 makanan khas Vietnam yang wajib Anda coba:

1. Pho

Pho adalah salah satu makanan khas Vietnam yang paling terkenal di dunia. Ini adalah semacam sup dengan kaldu tulang sapi yang diisi dengan mie beras, daging sapi iris tipis, dan bumbu rempah yang khas seperti jahe, bawang putih, dan ketumbar.

Pho sering disajikan dengan irisan bawang hijau, kacang tauge, daun ketumbar, dan irisan cabai merah untuk memberikan cita rasa yang kaya dan segar.

2. Banh Mi

Banh Mi adalah roti lapis ala Vietnam yang terbuat dari baguette (roti Perancis) yang renyah dilapis dengan berbagai isian seperti daging panggang, ayam, atau babi, serta sayuran seperti mentimun, wortel, dan koriander segar.

Biasanya disajikan dengan mayones, saus pedas, dan saus hoisin untuk memberikan sentuhan rasa yang unik.

3. Goi Cuon (Lumpia Segar)

Goi Cuon adalah lumpia segar Vietnam yang terdiri dari gulungan kulit lumpia yang diisi dengan campuran daging udang atau daging babi, tauge, daun selada, dan mentimun segar.

Lumpia ini biasanya disajikan dengan saus kacang atau saus hoisin untuk memberikan rasa manis dan gurih yang lezat.

4. Com Tam

Com Tam adalah nasi pecel ala Vietnam yang terdiri dari nasi yang dimasak dengan beras pecah dan disajikan dengan berbagai macam lauk seperti daging sapi panggang, ayam panggang, atau babi panggang, serta telur dadar dan irisan mentimun.

Com Tam sering disajikan dengan saus pedas dan kuah kaldu untuk memberikan cita rasa yang kaya dan gurih.

5. Bun Cha

Bun Cha adalah hidangan mi berupa mi beras yang disajikan dengan bakso daging babi panggang, irisan daging babi, dan sayuran seperti mentimun, selada, dan tauge segar.

Bun Cha biasanya disajikan dengan saus pedas dan kuah kaldu yang kaya rasa untuk memberikan cita rasa yang lezat dan memuaskan.

6. Banh Xeo

Banh Xeo adalah pancake ala Vietnam yang terbuat dari adonan berbasis tepung beras yang digoreng hingga renyah dan diisi dengan campuran daging babi, udang, tauge, dan kacang hijau.

Pancake ini biasanya disajikan dengan daun selada, daun mint, dan saus pedas untuk memberikan cita rasa yang segar dan menggugah selera.

7. Ca Kho To

Ca Kho To adalah hidangan ikan panggang ala Vietnam yang terbuat dari potongan ikan (biasanya ikan nila atau ikan kakap) yang dimasak dengan saus karamel manis yang terbuat dari gula merah, kecap manis, bawang putih, dan rempah-rempah.

Hidangan ini memiliki cita rasa yang manis, gurih, dan sedikit pedas yang sempurna untuk dinikmati dengan nasi putih hangat.


Dengan beragam makanan khas Vietnam yang lezat dan unik ini, perjalanan kuliner Anda di Vietnam pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Jangan lupa untuk mencicipi setiap hidangan dengan lidah terbuka dan siap untuk menjelajahi kelezatan yang tiada tara. Selamat menikmati!

You May Also Like