Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan adalah sebuah proses kreatif yang memanfaatkan barang-barang tak terpakai, menjadi produk yang punya nilai seni dan keindahan, serta nilai ekonomi yang cukup tinggi.

Orang Indonesia selama ini dikenal kreatif, sehingga produk kerajinan tangan kita sangat termasyhur. Peminatnya bahkan ada yang dari luar negeri, tergantung bagaimana kita memasarkannya nanti.

Kalau orang lain bisa, berarti kita juga bisa mengondisikan barang bekas menjadi emas alias berdaya guna dan berdaya jual. Dengan begitu, manfaatnya akan terasa tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga masyarakat.

Setidaknya ada lima kerajinan tangan layak jual, dengan memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai, untuk menjadi produk bernilai ekonomi di dalamnya.

Nah, berikut lima ide kerajinan tangan yang unik, menarik, dan kreatif yang kami lansir dari situs failfaire.org.

1. Tempat Untuk Tisu Berbahan CD Bekas

Kepingan compact disc (CD) yang sudah tidak terpakai, seringkali membuat kita bingung membuangnya. Agar bisa digunakan lagi, kepingan CD yang aslinya berbentuk bundar seperti piringan cakram itu kemudian dipotong-potong, menyesuaikan kotak tisu yang ada di rumah.

Kepingan CD memantulkan cahaya seperti. Jadinya terlihat bagus, kalau dipotong-potong dan diwarnai dengan cat, kemudian ditempelkan untuk menutupi kotak tisu, yang digunakan sebagai wahana. Kepingan potongan CD yang sudah disusun itu akan menjadi cover kotak tisu, dan menjadikannya lebih bagus dan punya nilai jual sebagai produk kreatif di pasaran.

2. Pot Tanaman Cantik Dari Botol Bekas Air Mineral

Botol bekas yang sebelumnya digunakan untuk air mineral, bisa disulap menjadi pot yang cantik untuk tanaman hias, dan akan membuat rumah makin nyaman dan asri.

Belah botol air mineral bekas, manfaatkan bagian bawah botol untuk menjadi pot tanaman. Gunting bagian atas pot sehingga membentuk telinga boneka, atau karakter film kartun kesayangan. Warnai sesuai yang kita inginkan, agar tokoh kesayangan yang tergambar dalam pot botol itu jelas terlihat. Jangan lupa lubangi sedikit bagian bawahnya untuk tempat air mengalir. Pot sudah siap untuk digunakan.

3. Pembatas Buku Menggunakan Kain Perca

Kain perca adalah kain yang sudah tidak terpakai, baik yang berasal dari pakaian bekas, atau kain lainnya yang sudah tidak digunakan lagi. Tidak perlu terlalu banyak, asalkan dipotong berbentuk persegi panjang seperti pembatas buku pada umumnya. Jahitlah bagian pinggir, kemudian buatlah lubang untuk diisi dengan pita yang dibuat simpul, atau bisa juga ditempeli hiasan lain sesuai keinginan.

4. Penutup Lampu Aneka Warna Dari Sedotan

Sedotan juga bisa menjadi kerajinan yang bermanfaat, seperti menjadi penutup atau kap lampu di rumah. Potong sedotan dengan ukuran kecil tapi sama, misal 3cm, maka buatlah dengan ukuran itu.

Berikutnya, rangkai potongan-potongan sedotan itu dengan pola bulat atau kotak. Gunakan lem untuk merekatkan rangkaian sedotan. Akan lebih bagus kalau sedotan yang digunakan berwarna-warni.

5. Hiasan Gantung Tutup Botol

Daripada terbuang percuma, manfaatkan tutup botol bekas minuman ringan menjadi hiasan gantung. Caranya buatlah lubang kecil di bagian samping, kemudian semua tutup botol itu dirangkai menggunakan kawat kecil atau peniti. Untuk bagian atas bisa menggunakan bekas cup cetakan kue atau lainnya untuk menggantungkan rangkaian tutup botol tersebut.

Bunyi gemerincing akan muncul ketika angin bertiup, membuat suasan di rumah lebih mengasyikkan seperti di pantai.


Dengan lima contoh kerajinan tangan di atas, barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi akan bisa bermanfaat, dan juga mendatangkan nilai ekonomi yang menyenangkan.

Leave a Comment