Cara membuat kerajinan dari sabun sebenarnya sangatlah mudah loh teman teman, dan memiliki beberapa cara dan teknik yang bisa kamu praktekan. Beragam cara membuat kerajinan dari sabun bisa menjadi sebuah bentuk karakter ataupun ukiran sesuai selera kamu.

Kerajinan dari sabun ini juga memiliki dayatarik tersendiri dan memiliki nilai seni di dalamnya. Beberapa orang atau pengrajin, mereka menjadikannya sebuah mahakarya yang memiliki nilai jual di pasaran.

Nah jika kamu tertari untuk mecoba membuat kerajinan dari sabun ini, sebenarnya caranmya cukup mudah dan tergantung dengan imajinasi kamu sendiri. Dan jika memang bekum menemukan inspirasi kamu bisa melihat beberapa contohnya di internet.

Berikut adalah beberapa cara dan teknik membuat kerajinan dari sabun yang nisa kamu praktekan sendiri. Yuk lanjut scrollnya

Cara membuat kerajinan dari sabun

Kerajinan dari sabun mandi mudah
Sumber : Pixabay

Bagi kamu yang ingin membuat kerajinan dari bahan sabun, ada beberapa tehnik yang bisa kamu coba sendiri. Jangan khawatir, berikut adalah beberapa cara membuat kerajinan dari sabun yang mudah dan bisa kamu coba praktekan sendiri dirumah.

1. Dengan Teknik Ukir

Cara membuat kerajinan dari sabun yang pertama adalah dengan teknik ukir, nah cara inilah yang lebih sering digunakan oleh kebanyakan orang karena tidak memerlukan banyak alat untuk membuatnya. Nah kesulitanya disini adalah bergantung pada kreatifitas kamu dalam mencipatkan sebuah kerajinan.

Disarankan jika kamu mau menciba teknik ini gunakanlah sabun yang memiliki warna soft, supaya bekas ukiran kamu ini tidak begitu terlihat oleh kasat mata. Bahan yang kamu butuhkan untuk mempraktekan cara ini adalah sabun batangan dan alat untuk mengukir seperti cutter, gunting, silet, atau benda tajam lainnya.

  • Langhkah pertama, kamu terlebih dahulu harus menyiapkan gambar pola dari karakter yang akan kamu buat pada kertas.
  • Setelah itu kamu gunting kemudian tempel diatas sabun batang tadi.
  • Selanjutnya kamu ukir sabun sesuai dengan pola yang kamu buat tadi menggunakan alat ukir.
  • Untuk bagian detail kecil membuat pola, maka kamu  bisa menggunakan benda yang lebih kecil lagi seperti jarum , paku, maupun tusuk gigi.
  • Langkah finishing, kamu bisa memakai sikat gigi untuk membersihkan serpihan bekas ukiran di sabun tersebut.

2. Contoh Teknik Parut

Cara membuat kerajinan dengan sabun yang berikutnya adalah dengan teknik parut. Cara ini bisa di bilang cukup mudah karena kamu tidak perlu menggunakan cara mengukir dan lain lain.

Untuk bahanya cukup siapkan sabun dengan berbagai warna yang kamu butuhkan ( sesuai selera kamu ya ), dan jangan lupa juga siapkan tepung maizena dan tepung tapiokanya. Berikut langkah langkah pembuatanya, bisa improve sendiri jika memiliki keterampilan dan kreativitas.

  • Langkah pertama parut sabun memakai parutan keju sampai menjadi serpihan-serpihan kecil, dan jangan lupa kamu pisahkan sabun ini berdasarkan warna masing-masing.
  • Selanjutnya campurkan tepung tapioka atau maizena yang telah disiapkan kedalam hasil parutan sabun dengan perbandingan 2:3.
  • Selanjutnya uleni  ( aduk hingga rata )adonan tadi menggunakan tangan sampai mudah untuk dibentuk, nah jika terlalu keras kamu bisa tambahkan sedikit air nantinya.
  • Setelah adonan sabun siap, kamu bisa membentuk adonan tadi jadi helaian mahkota bunga maupun daun atau bahkan motif lain yang sudah kamu pikirkan. Untuk bentuknya sesuai selera dan kemampuan kamu ya.
  • Kemudian siapkan lidi atau sumpit yang kuat untuk menyambungkan kelopak bunga yang dari bahan sabun tersebut pada bagian ujungnya.
  • Jika ada sisa adonan, kamu bisa lumurkan pada batang lidi atau sumpit ini supaya membentuk sebagai batang daunnya.
  • Setelah jadi kamu bisa rangkai tangkai dan bunga tadi pada sebuah vas.

3. Teknik Cetak

Cara membuat kerajinan dari sabun yang mudah selanjutnya adalah dengan teknik cetak. Ini menjadi cara yang paling mudah karena kamu tidak perlu memikirkan polanya cukup siapkan cetakan dengan bentuk yang unik .

Untuk bahan yang diperlukan adalah sabun batangan dan juga cetakan, untuk membuat bentuk kerajinan sabun yang kamu inginkan. Untuk langkah-langkahnya kamu bisa simak sebagai berikut.

  • Silahkan Kamu parut sabun atau cincang sampai halus
  • Kemudia tambahkan sedikit air, dan lelehkan sabun menggunakan microwife atau atau menggunakan panci memakai api kecil
  • Setelah mencair kamu bisa angkat dan tambahkan pewarna tambahan jika dibutuhkan.
  • Kemudian tuang sabun tadi ke cetakanyang telah kam siapkan sebelumnya. Ada opsi nih menggunakan cetakan agar-agar, ice-cube, atau yang lainnya yang di bolehin emak tentunya.

Contoh kerajinan dari Sabun dan Caranya

Berikut adalah beberapa contoh kerajinan dari sabun yang mudah kamu buat. Bisa menjadi inspirasi kamu untuk berkarya dan kembangkan sesuai dengan kreatifitas kamu ya.

Contoh kerajinan dari sabun yang di ukir

kerajinan sabun lifebuoy

Ini adalah contoh kerajinan dari sabun mandi yang di ukir sederhana yang bisa kamu coba, ya walaupun tidak terlalu bagus kamu bisa meniru bentuk dan mungkin kamu bisa membuat lebih bagus dari ini.

Alat untuk mengukir juga berpengaruh terhadap hasil karya kamu, karena jika alat yang di gunkan kurang tajam atau tumpul hasil ukirannya juga tidakbisa detail dan akurat sperti yang telah kamu rencanakan.

jika kamu sudah bisa membuat karya sederhana seperti gambar di atas mungkin kamu selanjtnya memperlukan jam terbang untuk membuat karya yang lebih bagus. Ya awalnya mungkin dari tugas sekolah namun jika menjadi sebuah karya yang bagus pasti memeiliki harganya tersendiri jika di tekuni.

kerajinan dari sabun mandi
Sumber : supersemar

Nah berikut ini adalah the next level karya seni dari sabun mandi. Nah jika kamu sudah bisa mengukir dengan bagus seprti ini, bukan hanya mendapat nilai bagus di sekolah kamu juga memiliki peluang untuk mengembangkannya.

Bisa di bilang terlihat sepele namun jika di publikasikan akan menjadi portofolio tersendiri untuk kamu.

Nah kerajinan dari sabun yang di ukir ini sangat mudah apalagi hanya untuk tugas sekolah, tidak memerlukan detail yang rumit dan presisi. Nah terakhir nih mungkin kalian perlu ide untuk mengukir atau bentuk apa ya yang kiranya bagus berikut adalah rekomndasi dari prasstyle.com.

kerajinan tangan
Sumber youtub
Kerajinan tangan

Kerajinan dari sabun yang dicetak

Untuk kerajinan selanjutnya menggunakan cara mencetaknya, ya tentu ini cara yang lebih mudah dan praktis. Kamu hanya perlu menyiapkan berbgai macam cetakan yang unik agar memiliki bentuk yang unik dan menarik.

Bentuk cetakan yang menarik umumnya berbentuk hewan hewan dan mobil karena lebih menarik untuk anak anak.

Seperti cara yang telah di jelaskan dia atas cara ini adalah yang paling praktis, mungkin kamu perlu membeli alat cetaknya saja pada online shop.

oke mungkin itu saja treman teman semoga kalian bisa mengembangakn kreatifitas kalian dan menghasilkan sebuah karya seni yang bernilai tinggi ataupun menjadi sebuah lahan yang bisa menghasilkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
kerajinan dari limbah organik
Read More

Kerajinan dari Limbah Organik

Kerajinan dari Limbah Organik—Limbah adalah sisa proses produksi berupa bahan yang tidak atau belum memiliki nilai ekonomis atau…
contoh teks laporan
Read More

Contoh Teks Ulasan

Contoh Teks Ulasan— Di dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali menemukan berbagai jenis ulasan terkait dengan suatu karya misalnya…
Read More

Rumah Adat Kalimantan Tengah

Rumah Adat Kalimantan Tengah- Kalimantan merupakan wilayah Indonesia yang bersebrangan dengan negara tetangga yaitu Malaysia dan Brunei Darussalam.…
Read More

Perbedaan Monokotil dan Dikotil

Perbedaan Monokotil dan Dikotil pada tumbuhan dapat dibedakan menjadi dua golongan berdasarkan bijinya yang berkeping satu (monokotil) dan…
TEMBUNG ENTAR
Read More

Tembung Lingga

Tembung Lingga- Bahasa merupakan salah satu alat berkomunikasi dengan orang lain. Dalam bahasa indonesia dipaparkan banyak sekali jenis…