Dewasa ini sudah sangat jarang di temukan kerajinan yang terbuat dari plastisin. Apakan kamu tahu plastisin?, apakah kamu dulu sering memainkannya?.

plastisin adalah mainan yang terbuat dari terigu, garam, air, dan pewarna makanan, kemudian di campur menjadi satu dan di diam kan sejenak.

Plastisin disini tak hanya dapat digunakan sebagai media untuk bermain anak, namun dapat juga di perjual belikan sebagai ladang bisnis yang lumayan menguntungkan.

Dibawah ini Prasstyle.com akan memberikan beberapa contoh kerajinan dari plastisin.

Contoh Kerajinan dari Plastisin

Plastisin bersifat lembek dan mudah dibentuk ketika diremas-remas atau di tekan. Plastisin dapat di bentuk sesuai selera mulai dari bola, meja, makanan, hewan dan masih banyak lagi yang lainya.

Dewasa ini plastisin mudah di jumpai di toko toko mainan terdekat. Kamu tidak perlu ribet membuatnya dan harganya cukup terjangkau di kantong.

Sedikit info, plastisin ini sangat berguna untuk menumbuhkan sistem motorik pada anak terutama bayi. Bermain plastisin akan menumbuhkan imajisani pada anak sehingga dapat tumbuh dengan cerdas.

Sifat lembek dari plastisin sendiri juga dapat membuat anak berpikir untuk menciptakan berbagai bentuk yang sesuai dengan imajinasinya.

Berikut contoh kerajinan dari plastisin :

Kerajinan dari Plastisin Bentuk Hewan

Kerajinan dari plastisin
Pinterest.com

Cara membuat kerajinan dari plastisin ini cukup mudah. Kamu hanya perlu membentuk bagian badan, ekor, dan mata secara terpisah serta menambahkan bentuk kerang untuk hiasan.

Selanjutnya, satukan semua bagian terpisah tadi sampai berbentuk ikan paus yang sempurna. Agar terlihat lebih detail, kamu bisa mencampur sedikit plastisin berwarna abu-abu dan biru agar terlihat seperti ikan paus.

Kemudian, ambil plastisin warna putih dan giling lurus dengan menggunakan tangan sampai membentuk pentolan korek api. Sambungkan di atasnya dan tambahkan hiasan kerang di samping paus.

Untuk mempercantik dan terlihat detail, bentuk mulut memakai tusuk gigi agar mirip seperti aslinya. Terakhir, tambahkan mata dengan plastisin berwarna hitam.

Baca Juga : Kerajinan dari Limbah Organik yang Laku di Pasaran

Kerajinan dari Plastisin Bentuk Buah

Kerajinan dari plastisin
Pinterest.com

Kerajinan dari plastisin ini dapat memikat perhatian anak sebab bentuk dan warna yang lucu. Ketika membuat kerajianan ini, kamu dapat berimajinasi sesuka hati membuat buah-buahan yang lucu.

Plastisin terdapat berbagai macam warana seperti merah, kuning, hijau, biru, hitam, hijau dan masih banyak lagi yang lainya. Warna buah dapat menyesuaikan dengan plastisin yang ada.

Untuk lebih mudah membuatnya kamu dapat membeli cetakan yang berbentuk buah. Cetakan ini banyak terjual di pasar atau toko mainan anak.

Agar lebih lucu dan menarik lagi tambahkan mata dan mulut pada bentuk buah plastisin yang sudah jadi. Atau bisa menambahkan rambut, tangan dan kaki sehingga terlihat lebih menggemaskan.

Kerajinan dari Plastisin Bentuk Bunga

Kerajinan dari plastisin
Pinterest.com

Bentuk bunga merupakan bentuk paling sederhana yang dapat di buat dari plastisin. Namun jangan salah, semua bentuk yang dibuat dapat membantu sistem motorik pada anak sehingga dapat tumbuh dengan cerdas.

Kamu juga bisa menjadikan bentuk bunga pada kerajianan dari plastisin ini sebagai pajangan dinding ataupun menghias rumah. Dapat juga untuk memperindah dekorasi ruang tamu.

Kerajinan dari Plastisin Manusia Salju

Kerajinan dari plastisin
Pinterest.com

Jika sedang mencari tema untuk membuat kerajinan dari plastisin, kamu dapat juga membuat bentuk manusia salju sebagai alternatifnya. Tentunya pasti kamu bosan dengan bentuk yang itu itu saja. Nah kamu rekomendasikan bentuk manusia salju yang pembuatanya cukup mudah.

Umumnya yang merayakan hari Natal pasti terdapat beberapa bentuk yang identik dengan hari natal. Misalnya pohon natal, kaos kaki, kado, ataupun manusia salju.

Kamu dapat membuat manusia salju dari plastisin ini yang ramah lingkungan tentunya dan memberikan nuansa tentram diantara pohon Natal. Umumnya manusia salju dibuat dari bahan plastik, namun kamu dapat mencobanya karena ramah lingkungan dan mudah di bersihkan.

Baca Juga : Kerajinan dari Bambu Cocok Sebagai Ladang Bisnis

Kerajinan dari Plastisin Pelangi

plastisin pelangi
Pinterest.com

Bentuk hewan, sayur, bunga, sudah sangat familiar dan sering di jumpai ketika membuat kerajinan plastisin ini. Seperti gambar di atas, pelangi adalah salah satu referensi yang bagus untuk mengasah otak anak.

 Untuk mengasah otak anak, bedakan tiap warna dan perkenalkan satu persatu. Dengan kombinasi warna pelangi ketika muncul sehabis hujan terlihat begitu cantik dan menawan.

Siapa sangka kerajinan ini dapat menghias dekorasi rumah bahkan beberapa dijadikan sebagai ide kerajinan yang bernilai jual tinggi.

Membuat pelangi cukup mudah, kamu perlu menggulung lurus plastisin berwarna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu, kemudian sesuaikan panjang dan besar yang di inginkan.

Selanjutnya, susunlah satu persatu dari atas yaitu warna merah secara melengkung (setengah lingkaran) hingga membentuk pelangi. Untuk memperindahnya kamu dapat menghias sampingnya dengan plastisin putih di ujung kanan dan kiri pelangi sebagai awan.

Kerajinan dari Plastisin Tanaman

Kerajinan dari plastisin
Pinterest.com

Saat bermain plastisin bosan karena membuat bentuk itu itu saja?. Gampang kok Kamu bisa menambahkan aksesoris atau bentuk lingkaran menyerupai buat seperti gambar di atas. Terlihat lebih cantik dan indah bukan?

Contoh kerajinan dari plastisin selanjutya yaitu berbentuk pohon jeruk lengkap dengan buah yang berjatuhan. Untuk membuatnya kamu hanya memerlukan tiga warna plastisin yaitu hijau, oren, dan coklat.

Hijau di bentuk bulat sebagai daun, coklat di bentuk tabung untuk batangnya sedangkan oren di bentuk bulat kecil sebagai buah yang menggantung dan berjatuhan di tanah.

Ini juga merupakan salah satu referensi untuk menghias dekorasi rumah dengan memadukan bentuk tumbuhan atau bunga-bungaan.

Baca Juga : Kerajinan dari Bubur Kertas yang Laku di Pasar Lokal

Kerajinan dari Plastisin Bentuk Kue

plastisin kue
Pinterest.com

Selanjutnya mainan plastisin berbentuk makanan seperti gambar di atas yaitu berbentuk hot dog, burger, dan pizza. Untuk membuatnya kamu perlu meniru sebuah gambar agar terlihat bagus.

Umumnya kerajinan ini memiliki fungsi estetika saja sebagai hiasan atau dekorasi untuk memperindah pesta. Dapat dilihat dari bentuknya sangat mirip dan menggiurkan. Perlunya pengawasan khusus kepada anak karena plastisin kue ini tidak dapat dimakan dan berbahaya jika tertelan.

Kerajinan dari Plastisin Bentuk Mobil

plastisin mobil
Pinterest.com

Transportasi yang sering kita jumpai di jalan dapat di gunakan sebagai referensi untuk membuat mainan dari plastisin. Kerajinan dari plastisin yang satu ini biasanya banyak disukai oleh anak anak.

Jenis transportasi yang dapat dibentuk juga beraneka ragam mulai dari mobil polisi, taxi, ambulan, bahkan motor sekalipun juga dapat di bentuk menggunakan plastisin.

Dengan mengajari anak untuk berkreasi menurut imajinasinya akan menumbuh kembangkan daya ingat dan kecerdasan pada anak.

Baca Juga : Kerajinan dari Kain Perca Penjualan Hingga Manca Negara

Kerajinan dari Plastisin Bentuk Sayuran

plastisin bentuk sayuran
Pinterest.com

Selanjutnya adalah ide atau referensi bentuk bermain plastisin yaitu sayuran. Jika kita lihat dari gambar di atas, terdapat berbagai macam sayur seperti jagung, bawang, tomat, wortel, kol dan masih banyak lagi.

Dari semua bentuk sayuran diatas terlihat seperti asli. Namun jangan salah, walaupun terlihat asli sayuran tersebut tidak dapat di makan.

Untuk membuatnya cukup mudah kamu hanya perlu menyiapkan plastisin yang berwarna seperti sayuran di atas. Misalnya tomat, Tomat di buat menggunakan plastisin warna merah dengan membentuk bulat plastisin.

Kemuadian tambahkan motif daun di atasnya dengan plastisin warna hijau dan tempelkan pada ujun atas tomat. Tak lupa tekan sedikit demi sedikit agar terlihat seperti asli.

Kerajinan Hiasan Dinding Plastisin

Kerajinan dari plastisin
Pinterest.com

Yang satu ini merupakan ide yang lumayan kreatif yaitu membuat hiasan dinding dari plastisin. Ide ini dapat di gunakan untuk membuat kerajinan hiasan dinding untuk menghias dinding rumah.

Umumnya banyak di jumpai lukisan menggunakan cat minyak atau spidol warna dan ini sangat berbeda karena mencoba membuat lukisan dari plastisin.

Jangan salah, walaupun terlihat remeh hiasan dinding ini memiliki nilai jual yang lumayan tinggi tergantung bentuk dan keunikan gambar.

Para seniman dan kolektor lukisan pasti suka dengan karya yang satu ini. Beberapa juga ada yang membuat pameran khusus untuk lukisan dari plastisin.

Baca juga : Kerajinan dari Kulit Telur Bentuk Vas Bunga Sebagai Ladang Usaha Kecil Kecilan

Kerajinan dari Plastisin Bentuk Kartun

Kerajinan dari plastisin
Pinterest.com

Semua anak anak sangat menyukai karakter kartun animasi sebagai contohnya adalah spongebob, ultraman, doraemon, hingga powerangers. Salah satu ide kreatif untuk memikat hati anak anak adala dengan membuat bentuk dari kartun tersebut dalam bentuk kerajinan dari plastisin.

Kamu dapat membuat berbagai kerajinan berbentuk kartun animasi yang di suka dengan mudah. Caranya kamu hanya perlu memerlukan gambar sebagai acuan agar bentuk dari palstisinmu tidak salah.

Hal ini juga merupakan salah satu ladang bisnis yang lumayan besar. Pasalnya, banyak anak kecil yang menyukai kartun sehingga akan laku di pasaran. Di beberapa toko mainan sudah di dapati plastisin bentuk kartun dengan harga mulai dari puluhan hingga ratusan ribu.

Kerajinan dari Plastisin Bentuk Makanan

Kerajinan dari plastisin
Pinterest.com

Kerajinan plastisin selanjutnya adalah makanan. Kerajinan ini dapat mengasah otak anak untuk selalu berpikir positif. Tak hanya itu kerajinan ini juga salah satu bentuk karya unik.

Kerajinan dari Plastisin Tempat Lilin

Kerajinan dari plastisin
Pinterest.com

Ini adalah tempat lilin yang terbuat dari plastisin. Sangat beda dengan lainya karena terkesan lebih unik dan menarik sehingga banyak peminat yang menyukainya.

Untuk saat ini kerajianan lilin sari plastisin sangat jarang di temui. Nah buat kamu yang sedang mencari produk untuk bisnis, kerajinan ini adalah salah satunya. Keunggulanya selain menarik, lilin tidak cepat habis dan berbau wangi.

Selain unik, di pasaran banyak yang minat sedangkan produk belum terlalu banyak. Kerajinan ini juga memiliki harga jual yang luamayan tinggi. Sangat cocok buat kamu yang ingin membuka usaha jual beli kerajinan lilin dari plastisin.

Kerajinan dari Plastisin Menggunakan Cetakan

Kerajinan dari plastisin
Pinterest.com

Terakhir ada kerajinan dari plastisin yang di buat dengan cetakan. Cetakan ini memudahkan untuk membuat berbagai bentuk mulai dari hewah, transportasi, buah hingga sayuran.

Cetakan ini banyak di jumpa di toko mainan terdekat dengan harga yang lumayan terjangkau.

Itulah beberapa contoh kerajinan dari plastisin yang dapat di jadikan sebagai ladang bisnis yang menguntungkan. Ambil peluang dan lakukan sehingga keberuntungan akan selalu menyertai.

Sekian dan terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Kerajinan dari rotan
Read More

Kerajinan dari Rotan Terbaik

Rotan merupakan komoditas hasil sumber daya alam non kayu yang banyak terdapat di Indonesia. Sampai-sampai banyak kerajinan dari…