Kerajinan dari Kulit Telur- Protein merupakan zat gizi yang dibutuhkan untuk proses metabolisme dan pada tubuh. Nutrisi ini dapat diperoleh dari olahan makanan apapun, baik dari sumber hewani ataupun nabati.

Dan tahukah kamu bahwa telur merupakan salah satu sumber pangan yang kaya akan protein. Tentu juga sering kita konsumsi sehari-hari bukan? Dan dari pola konsumtif tersebut tentunya akan menghasilkan limbah berupa kulit telur.

Nah, daripada kulit telur terbuang sia-sia. Yuk ikuti terus artikel Prasstyle.com ini supaya kalian tahu jika limbah kulit telur bisa dijadikan segala macam kreasi yang unik bahkan bernilai jual tinggi.

Contoh Kerajinan dari Kulit Telur

Kerajinan dari kulit telur merupakan kerajinan dengan memanfaatkan limbah dari sisa kulit telur yang dibuang. Kulit telur yang sering dianggap hanya sebagai sampah bagi orang, ternyata memiliki manfaat yang tak terkira dan bernilai jual di tangan-tangan orang kreatif.

Kerajinan dari kulit telur ini bisa dilakukan dengan berbagai teknik. Diantara lain, melukis, mengukir atau mengaplikasikan setiap pecahannya sebagai bahan untuk membuat kaligrafi, adapun berupa bingkai foto yang terlihat menjadi sangat menarik dan memiliki estetika tersendiri.

Nah, langsung saja. Kerajinan apa saja sih yang dapat dihasilkan dari limbah kulit telur? Simak cara membuat kerajinan dari kulit telur yang mudah selengkapnya dibawah ini yaa!

Baca Juga : Kerajinan dari Limbah Organik yang Bernial Jual Tinggi

Kerajinan dari Kulit Telur Vas Bunga

kerajinan dari kulit telur
pinterest.com

Untuk dapat membuat vas bunga, Gunakan lah barang-barang bekas di sekitarmu seperti botol plastik, kaleng dan lainnya. Beberapa benda tadi dapat dijadikan bahan untuk pembuatan vas bunga.

Caranya adalah dengan menempelkan tiap-tiap potongan dari remahan kulit telur pada badan botol dengan teratur menggunakan lem. Lakukanlah dengan teliti agar terlihat menarik dan rapi.

Setelah itu beri sentuhan warna agar vas menjadi semakin menarik. Contoh kerajinan dari telur yang satu ini bernial jual tinggi dan sangat laku di pasaran. Kerajinan ini dapat di jadikan sebagai ladang bisnis yang lumayan menguntungkan.

Mozaik dari Kulit Telur

kerajinan dari kulit telur
pinterest.com

Mozaik adalah salah satu karya seni rupa dua atau tiga dimensi yang menggunakan material-material kecil seperti kaca, keramik, atau media lain yang dipotong-potong kemudian disusun dengan cara ditempelkan pada bidang sehingga menghasilkan susunan tersebut membentuk pola, gambar, atau lukisan yang bernilai estetis.

Mozaik yang biasanya dari barang bekas, ternyata bisa juga dibuat dari kulit telur dan hasilnya pun cukup menarik. Setiap patahan-patahan kecil dari kulit telur memberi ciri khas dalam mozaik yang terbentuk dan tampilannya terlihat eksotis. Ingin mencoba?

Baca Juga : Kerajinan dari Bambu Sebagai Ladang Bisnis Pemula

Replika Hewan dari Kulit Telur

kerajinan dari kulit telur
pinterest.com

Iya, benar! Replika hewan. Tapi bukan menyusun dan men-sketsa kulit telur sampai berbentuk hewan yaa.. Pada bagian ini, kulit telur bukan menjadi bahan utama untuk replika bentuk hewan.

Akan tetapi, ada tambahan kerangka dari bahan lain untuk dapat membuat bentuk menyerupai hewan. Kerangka tersebut bisa menggunakan kawat, gumpalan kertas, atau apapun sesuai dengan imajinasi kalian.

Jika sudah mendapatkan kerangka nya, langkah selanjutnya adalah pecahan kulit telur direkatkan dengan lem secara merata pada badan kerangka. Lakukan dengan rapi dan teratur. Dan jadilah bentuk hewan dengan hiasan kulit telur yang unik dan menarik.

Kerajinan dari Kulit Telur Bentuk Ukiran

kerajinan dari kulit telur
pinterest.com

Wah, bagaimana nih? Ukiran kulit telur? Dimana mengukir nya yaa.. Tentu saja pada tiap sisi kulit telur nya teman-teman. Tapi perlu diingat bahwa kulit telur itu kecil dan tekstur nya yang mudah pecah.

Tapi siapa sangka jika kulit telur bisa dibentuk menjadi ukiran dengan motif yang menawan. Bukan sembarang orang bisa mempraktekkan kerajinan ini, kecuali orang yang terlatih tangannya.

Jadi, kulit telur yang masih berbentuk bulat sempurna kemudian diukir menggunakan alat ukir yang sangat kecil dan tingkat getarnya sangat halus.

Diperlukan ketelitian dan kehati-hatian dalam mengukir kulit telur ini. Karena sedikit saja salah dan tidak berhati-hati, kulit akan dengan mudah pecah dan hancur.

Contoh kerajinan dari telur yang satu ini bernial jual tinggi dan sangat laku di pasar lokal maupun mancanegara. Kerajinan ini dapat di jadikan sebagai ladang bisnis yang lumayan menguntungkan.

Baca Juga : Kerajinan dari Kain Perca yang Sangat Laku di Pasar Lokal

Kaligrafi dari Kulit Telur

kaligrafi
pinterest.com

Ternyata, kaligrafi juga bisa dibuat dari kulit telur loh. Dimulai dengan membuat desainnya terlebih dahulu, sampai pemasangan kulit telur di atasnya.

Dalam pembuatan kaligrafi ini, dibutuhkan teknik yang mumpuni dan juga ketelatenan yang tinggi. Kerajinan kaligrafi ini dapat dijadikan hiasan dalam ruangan rumah dengan hasil yang indah dan juga insyaallah berkah.

Boneka Karakter dari Kulit Telur

kerajinan dari kulit telur
pinterest.com

Telur yang kecil pun memiliki permukaan kulit bukan? Siapa sangka, ternyata bisa dibuat menjadi kerajinan boneka karakter. Boneka dengan wajah khas yang lucu di permukaan kulit telur dengan macam-macam warna yang disukai.

Teknik menggambar pun sangat diperlukan karena akan mempengaruhi hasil dari karakter boneka yang hampir mirip dengan aslinya. Kerajinan kulit telur yang satu ini juga bisa menggunakan telur ayam atau bebek.

Kerajinan dari Kulit Telur Bingkai Foto

mozaik
pinterest.com

Kerajinan dari kulit telur yang satu ini sangat mudah untuk dipraktekkan dirumah loh. Yaitu kerajinan dari kulit telur berupa bingkai foto. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan limbah kulit telur, dan proses pembuatannya cukup mudah loh.

Warnai terlebih dahulu kulit telur yang sudah kamu dapatkan, kemudian susun secara acak di sekeliling bingkai dengan bentuk apapun menggunakan lem sebagai perekatnya. Selamat mencoba!

Baca Juga : Kumpulan Contoh Teks atau Paragraf Narasi Lengkap

Kerajinan dari Kulit Telur Candle/Lilin

kerajinan dari kulit telur
pinterest.com

Bosan dengan lilin yang hanya begitu-begitu saja bentuknya? Kulit telur bisa jadi solusinya. Kerajinan dari kulit telur bisa dijadikan tempat untuk lilin.

Caranya, didihkan lilin sampai mencair lalu tuang ke setengah cangkang kulit telur. Dan jangan lupa beri tali di tengahnya dengan cara menanamnya di dasar tengah. Diamkan hingga mengeras dan lilin yang indah siap untuk digunakan.

Kerajinan dari Kulit Telur Lampu Hias

lampu
pinterest.com

Sekarang limbah kulit telur bisa kamu jadikan hiasan lampu menarik loh. Kerajinan dari kulit telur ini membutuhkan kulit telur yang masih utuh dengan isi yang telah di keluarkan sebelumnya, tanpa merusak kulit telur.

Nah tips nya adalah, rendam telur di dalam air cuka agar telur menjadi lunak, elastis dan mudah keluar untuk ketika di beri lubang kecil. Setelah itu tusuk telur untuk mengeluarkan isinya dengan jarum dan diamkan kulit telur sampai mengeras.

Kulit telur yang sudah terkumpul banyak dan sudah dikeluarkan isinya, bisa disusun dengan berbagai macam rangkaian tertentu menggunakan kerangka. Sampai menghasilkan bentuk yang diinginkan.

Asbak dari Kulit Telur

asbak
pinterest.com

Siapa yang akan mengira kalau kulit telur bisa dijadikan asbak? Asbak berfungsi sebagai tempat menampung residu dari rokok bisa terbuat dari kulit telur.

Caranya mudah sekali, blender kulit telur lalu pisahkan bagian kasar dan halus. Setelah itu, campurkan dengan tepung tapioka, lem PVAc dan terakhir lem putih.

Kemudian tambahkan air dan aduk sampai merata hingga membentuk adonan yang elastis. Terakhir, bentuk adonan menjadi asbak dan keringkan sampai mengeras. Dan asbak dari kulit telur siap digunakan.

Kotak Tisu dari Kulit Telur

kotak tisu aesthetic
pinterest.com

Salah satunya adalah contoh kerajinan dari kulit telur berbentuk kotak tisu. Kulit telur bisa dijadikan tempat untuk menaruh tisu atau kotak tisu, sehingga tampilannya lebih menarik.

Caranya pun hampir sama dengan kerajinan lainnya, yaitu hanya menggunakan lem sebagai perekat potongan kulit telur di seluruh permukaan kotak tisu. Kemudian berikan sentuhan warna agar terlihat lebih menarik.

Baca Juga : Rumah Adat Indonesia Lengkap 33 Provinsi

Hiasan Dinding dari Kulit Telur

kerajinan dari kulit telur
pinterest.com

Kamu dapat mencoba untuk membuat hiasan dinding menggunakan kulit telur. Caranya sama dengan beberapa kerajinan di atas. Tapi terlebih dahulu buatlah sketsa atau gambaran pada dinding menggunakan spidol atau cat warna lainnya.

Kamu dapat membuat gambar tanaman, bunga, hewan, ranting pohon dan lain sebagai nya. Lalu buatlah pola untuk zona penempelan kulit telur. Susunlah sesuai dengan pola menggunakan lem dan jangan lupa beri sentuhan warna agar terlihat hidup.

Tanaman Bola Pom-Pom dari Kulit Telur

kerajinan dari kulit telur
prasstyle.com

Apa kamu memiliki tanaman lidah buaya atau lidah mertua dirumah? Jika iya cobalah untuk memberikan hiasan berupa kulit telur pada ujung tiap daunnya.

Kamu harus menyiapkan banyak kulit telur yang bentuknya hampir sempurna dengan lubang tidak terlalu besar diujung nya.

Lalu tancapkan kulit telur pada setiap ujung daun yang ada. Fungsi yang pertama adalah untuk menambah keindahan tanaman.

Dan fungsi kedua yakni sebagai proteksi atau pelindung apabila mungkin membahayakan karena ujung daunnya lumayan runcing dan tentunya dapat melukai apabila tidak sengaja terkena.

Kerajinan dari Kulit Telur Pot Mini

kerajinan dari kulit telur
pinterest.com

Siapa yang suka berkebun? Sisa kulit telur ternyata bisa dijadikan pot mini loh seperti contoh kerajinan dari kulit telur yang satu ini.

Hampir sama konsepnya dengan taman mini, tapi kulit telur dibuat sedemikian rupa layaknya kebun pada umumnya. Miniatur taman ini bisa dijadikan sebagai hiasan ruang tamu dan lain sebagainya.

Caranya cukup mudah, yakni masukkan tanah yang sudah dicampur pupuk ke dalam telur yang sudah tersusun rapi di tatakan telur atau alas apapun, kemudian berikan tanaman yang disukai. Rawatlah tanaman di dalam ya dengan baik agar tanaman hidup dan cantik.

Lukisan Kulit Telur

mozaik
pinterest.com

Selanjutnya, kulit telur dapat dijadikan bahan untuk membuat lukisan. Kamu perlu menyiapkan kertas atau kanvas sebagai media membuat lukisan.

Gambarlah apapun sesuka mu kemudian tempelkan setiap pecahan kulit telur sesuai pola dengan rapi menggunakan lem. Caranya sama dengan membuat hiasan dinding. Yang berbeda hanyalah media nya.

Contoh kerajinan dari telur yang satu ini bernial jual tinggi dan sangat laku di pasaran. Kerajinan ini dapat di jadikan sebagai ladang bisnis yang lumayan menguntungkan.

Pupuk Organik dari Kulit Telur

kerajinan dari kulit telur
prasstyle.com

Selain jadi berbagai macam hiasan dan kerajinan, ternyata limbah kulit telur juga bisa dijadikan pupuk organik loh. Caranya sangat mudah, haluskan atau giling kulit telur sampai halus. Kemudian aplikasikan pada tanaman dengan cara menanam kulit telur di sekitar tanaman yang dikehendaki.

Wah, ternyata banyak sekali bukan manfaat dari limbah kulit telur?. Kamu dapat coba membuat contoh kerajinan dari kulit telur di atas. Semuanya dapat di jual di pasaran bahkan terdapat beberapa yang memiliki harga puluhan juta.

Tunggu apa lagi, ayo segera memulai berkarya dengan barang-barang di sekitar mu yang mudah ditemukan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
contoh paragraf eksposisi
Read More

Contoh Paragraf Eksposisi

Contoh Paragraf Eksposisi- Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kita sudah tidak asing lagi dengan istilah paragraf . Istilah…
contoh teks laporan
Read More

Contoh Teks Ulasan

Contoh Teks Ulasan— Di dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali menemukan berbagai jenis ulasan terkait dengan suatu karya misalnya…
buku pena
Read More

Contoh Paragraf Narasi

Contoh Paragraf Narasi- Dalam dunia penulisan, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah narasi. Hal ini merupakan…