Jenis Jenis Marketing

Marketing adalah kegiatan memasarkan hasil produksi perusahaan menggunakan bermacam cara, supaya produk tersebut bisa dikenal dan diminati oleh masyarakat secara luas.

Kegiatan pemasaran saat ini memfokuskan terhadap konsumen. Pelayanan kepada konsumen wajib ditingkatkan, hal ini adalah tugas marketing.

Nah, dalam dunia marketing memiliki beberapa jenis, untuk mengetahui apa saja jenisnya, berikut simak artikel ini secara lengkap ya!

Tujuan Pemasaran secara umum

Sebagai seorang pengusaha yang ingin sukses dan punya banyak pelanggan setia, tentu proses promosi harus diupayakan seoptimal mungkin.

 Beberapa tujuan pemasaran tersebut antara lain adalah :

  • Memperkenalkan produk ke konsumen dan pasar
  • Memberikan dan menjelaskan spesifikasi serta manfaat dari produk
  • Mendapatkan pelanggan baru
  • Menjadikan pelanggan baru sebagai pelanggan yang setia
  • Mengevaluasi kesalahan-kesalahan baik dari segi produk maupun gaya pemasaran yang dianut
  • Mengetahui tingkat persaingan usaha

Pemasaran Secara Langsung (Direct Marketing)

Pengertian pemasaran langsung adalah kegiatan promosi yang dilakukan pihak tertentu dari badan usaha seperti sales maupun pemilik usaha itu sendiri, untuk terjun langsung ke lapangan / pasar dalam rangka melakukan proses pengenalan produk dan penggaetan pelanggan, melalui strategi dan tahapan-tahapan pemasaran yang telah dirancang sebelumnya.

Direct marketing disebut juga sebagai pemasaran tanpa pihak ketiga dalam proses jual-beli. Jenis Pemasaran Direct marketing dibagi beberapa macam antara lain:

1. Personal Selling

Personal Selling (Penjualan Tatap Muka Langsung) adalah proses promosi atau penjualan yang dilakukan oleh penjual / pemilik usaha dengan bertemu langsung dengan calon konsumen, serta membentuk pemahaman mereka terhadap produk, hingga akhirnya mereka melakukan pembelian produk dan menjadi pelanggan baru.

Pemasaran personal selling punya kelebihan tersendiri, penjual akan lebih leluasa menjelaskan dengan detail terkait spesifikasi produk, hingga menerima tanggapan berupa pujian maupun kritikan dari para calon pembeli yang potensial.

2. Direct Mail Marketing

Pemasaran direct mail adalah kegiatan promosi yang memberikan penawaran, pengingat, informasi, brosur dan pemberitahuan kepada seseorang atau pasar tertentu yang berada di alamat lain atau lokasi yang berbeda. 

Jutaan pengiriman akan dilakukan dengan target pemasaran yang selektif dan benar-benar berpotensi serta tepat sasaran.

3, Catalog Marketing

Pengertian Catalog Marketing adalah kegiatan promosi garis besar yang umumnya dilakukan perusahaan-perusahaan dengan mengirim katalog produk kepada calon pembeli yang terpilih, dalam artian, benar-benar ingin melakukan pembelian.  

Karena besarnya pemasaran langsung yang satu ini, pemasar katalog bisa mengirimkan 12 milyar eksemplar dan lebih dari 8 ribu katalog yang beragam pada satuan tahunan.

4. Telemarketing

Telemarketing (Pemasaran via Telepon) adalah kegiatan promosi yang dilakukan dengan menggunakan metode panggilan telepon dan mensosialisasikan produk, yang kemudian melakukan pertemuan tatap muka, atau pengiriman barang kepada pembeli.

Pada jenis Pemasaran ini, Para ahli menyebutkan telemarketing punya peluang yang lebih besar dalam menggaet konsumen, karena menggunakan metode visual walau tidak bertemu langsung dengan target. Beberapa tips sukses telemarketing antara lain adalah berbicara dengan sopan, mengenal calon terlebih dahulu dan menjelaskan kriteria produk dengan baik.

Namun pada prakteknya, metode telemarketing akan berdampak buruk bila ditujukan bagi calon yang kurang potensial, untuk itu perlu kiranya meriset terlebih dahulu dengan menyelidiki identitas calon pembeli yang akan dihubungi.

5. Kios Marketing

Kios Marketing adalah gaya Pemasaran modern yang menciptakan mesin penerima pelanggan, dan umumnya dimiliki oleh perusahaan-perusahaan besar, dengan menempatkan mesin tersebut di beberapa toko milik mereka.

Berlainan dengan penjual otomatis, mesin kios ini tentu memungkinkan calon pelanggan untuk menentukan keinginan pelanggan dalam menemukan jenis barang/jasa yang dikehendakinya.

Jika barang tidak tersedia di toko tersebut, maka pembeli akan menggunakan telepon yang terdapat pada mesin dan memasukkan kartu kredit, serta mendapatkan informasi mengenai kemana barang/jasa pesanannya akan dikirimkan.

6. Online Marketing

Yang terakhir ini pasti sudah tidak asing lagi bagi kita. Pengertian Online Marketing adalah Kegiatan Promosi yang memanfaatkan pihak ketiga (Media Sosial), baik dilakukan sendiri maupun memakai jasa media sosial itu sendiri seperti Google AdWords dan Facebook Ads.

Jenis Pemasaran secara online akan menjangkau lebih luas calon konsumen, karena saling terhubung dan bisa berinteraksi dengan mudah. Contoh sederhana pemasaran di internet antara lain Toko Online, Blog/Website, Fanspage Facebook, Twitter dan Instagram.

Pemasaran Tidak Langsung 

Pengertian pemasaran tidak langsung adalah strategi untuk mempromosikan suatu produk / jasa yang ditujukan untuk menyentuh dan mempengaruhi hasrat calon konsumen secara tidak langsung. 

Wujud pemasaran ini memiliki beberapa macam jenis antara lain:

1. Media Iklan

Dalam kehidupan sehari-hari, iklan sangat mudah sekali ditemukan, ini dikarenakan iklan ada dan berlaku di mana saja, baik televisi, koran, media cetak, radio dan lain-lain.

Nah, sebelum lanjut bagi Anda yang khususnya wilayah kota surabaya dan sekitarnya, apabila sedang mencari jasa pembuatan neon box surabaya silahkan hubungi kami.

Contoh Media iklan adalah Iklan Keluarga, iklan niaga, iklan pengumuman, iklan baris dan iklan layanan masyarakat.

2. Humas (Public Relation)

Menurut Wikipedia, humas atau hubungan masyarakat adalah media yang dipergunakan untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat luas, dalam rangka pemberian hal-hal penting, mulai dari radio, media cetak, online, broadcasting, special event dan media outdoor seperti halnya neo box hingga billboard.

3. Pemasaran Interaktif (Media Online)

Pengertian Media Interaktif adalah media yang cakupannya paling luas yaitu secara global. Platform online yang paling umum digunakan adalah blog/website. Metode ini kian berkembang karena didukung oleh kemajuan dunia digital dan sosial media secara besar-besaran.


Itulah pembahasan artikel singkat mengenai jenis jenis dari marketing. Untuk Anda yang sedang membaca artikel ini, Semoga artikel kami bermanfaat dan dapat menambah wawasan untuk kita semua.

Leave a Comment