Contoh Teks Ulasan— Di dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali menemukan berbagai jenis ulasan terkait dengan suatu karya misalnya film, buku, dan lain-lain.

Salah satu media untuk menuangkan ulasan atau review adalah melalui teks ulasan. Teks ulasan, atau disebut juga teks resensi, merupakan teks yang mengulas sesuatu dan berisi penilaian atas hal tersebut.

Dalam artikel ini, Prasstyle.com akan mengupas contoh teks ulasan meliputi pengertian, tujuan teks ulasan, jenis teks ulasan, struktur teks ulasan, kaidah kebahasaan teks ulasan, ciri-ciri, dan contoh teks ulasan.

Penjelasan lebih lanjut mengenai contoh teks ulasan adalah sebagai berikut :

Apa pengertian contoh teks ulasan?

Baca Juga : Kumpulan Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Lengkap dengan Penjelasanya

Pengertian Teks Ulasan

buku
pinterest.com

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ulasan merupakan kupasan, tafsiran, dan komentar.

Kemudian menurut Astuti (2018), teks ulasan adalah yang memaparkan penilaian terhadap sesuatu meliputi kualitas, kelebihan, dan kelemahannya.

Maka dapat disimpulkan bahwa teks ulasan adalah teks yang mengupas serta memaparkan penilaian dan komentar terhadap sesuatu.

Jika mengupas suatu karya tulis, pengupas harus bersikap kritis sehingga hasil ulasannya bisa memberikan efort dan kontribusi demi kemajuan karya tulis tersebut.

Contoh teks ulasan umumnya memberikan informasi dan mempengaruhi pembaca (audien) untuk mendiskusikan lebih jauh mengenai suatu karya tulis.

Baca Juga : Contoh Teks Sejarah Para Pahlawan Nasional

Apa Tujuan Teks Ulasan?

contoh teks ulasan
pinterest.com

Ada cukup banyak tujuan yang dimiliki oleh contoh teks ulasan, di antaranya adalah:

  1. Mengajak dan memberitahu konsumen karya untuk memikirkan dan mendiskusikan masalah yang terdapat di dalam sebuah karya.
  2. Memberikan pertimbangan kepada konsumen karya sebelum memutuskan untuk membeli, memilih, serta menikmati sebuah karya.
  3. Memberitahu konsumen karya mengenai kelebihan dan kekurangan karya yang diulas.
  4. Memudahkan konsumen karya untuk mengetahui keterkaitan suatu karya dengan karya lain yang sejenis.
  5. Memaparkan pandangan penulis mengenai suatu karya.
  6. Mengetahui perbandingan suatu karya dengan karya lain yang serupa.
  7. Memberikan informasi komprehensif mengenai suatu karya.

Baca Juga : Contoh Paragraf Argumentasi Beserta Pengertianya Lengkap

Jenis Jenis Teks Ulasan

buku
pinterest.com

Terdapat beberapa jenis teks ulasan, yaitu contoh teks ulasan informatif, contoh teks ulasan deskriptif, dan teks ulasan kritis.

Teks ulasan informatif adalah teks ulasan yang memiliki gambaran singkat, padat, serta umum tentang sebuah objek atau karya. Contoh teks ulasan ini hanya memperjelas bagian pentingnya yaitu terfokus pada kelebihan dan kekurangan suatu objek atau karya.

Teks ulasan deskriptif adalah kebalikan dari teks ulasan informatif. Lain dari teks ulasan informatif, teks ulasan deskriptif ini berisi gambaran rinci atau detail mengenai suatu objek atau karya.

Teks ini ditulis untuk memperoleh gambaran jelas tentang informasi, manfaat, serta argumen yang dituangkan penulis dalam suatu karya.

Teks ulasan kritis berisi ulasan yang menggunakan metode pendekatan ilmu pengetahuan tertentu. Teks ulasan ini ditulis secara objektif dan kritis, tidak hanya subjektif oleh penulis.

Contoh teks ulasan kritis adalah resensi pada novel yang menggunakan pendekatan psikologi.

Baca Juga : Perbedaan Teks Editorial dan Teks Berita

Struktur Teks Ulasan

buku
pinterest.com

Terdapat 4 struktur yang menjadi dasar penulisan contoh teks ulasan yaitu orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman.

  • Orientasi

Orientasi merupakan bagian awal yang menerangkan tentang identitas buku dan gambaran umum dari sesuatu atau karya yang akan diulas dan dibahas

  • Tafsiran

Tafsiran berisi penjelasan detail mengenai objek yang diulas meliputi sinopsis, kualitas, keunikan, keunggulan, dan lain-lain.

  • Evaluasi

Evaluasi berisi pandangan penilaian atau evaluasi penulis tentang objek yang diulas. Dalam evaluasi ini dicantumkan kelebihan dan kekurangan karya.

  • Rangkuman

Rangkuman adalah bagian terakhir yang memuat kesimpulan dan komentar akhir serta saran penulis mengenai objek yang diulas.

Baca Juga : Pengertian Teks Iklan Beserta Ciri Ciri, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan

Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

contoh teks ulasan
pinterest.com

Kaidah kebahasaan teks ulasan meliputi:

  1. Menggunakan kata sifat
  2. Menggunakan konjungsi penjelas (bahwa, yakni, yaitu, dll.)
  3. Menggunakan konjungsi waktu (sejak, sebelum, sesaat, akhirnya, selama, tatkala, dll.)
  4. Menggunakan konjungsi kausalitas atau sebab akibat (sebab, karena itu, oleh karena itu, dll.)
  5. Menggunakan kalimat saran di akhir teks terutama di bagian rangkuman

Baca Juga : Kumpulan Contoh Teks atau Paragraf Narasi

Ciri-Ciri Teks Ulasan

contoh teks ulasan
pinterest.com

Ciri utama teks ulasan yaitu berisi informasi dan interpretasi tentang suatu karya yang kemudian diberi penilaian serta pandangan oleh penulis teks.

Ciri ciri teks ulasan adalah sebagai berikut :

  • Struktur kalimat terdiri dari orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman`
  • Informasi berasal dari sudut pandang atau opini penulis mengenai suatu karya atau produk
  • Bagian opini berdasarkan fakta yang diinterpretasikan
  • Ulasan memiliki nama lain, yaitu resensi

Baca Juga : Tembang Macapat Lengkap dengan Penjelasannya

Contoh Teks Ulasan Singkat

contoh teks ulasan
pinterest.com

Contoh Teks Ulasan Film

Sumber: yuksinau.id

Judul : Keluarga Cemara

Orientasi:

Film “Keluarga Cemara” merupakan film keluarga yang memiliki plot cerita menghangatkan namun tetap memiliki selera humor yang tinggi, baik untuk anak-anak maupun orang tua. Film ini terkandung banyak cerita hidup yang bisa dipetik.

Film “Keluarga Cemara” diadaptasi dari layar serial televisi populer yang tayang pada tahun 1990-an. Disutradarai Yandy Laurens, film ini menceritakan kisah Abah yang diperankan Ringgo Agus Rahman dan keluarganya. Setelah mengalami kebangkrutan, Abah memindahkan istrinya yakni Nirina Zubir dan dua putrinya, Euis yang diperankan Zara eks JKT48 dan Cemara yang diperankan Widuri.

Tafsiran:

Abah pindah dari Jakarta ke sebuah desa kecil yang berada di Bogor, Jawa Barat. Di situlah Abah mulai kembali berjuang secara finansial dan melakukan apa saja agar keluarganya bisa makan.

Menyadari perjuangan yang dilakukan sang suami, Emak yang pengasih dan bijak mencoba membantu Abah dengan berjualan opak (keripik tepung jagung yang berasal dari Sunda). Kondisi tersebut mudah bagi Ara. Namun berbeda dengan Euis, Euis cukup kesulitan beradaptasi dengan situasi baru di keluarganya.

Meski tidak menawarkan cerita atau kisah yang baru, namun film ini sangat menyenangkan. Plotnya bergerak lancar dan setiap masalah dibahas secara detail satu-persatu. Kehadiran Ceu Salmah yang diperankan Asri Welas berhasil memberikan sentuhan humor di film ini.

Film “Keluarga Cemara” membahas mengenai nilai-nilai dan berbagai masalah yang terdapat di dalam keluarga, di antaranya kebersamaan, kesederhanaan, dan makna keluarga. Beberapa cerita dari serial terdahulu diadaptasi dan lebih relevan dengan era saat ini dalam versi baru.

Abah yang dulu pengemudi becak kini diceritakan dalam versi baru, sementara Euis yang dulu kesulitan harus memanjat pohon untuk mendapat sinyal ponsel juga sudah tidak ada di film ini.

Evaluasi:

Penulisnya, Yandy dan Gina S Noer lebih fokus terhadap karakter Abah dan Euis daripada tokoh lainnya. Abah dikisahkan harus membuat keputusan yang buruk, tapi dia bukan orang yang jahat. Sementar Euis merupakan representasi gadis remaja di era digital yang sebenarnya baik hati, hanya perlu memahami kondisi baru keluarganya.

Meski plot dalam cerita ini mudah ditebak, tetapi Yandy dan Gina berhasil memasukkan topik sensitif ke dalam campuran yakni menstruasi. Karena topik menstruasi sangat jarang dimunculkan karena dirasa sensitif tetapi padahal merupakan informasi yang harus dipahami gadis seumurannya.

Rangkuman:

Kisah di film “Keluarga Cemara” ini adalah film keluarga khas yang ringan namun memiliki pelajaran hidup yang layak untuk ditonton bersama keluarga.

Nah, bagaimana pembahasan tentang pengertian teks ulasan mulai dari struktur, ciri-ciri, kaidah kebahasaan sampai dengan contoh teks ulasan itu sendiri. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan rujukan dalam membuat teks ulasan yang lebih baik lagi.

Sumber:

yuksinau.id

penerbitbukudeepublish.com

Astuti, Dian. 2018. Bahasa Indonesia Paket B Setara SMP/MTs Modul Tema 9: Kupas Tuntas Karya Sastra. Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan-Ditjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
buku
Read More

Contoh Teks Laporan Percobaan

Contoh Teks Laporan Percobaan— Percobaan atau eksperimen dilakukan untuk memahami suatu materi. Hasil dari percobaan kemudian dituangkan dalam…
buku dan pena
Read More

Contoh Paragraf Persuasi

Contoh Paragraf Persuasi- Sering kita temui dalam bahasa Indonesia adalah istilah istilah penting yang merupakan materi pembelajaran yang…
tembung garba
Read More

Rumah Adat Indonesia

Rumah Adat Indonesia- Indonesia merupakan sebuah negara yang terletak di bagian asia tenggara. Indonesia merupakan negara yang kaya,…