Contoh Teks Prosedur- Dalam bahasa Indonesia pasti di dapati istilah asing yang belum banyak di dengar oleh khalayak umum. Istilah istilah tersebut memiliki makna yang berbeda beda di setiap jenisnya.

Tentunya kamu pasti sudah sangat familiar dengan kata prosedur dalam sebuah teks atau paragraf. Dalam sebuah materi pembelajaran bahasa Indonesia sangatlah tidak asing lagi.

Sebuah kalimat yang mengandung perintah dalam teks prosedur adalah kalimat yang terletak pada proses atau langkah langkah dalam membuat sebuah objek yang di bahas.

Untuk itu, istilah asing yang akan kita kupas kali ini adalah contoh teks prosedur yang ada dalam mata pelajaran bahasa Indonesia. Prasstyle.com akan membahas istilah ini secara lengkap dan tuntas.

Di dalam artikel ini juga akan mengupas lengkap perihal contoh teks prosedur sederhana, apa itu teks prosedur, jelaskan pengertian teks prosedur, pengertian teks prosedur, struktur teks prosedur, ciri ciri teks prosedur, kaidah kebahasaan teks prosedur dan masih banyak lagi yang lainya.

Untuk itu simak penjelasan contoh teks prosedur lengkap di bawah ini agar kamu lebih paham tentang apa yang dimaksud dengan teks prosedur.

Dan kamu juga akan dengan mudah menyusun contoh teks prosedur dengan mudah apabila menyimak artikel ini hingga tuntas.

Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Teks Prosedur

contoh teks prosedur
pinterest.com

Sering kita temui di berbagai teks yang di dalamnya berisi langkah langkah tentang cara membuat suatu barang atau melakukan sebuah hal.

Teks tersebut tergolong dalam contoh teks prosedur sederhana. Misalnya pada kemasan mie instan pasti ada langkah langkah dalam membuat mie dengan benar yang terletak di balik kemasan.

Apa yang dimaksud dengan teks prosedur?, Apa tujuan teks prosedur?, dan Apa pengertian teks prosedur?

Pengertian teks prosedur adalah sebuah teks yang menjelaskan perihal cara atau langkah langkah untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Contoh teks prosedur dapat di katakan sebagai teks tutorial untuk membantu dalam memudahkan audien (pembaca) untuk melakukan cara dan langkah langkah pekerjaan secara runtut untuk mencapai tujuan tertentu.

Pada teks prosedur umumnya dapat di jumpai pada berbagai jenis teks lainya salah satunya seperti teks eksposisi, dan teks eksplanasi yang ditulis secara terstruktur dan sistematis.

Teks ini berisi petunjuk penggunaan, cara membuat, dan umumnya ditulis secara runtut dari awal hingga akhir sehingga audien mudah untuk mengikuti langkah langkah tersebut.

Inti pembahasan pada isi contoh teks prosedur adalah membutuhkan panduan runtut yang disajikan kepada audien (pembaca) dalam membuat atau menyusun sesuatu hal.

Umumnya contoh teks prosedur ini berisi perintah yang bertujuan untuk memakai, mengajak, memerintah, atau membujuk, para audien untuk melakukan dan mengikuti suatu hal tersebut. 

Baca Juga : Contoh Paragraf Narasi Lengkap dengan Penjelasan, Ciri Ciri, dan Struktur

Ciri-Ciri Teks Prosedur Kompleks

contoh teks prosedur
pinterest.com

Sama halnya dengan teks lainya, Contoh teks prosedur juga memiliki ciri ciri khusus yang dapat memudahkan kamu untuk membedakan teks prosedur dengan teks lainya.

Sebutkan ciri ciri teks prosedur

Diantaranya adalah :

  1. Menggunakan Kata kerja Perintah (Aktif)
  2. Menggunakan Pola Imperatif
  3. Terdapat Kata Keterangan
  4. Terdapat Kalimat Larangan atau Saran
  5. Menggunakan Konjungsi
  6. Terdapat Tujuan yang di Bahas
  7. Terdapat Objek Tertentu

Dibawah ini penjelasan ciri ciri teks prosedur adalah sebagai berikut :

  • Menggunakan Kata Kerja Perintah Aktif)

Kalimat yang pakai dalam teks prosedur biasanya menggunakan kata kerja aktif yang memberikan dampak sebuah tindakan terhadap objek yang di bahas. Contohnya ambil, menyiram, memotong, mengaduk, melangkah, melempar dan masih banyak lagi.

  • Menggunakan Kalimat Imperatif

Kata kerja imperatif disini berisi kata kerja yang bersifat memerintah untuk melakukan suatu hal. Kata kerja ini merupakan ciri ciri inti yang ada di dalam sebuah teks prosedur.

Contohnya “Bilas dengan air hangat sampai bersih”, “tunggu hingga adonan mengembang”, “potong secara tipis”, “tunggu hingga kuning keemasan”, dan masih banyak lagi kalimat imperatif lainya.

  • Menggunakan Kata Keterangan 

Penggunaan kata keterangan disini bertujuan untuk menyatakan sebuah tempat, waktu, cara atau langkah langkah yang akurat terhadap sebuah objek.

Kata keterangan ini tidak harus ada di setiap contoh teks prosedur sederhana. Namun harus ada ketika sebuah objek terdapat rincian tertentu pada pemakaian atau pembuatanya.

Contohnya yaitu “agar lebih maksimal gunakan juga krim A…” , “Lakukan pemakaian sebelum tidur agar…” dan yang paling sering di jumpai adalah “jauhkan dari jangkauan anak anak…”.

  • Terdapat Kalimat Larangan atau Saran

Dalam contoh teks prosedur berisi kalimat larangan dan saran yang berguna untuk menyatakan kalimat saran kepada audien sehingga penggunaan objek menjadi lebih maksimal.

Contohnya yaitu “jauhkan dari sinar matahari langsung”, “diminum dingin lebih mantap”, “sebaiknya gunakan air hangat”, dan masih banyak lagi yang lainya. 

  • Menggunakan Konjungsi 

Konjungsi dalam teks prosedur berfungsi sebagai penghubung atau mengkonjugasikan urutan langkah atau tindakan secara kronologis.

Contohnya yaitu Selanjutnya, kemudian, lalu, setelah itu, berikutnya dan lain sebagainya.

Baca Juga : Contoh Teks Anekdot Singkat +++ (Pembahasan Terlengkap)

Struktur Teks Prosedur

prosedur
pinterest.com

Setelah mengerti ciri ciri teks prosedur kita akan melanjutkan pembahasan tentang struktur teks prosedur. Langkah langkah dalam struktur teks prosedur artinya sebuah teks tersebut memiliki pembangun dalam menyusun teks.

Begitu juga dengan teks biografi ataupun teks negosiasi, contoh teks prosedur juga memiliki struktur sebagai pembangun dalam kesempurnaan sebuah contoh teks prosedur tersebut.

Sebutkan struktur teks prosedur

Diantaranya struktur teks prosedur adalah sebagai berikut :

  • Pengantar atau Pembuka : Berisi pengantar yang terletak di awal setelah judul dan membahas sedikit perihal topik pembahasan.
  • Material : Berisi bahan atau alat yang digunakan untuk melakukan kegiatan sesuai perintak teks prosedur.
  • Langkah Langkah : Berisi teks yang menjelaskan langkah langkah atau cara cara dalam membuat atau melakukan kegiatan sesuai contoh teks prosedur yang di tulis.

Baca Juga : Contoh Paragraf Argumentasi Paling Lengkap

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

pena
pinterest.com

Kaidah kebahasaan selalu ada dalam sebuah teks. Kaidah kebahasaan ini berfungsi sebagai rangakaian kata dalam sebuah kalimat atau paragraf agar lebih menarik dan mudah di baca.

Untuk itu, kita akan lanjutkan pada pembahasan kaidah kebahasaan teks prosedur.

Dibawah ini kaidah kebahasaan teks prosedur adalah sebagai berikut :

1. Kalimat

Pada contoh teks prosedur sederhana ataupun contoh teks prosedur kompleks pasti menggunakan kalimat khusus. Dapat digolongkan menjadi tiga bagian yaitu : 

  • Kalimat Imperatif : Merupakan kalimat perintah untuk melakukan suatu hal. Kalimat imperatif umumnya di akhiri dengan tanda seru (!) yang digunakan sebagai akhiran sebuah pernyataan.
  • Kalimat Deklaratif : Merupakan Kalimat ysang bersifat informatif dan pada kalimat deklaratif di akhiri dengan tanda baca titik (.).
  • Kalimat Interogatif : Kalimat ini bersifat pertanyaan yang digunakan untuk mencari informasi. Umumnya diakhiri dengan tanda tanya (?).

2. Konjungsi

Konjungsi atau kata penghubung dalam contoh teks prosedur terdiri dari dua macam yaitu konjungsi persyaratan dan konjungsi temporal.

  • Konjungsi Persyaratanm : Merupakan Konjungsi atau kata hubung yang menyatakan syarat, Contohnya yaitu seperti, jika, apabila, andai, kalau, ketika, sehingga, dan lain sebagainya.
  • Konjungsi Temporal : Merupakane konjungsi atau kata hubung yang menandai urutan waktu, contohnya yaitu lalu, kemudian, selanjutnya, setelahnya dan masih banyak lagi yang lainya.

Baca Juga : Contoh Paragraf Deduktif +++ dan Penjelasan, Ciri Ciri, serta Struktur Lengkap

3. Numeralia

Numeralia adalah pemberian nomor dalam sebuah teks atau kalimat. Numeralia ini adalah bilangan yang berfungsi untuk urutan langkah langkah teks prosedur.

Pada kaidah ini tidak harus ada namun alangkah baiknya harus di adakan karena dapat memudahkan audien (pembaca) dalam memahami perintah dalam teks prosedur.

4. Pronomina

Dalam contoh teks prosedur, pronomina atau kata ganti berfungsi untuk menggantikan nama orang atau benda yang terbagi menjadi dua jenis yaitu

  • Pronomina Penunjuk : Pronomina ini adalah kata untuk menggantikan benda contohnya yaitu ini, itu, tersebut.
  • Pronomina Persona : Pronomina persona adalah kata untuk menggantikan orang. Dibagi menjadi dua yaitu kata ganti tunggal contohnya (anda, saya, kamu) dan kata ganti jamak contohnya (kita, mereka, kalian).

5. Verba

Kaidah kebahasaan teks prosedur yang terakhir adalah verba yakni terbagi menjadi dua :

  • Verba Material : Verba material yaitu kata kerja yang berimbuhan dan mengacu pada sebuah tindakan atau kegiatan yang dilakukan secara fisik (langsung), contohnya yaitu mengupas, menyetrika, memaku, memotong, meminum, dan masih banyak lagi yang lainya. 
  • Verba Tingkah Laku : Verba tingkah laku yaitu kata kerja yang ditunjukkan melalui sebuah ungkapan terhadap objek pembahasan.
    Verba ini dapat berupa aktivitas contohnya yaitu menyukai, berpikir, beranggapan, berkontribusi, menyetujui, dan masih banyak lagi yang lainya.

Baca Juga : Contoh Teks Persuasif dan Pembahsan Rinci + Kaidah Kebahasaan

Contoh Teks Prosedur Sederhana

contoh teks prosedur
pinterest.com

Akhirnya kita sampai pada ujung dan inti pembahasan yaitu contoh teks prosedur. Kamu dapat membaca dan memahami contoh teks prosedur ini sehingga dapat kamu jadikan sebagai referansi ketika menyusun sebuah contoh teks prosedur.

Diantaranya contoh teks prosedur adalah sebagai berikut :

  • Contoh Teks Prosedur Membuat Makanan

Cara membuat nasi goreng

Bahan bahan : 

  • 1 piring nasi putih
  • 1 buah cabe, diiris tipis
  • 1 siung bawang putih, dicincang halus
  • 1 siung bawang merah dicincang halus
  • garam dan penyedap rasa
  • 2 sdm margarin
  • 2 sdm kecap manis dan 2 sdm saos
  • 1 butir telur ayam (opsional)
  • 1 buah sosis sapi (opsional)

Langkah langkah pembuatan :

  1. Haluskan bawang putih, bawang merah, dan cabe 
  2. Panaskan wajan dan masukan minyak atau margarin dan tunggu hingga panas
  3. Masukan bumbu yang sudah dihaluskan tadi dan tumis hingga tercium aroma harum
  4. Tambahkan garam, micin, penyedap rasa dan aduk hingga rata
  5. Potong sosis dan masukan potongan sosis ke dalam wajan dan tumis sebentar
  6. Selanjutnya masukan telur dan tumis hingga merata
  7. Setelah telur matang, masukan nasi putih dan aduk kembali hingga merata
  8. Tambahkan kecap, saos dan aduk kembali hingga rata sampai warna nasi berubah kecoklatan
  9. Cicipi rasa, apabila kurang asin bisa menambahkan garam ataupun penyedap rasa
  10. Angkat dan sajikan
  • Contoh Teks Prosedur Singkat

Cara membuat mie instan

  1. Siapkan panci dan rebus air hingga panas
  2. Jika air sudah mendidih, masukan mie instan dan tunggu hingga matang
  3. Siapkan bumbu dalam piring saji
  4. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan mie menggunakan saringan
  5. Tuang mie kedalam piring yang sudah di beri bumbu.
  6. Aduk hingga merata dan Mie instan siap di sajikan
  • Contoh Teks Prosedur Bahasa Inggris

How to make a cup of coffee

Ingredients :

  1. Ground coffee
  2. Sugar
  3. A glass of water

Step :

  1. Boil water in a pot or pan
  2. Prepare the cup
  3. Put 2 teaspoons of coffee grounds and 2 teaspoons of sugar or according to taste into a cup
  4. Then, pour boiled water into the cup
  5. Stir well
  6. Wait about 3 minutes
  7. A cup of coffee is ready to be served
  • Contoh Teks Prosedur Protokol

Cara membuat akun Gmail :

  1. Ketik URL “gmail.com” dalam pencarian pada Google anda
  2. Setelah masuk ke laman Gmail, lalu pilih opsi Buat Akun / Create An Account
  3. Kemudian isi registrasi sinkron data diri anda
  4. Selanjutnya anda akan diarahkan menuju laman pembuktian
  5. Isilah nomor handphone yang aktif, lalu klik opsi lanjutkan
  6. Masukan kode pembuktian yang telah anda terima melalui SMS di kolom Google yang tersedia
  7. Google akan secara otomatis mendapat kode pembuktian anda
  8. Email telah selesai dibuat
  • Contoh Teks Prosedur Membuat Minuman

Cara Membuat Kopi

Bahan : 

  1. 1 sendok makan kopi bubuk
  2. ½ sendok makan gula
  3. Air panas
  4. Gelas
  5. Sendok

Langkah langkah : 

  1. Masukan kopi dan gula ke dalam gelas
  2. Tuangkan air panas dan aduk hingga merata
  3. Kopi siap disajikan

Cara Menghidupkan Komputer atau Pc

  1. Pastikan komputer atau pc terhubung dengan aliran listrik
  2. Tekan tombol power pada monitor dan tunggu hingga monitor menyala
  3. Selanjutnya tombol power pada central processing unit (CPU)
  4. Selesai, komputer siap dioperasikan
  • Contoh Teks Prosedur Kompleks

Cara Membuat KTP Elektronik (E-KTP)

  1. Datang ke tempat kerja kelurahan terdekat
  2. Ambil nomor antrian
  3. Setelah nomor antrian dipanggil, datang ke loket yang sudah ditentukan
  4. Isi data diri & foto
  5. Setelah proses pembuatan KTP selesai, anda datang ke tempat pelayanan dengan membawa surat panggilan
  6. selanjutnya petugas akan melakukan proses pembuktian data penduduk menggunakan database
  7. Foto (digital)
  8. Tanda tangan elektronik
  9. Perekam sidik jari & scan retina mata
  10. Petugas akan memberi stempel perindikasi tangan dalam surat panggilan sebagai bukti bahwa penduduk telah melakukan perekaman foto, tanda tangan, & rekam sidik jari
  11. Pembuatan KTP selesai dan Petugas akan mengarahkan penduduk untuk mengambil KTP dua minggu sehabis pembuatan
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
kerajinan dari limbah organik
Read More

Kerajinan dari Limbah Organik

Kerajinan dari Limbah Organik—Limbah adalah sisa proses produksi berupa bahan yang tidak atau belum memiliki nilai ekonomis atau…
Read More

Tembung Saroja

Tembung Saroja Yaiku?– Tembung dalam bahasa indonesia bermakna kata. Dapat dimaknai sebagai kumpulan kata (wanda) atau suku kata…