Contoh Teks Persuasif- Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang sangat di junjung tinggi oleh rakyat Indonesia. Bahasa ini juga merupakan materi pembelajran wajib bagi siswa di Indonesia.

Materi di dalamnya sangat beragam mulai dari paragraf, kata, teks, hingga istilah istilah asing yang tidak familiar di telingga masyarakat awam.

Pembasahan artikel ini tidak tertuju pada bahasa Indonesia, namun pada materi yang ada di dalamnya. Kali ini kita akan membahas perihal istilah istilah yang ada di dalam Bahasa Indonesia ini.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) istilah sendiri merupakan frasa, kata, atau gabungan kata cermat yang berguna sebagai kata ungkapkan makna terhadap suatu konsep, proses, keadaan, atau sifat dalam bidang tertentu.

Untuk itu Prasstyle.com kali ini akan membahas perihal istilah tersebut yakni persuasif. Apa yang dimaksud dengan teks persuasif, itu yang menjadi pembahasan kita pada kesempatan kali ini.

Artikel ini juga memuat tentang contoh teks persuasif singkat, struktur teks persuasif, pengertian teks persuasif singkat, kaidah kebahasaan teks persuasif, ciri ciri teks persuasif, contoh teks persuasif beserta strukturnya dan lain lain.

Untuk itu simak pembahasan di bawah ini secara tuntas dan perhatikan dengan cermat sehingga dapat menambah wawasanmu dan kamu juga dapat menyusuun contoh teks persuasif singkat dengan baik dan benar.

Simak pembasahan lengkap di bawah ini tentang Contoh Teks Persuasif adalah sebagai berikut. 🙂

Baca Juga : Contoh Paragraf Argumentasi Lengkap Beserta Penjelasan, Ciri Ciri, dan Struktur

Pengertian Teks Persuasif Adalah

contoh teks persuasif
pinterest.com

Sebelum menuju ke pengertian teks persuasif, kita bahas dahulu apa itu teks. Teks merupakan suatu wacana lisan yang di ungkapkan dalam bentuk tulisan atau karya tulis.

Di kutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks adalah bahan tertulis dasar yaitu naskah atau dapat juga disebut karya tulis yang berupa frasa asli dari penulis.

Apa yang dimaksud dengan teks persuasif singkat? dan Jelaskan pengertian teks persuasif adalah sebagai berikut.

Pengertian teks persuasif adalah sebuah teks atau paragraf yang memiliki tujuan untuk mengajak, membujuk atau mempengaruhi audien (pembaca). Sifat membujuk dan mengajak disini dapat berupa perbuatan atau dalam bentuk pemikiran. 

Teks persuasif ini di dalamnya mengandung saran, bujukan, imbauan, ajakan, masukan, pengaruh, arahan, larangan, atau perintah terhadap audien (pembaca) agar melakukan suatu hal sesuai isi teks tersebut.

Dapat dikatakan yakni contoh teks persuasif adalah sebuah keahlian penulis dalam mengunakan bahasa Indonesia sebagai senjata untuk menyakinkan audien agar percaya kepada tulisan tersebut.

Agar menghindari perdebatan dari berbagai belah pihak, penulisan teks persuasif harus menghindari konflik karena di khawatirkna akan muncul terjadinya perbedaan pendapat dari berbagai sisi.

Terdapat perbedaan antara teks persuasi dan teks persuasif. yaitu terletak pada kalimat bujukan atau ajakan yang ada di dalam teks tersebut.

Persuasi merupakan ajakan kepada audien dengan menyuguhkan alasan dan feedback baik yang meyakinkan. Dapat juga berupa bujukan halus atau imbauan terhadap suatu objek. 

Sedangkan persuasif merupakan teks yang bersifat membujuk, dan mengajak dengan halus supaya menjadi yakin terhadap isi teks tersebut.

Baca Juga : Contoh Teks Anekdot Singkat (Pengertian, Struktur, Ciri Ciri dan Kaidah Lengkap)

Ciri Ciri Teks Persuasif Singkat

contoh teks persuasif
pinterest.com

Sama halnya dengan teks narasi, contoh teks persuasif singkat juga memiliki ciri ciri khusus. Kamu perlu memperhatikan ciri ciri ini, sebab dalam menyusun teks persuasif harus terdapat ciri ciri di bawah ini.

Dibawah ini ciri ciri teks persuasif adalah sebagai berikut :

  1. Penulis teks mengerti pendirian dan pemahaman audien dapat diubah setelah membaca teks
  2. Penulis teks harus memaparkan isi yang menarik kepercayaan audien
  3. Teks dapat berisi hal yang membuat audien timbul rasa kepercayaan
  4. Isi teks harus menghindari konflik dan debat agar kepercayaan audien tidak pudar
  5. Berisi imbauan, perintah, membujuk, mempengaruhi dan ajakan kepada audien
  6. Isi teks harus bisa memengaruhi audien dengan tulisan yang menarik minat
  7. Isi teks berdasarkan data valid dan fakta yang sebenarnya

Baca Juga : Contoh Teks Biografi Para Pahlawan Paling Berjasa di Indonesia

Struktur Teks Persuasif Singkat

buku
pinterest.com

Struktur merupakan suatu bagian yang membagun sebuah teks menjadi lebih sempurna. Selain perlu memperhatikan ciri ciri, kamu juga harus memperhatikan struktur ini agar tulisanmu lebih sempurna dan menarik.

Terdapat empat bagian yang membangun contoh teks persuasif beserta strukturnya yaitu :

  1. Pengenalan Isu
  2. Rangkaian Argumen
  3. Pernyataan Ajakan
  4. Penegasan Kembali

Dibawah ini merupakan penjelasan struktur teks persuasif adalah sebagai berikut :

  • Pengenalan Isu

Isi teks berupa penjelasan mengenai gambaran suatu peristiwa tertentu dan umumnya digunakan untuk dasar penulisan yang akan disampaikan oleh seorang penulis kepada audien (pembaca).

  • Rangkaian Argumen

Isi teks memuat sebagian pendapat penulis terhadap peristiwa atau kejadian yang di bahas dalam teks. Pada struktur ini harus mencantumkan fakta yang memperkuat pendapat dan alasan penulis.

  • Pernyataan Ajakan

Struktur selanjutnya yaitu pernyataan ajakan, Struktur ini merupakan inti bagian dari teks persuasif. Didalamnya memuat ajakan yang tertuju pada audien untuk melakukan suatu hal atau mempercayainya.

  • Penegasan Kembali

Struktur yang terakhir adalah penegasan ulang. Pada bagian ini penulis menegaskan ulang tentang apa yang disampaikan dalam contoh teks persuasif singkat. Dapat di akhiri dengan kata demikianlah, dengan demikian, oleh karena itu, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Contoh Paragraf Deduktif dan Pembahasan Rinci

Kaidah Kebahasaan Contoh Teks Persuasif

pena buku
pinterest.com

Setelah menyimak ciri ciri dan struktur teks persuasif singkat, kita lanjutkan pada pembahasan selanjutnya yakni kaidah kebahasaan teks persuasif.

Dalam kaidah kebahasaan teks persuasif adalah penyusunan kata pada teks dengan baik dan benar. Diantaranya kaidah kebahasaan teks persuasif adalah sebagai berikut :

  • Penggunaan Kata Teknis

Penggunaan kata teknis disini sebagai istilah kata yang menarik minat audien.

  • Penggunaan Kata Hubung Argumentatif

Kata hubung berfungsi untuk menyingkronkan kalimat utama dengan kalimat pendukung yang bersifat menjelaskan pendapat atau alasan, contohnya : jika, sebab, karena, akibatnya, dan lain sebagainya.

  • Penggunaan Kata Kerja Mental

Kaidah kata kerja mental dapat maknai sebagai kata yang bersifat umum atau abstrak dan berisi ajakan kepada pembaca. Misalnya : diharapkan, memperkirakan, dikhawatirkan, mengagumkan, mengira, berasumsi, dan lain lain.

  • Penggunaan Kata Rujuk

Penggunaan kata rujuk umumnya memuat isi yang mengajak audien untuk mengecek fakta dengan cara merujuk pada informasi lainya.

Sebagai contohnya yaitu “berdasarkan data…”, “Menurut informasi dari…” dan masih banyak lagi yang lainya.

Baca Juga : Contoh Paragraf Induktif (Pengertian, Ciri Ciri, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan

Contoh Teks Persuasif Singkat

contoh teks persuasif
pinterest.com

Akhirnya kita sampai pada ujung dan inti pembahasan di artikel ini yaitu contoh teks persuasif singkat. Contoh contoh berikut dapat kamu jadikan referensi ketika ingin membuat teks persuasif.

Dengan memperhatikan langkah langkah, ciri ciri, dan strukturnya kamu akan dengan mudah menyusun teks persuasif sendiri. Tentunya juga harus memperhatikan kaidah kebahasaan teks persuasif agar tulisanmu lebih sempurna dan menarik.

Di bawah ini contoh teks persuasif adalah sebagai berikut :

  • Contoh Teks Persuasif Covid-19

Tetap jaga kesehatan dan selalu terapkan protokol kesehatan. 3M mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker. Dengan masker Pro kamu akan terhindar dari virus dan polusi udara. Masker pro memiliki 5 lapisan. Rp. 10.000 isi 15pcs. Dapat di jumpai di toko masker terdekat anda.

  • Contoh Teks Persuasif Tentang Kesehatan

Sampah adalah momok yang tidak kunjung usai di kita Indonesia. Masih banyak masyarakat yang menyepelekan sampah walaupun itu berukuran sangat kecil. Sekecil apa pun, sampah ya sampah. Perlu di tekankan lagi untuk selalu menjaga kebersihan di sekitar kita dan membuang sampah pada tempatnya. Kita harus mengapresiasi orang yang membuang sampah pada tempatnya. Tinggalkan perilaku buruk ini agar kita menjadi pribadi yang bersih, sehat dan tidak merugikan lingkungan. Yuk, buang sampah pada tempatnya dan jagalah kebersihan di sekitar kita.

  • Contoh Teks Persuasif Pendidikan

Pendidikan adalah satu dari berbagai sarana untuk menghasilkan penduduk yang berkualitas tinggi. Pendidikan akan sangat berpengaruh dalam wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi pada abad ke-22 ini. Indonesia merupakan negara yang berkembang, dan pendidikan kita memiliki tingkat yang dapat dikatakan cukup rendah. Data dari United Nation Development Programme (UNDP) mencatat bahwa, pendidikan Indonesia berada pada peringkat 124 dari 187 negara yang disurvei lembaga tersebut. Nah oleh sebab itu, pendidikan menjadi tanggung jawab bersama dan seluruh komponen bangsa ini. Tak hanya itu, dukungan masyarakat juga sangat berpengaruh dalam kemajuan pendidikan Indonesia.

  • Contoh Teks Persuasif Tentang Bencana Alam

Berikut contoh teks persuasif beserta strukturnya :

Pengenalan Isu

Banjir adalah bencana yang sangat familiar terjadi di Indonesia, banjir pasti menyebabkan kerugian material, non-material hingga memakan korban jiwa. Membahas banjir tidak akan ada habisnya.

Semua saling tuding, salah paham dan menyalahkan penyebab terjadinya bencana banjir ini. Kebanyakan masyarakat kita banyak yang tutup mata, acuh dan menyalahkan pihak pemerintah ketika banjir datang.

Aslinya permasalahan bencana ini bersangkut paut dengan masyarakat yang juga harus introspeksi diri dengan bencana alam tahunan ini yang selalu melanda. Apabila ditinjau lebih jauh, penyebab banjir bukan hanya disebabkan intensitas hujan yang tinggi. 

Rangkaian Argumen

Mengapa demikian? walaupun intensitas hujan tinggi, apabila air dapat mengalir dengan semestinya, maka bencana banjir akan kemungkinan kecil terjadi. 

Lantas, apa faktor lain penyebab banjir? Faktor lain penyebab banjir adalah ulah manusia itu sendiri yang merusak lingkungan sekitarnya.

Membuang sampah sembarangan sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia. Membuang sampah di sungai atau danau juga momok utama dan salah satu faktor penyebab terjadinya banjir.

Pernyataan Ajakan

Parahnya lagi, sungai yang berfungsi sebagai jalan air penuh dengan sampah sehingga terjadi penyumbatan pada aliran tersebut. Penyumbatan aliran akan membuat air yang semakin membeludak dan genangan semakin meluap sehingga berubah menjadi banjir. 

Oleh sebab itu, ayo kita sadarkan diri untuk tetap merawat lingkungan sekitar dengan cara jangan membuang sampah sembarangan karena manusia sangat bergantung kepada alam sekitar.

Penegasan Kembali

Marilah kita bersama sama mengatasi bencana banjir yang datang dengan tidak menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan. Tentunya juga jangan menebang pohon sembarangan agar penyerapan air dalam tahan menjadi lancar.

  • Contoh Teks Persuasif Advertensi

Ayam Geprek kumlot, pedesnya nagih, rasanya nikmat dan harganya sangat terjangkau. Hanya Rp12.000 dapat Nasi + Ayam Geprek + Es Teh. Cepat, sebelum kehabisan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
tembung garba
Read More

Rumah Adat Indonesia

Rumah Adat Indonesia- Indonesia merupakan sebuah negara yang terletak di bagian asia tenggara. Indonesia merupakan negara yang kaya,…