Contonh Teks Nonfiksi- Kita berjumpa lagi dengan Prasstyle.com. Kali ini kita akan mengupas lengkap perihal contoh teks nonfiksi.

Apa yang dimaksud dengan teks nonfiksi? dan apa itu teks nonfiksi?. Pertanyaan ini akan terjawab tuntas pada isi artikel ini.

Di dalam artikel ini juga dilengkapi dengan pembahasan lengkap tentang teks nonfiksi bersifat apa, pengertian teks nonfiksi adalah, contoh teks nonfiksi, ciri-ciri teks nonfiksi.

Simak pembahasan lengkap tentang contoh teks nonfiksi adalah sebagai berikut :

Apakah yang dimaksud teks nonfiksi?

Pengertian Teks Nonfiksi

contoh teks nonfiksi
pinterest.com

Pengertian teks nonfiksi adalah karya tulis yang sifatnya berdasarkan fakta serta terdapat keaslian di dalamnya, ditulis berdasarkan dasar keilmuan serta bersifat informatif.

Menurut Trim (2014), contoh teks nonfiksi adalah karya tulis berbasis data valid dan fakta sebenarnya yang ditulis dengan gaya bahasa formal atau nonformal dan dapat berupa argumentasi, eksposisi, atau deskripsi.

Henry Guntur Tarigan (1991) menjelaskan, contoh teks nonfiksi tidak hanya bersifat realitas tetapi juga bersifat aktualitas. Di dalam teks nonfiksi sendiri terdapat informasi mengenai fenomena actual dan dapat dibuktikan kebenarannya.

Penulisnya karya tulis nonfiksi ini memiliki tanggung jawab terhadap keaslian dari peristiwa, kejadian, orang, atau informasi yang disampaikan dalam isi teks tersebut.

Oleh sebab itu, ketika membuat contoh teks nonfiksi atau merangkai isi cerita non fiksi perlu dibutuhkan penelitian dan riset berdasarkan informasi dan data-data yang akurat.

Karena hal ini terkait dengan keaslian dan fakta dari suatu kejadian atau permasalahan tentang hal yang ditulis di dalam teks nonfiksi tersebut.

Gaya bahasa yang dipakai di dalam cerita nonfiksi harus logis sehingga dapat diterima nalar pembaca (audien) serta bahasa yang dipakai pada penulisanya bersifat formal bukan informal.

Baca Juga : Kumpulan Contoh Teks atau Paragraf Narasi Terlengkap

Ciri Ciri Teks Nonfiksi

contoh teks nonfiksi
pinterest.com

Terdapat beberapa ciri ciri teks nonfiksi agar memudahkan kita dalam menyusun sebuah karya tulis jenis ini.

Dibawah ini ciri ciri teks nonfiksi adalah sebagai berikut :

  1. Berisi penjelasan objek tertentu secara factual atau berdasarkan fakta
  2. Menarik serta menggugah nalar pembaca dalam membacanya
  3. Bahasanya bersifat denotative dan pengertiannya tidka bersifat ganda
  4. Penjelasannya berupa fakta
  5. Dapat dilengkapi gambar, seperti grafik, table, atau diagram

Baca Juga : Tembang Macapat Lengkap dengan Penjelasannya

Jenis Jenis Teks Nonfiksi

teks
pinterest.com

Teks nonfiksi berisi fakta atau hal yang benar-benar terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Teks jenis ini dapat dijumpai pada sebuah artikel, surat kabar, atau majalah yang dikarang berdasarkan fakta dan data yang sebenarnya.

Sama halnya dengan teks anekdot singkat, contoh teks nonfiksi juga memiliki beberapa jenis.

Dibawah ini jenis jenis teks nonfiksi adalah sebagai berikut :

  • Biografi

Salah satu contoh teks nonfiksi adalah biografi. Merupakan sebuah tulisan yang membahas mengenai kehidupan seseorang. Biografi biasanya ditulis meliputi kisah tokoh dengan melibatkan narasumber lain apabila seseorang tersebut sudah meninggal.

Dalam teks biografi sendiri pembaca (audien) akan menemukan sebuah keunikan atau keteladanan pada tokoh yang ditulis pada teks tersebut.

  • Esai

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) esai merupakan karya tulis atau karangan prosa yang membahas suatu peristiwa atau kejadian secara sepintas menurut sudut pandang pribadi penulisnya.

Teks esai ditulis dengan bahasa baku dan menggambarkan opini penulis tentang subjek tertentu yang coba dinilai oleh penulis.

Dikutip dari buku Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi, kata “esai” yakni berasal dari bahasa Perancis yaitu “essay” yang bermakna mencoba atau berusaha.

Teks esai adalah suatu upaya dalam berkomukasi yang di dalamnya berisi informasi, opini, atau perasaan penulis dan umumnya teks ini memuat argumen tentang suatu topik pembahasan.

Menurut McClain dan Roth (1999) terdapat tiga hal penting dalam penulisan teks esai. Berikut adalah tiga hal penting mengenai teks esai :

  1. Bagaimana mengeksplorasi area kajian dan menyampaikan penilaian mengenai sebuah isu.
  2. Bagaimana merangkai argumen untuk mendukung penilaian tersebut berdasarkan pada nalar dan bukti.
  3. Bagaimana menghasilkan esai yang menarik dan memiliki struktur koheren.
  • Makalah

Makalah merupakan suatu karya tulis ilmiah mengenai suatu topik pembahasan tertentu dalam ruang lingkup pengetahuan. Pada isi teks makalah harus mengandung permasalahan yang membutuhkan suatu solusi penyelesaian di dalamnya.

Tujuan utama penulisan teks makalah adalah untuk meyakinkan audien bahwa topik yang ditulis dengan penalaran logis dan sistematis.

  • Kamus

Contoh teks nonfiksi selanjutnya dalah kamus. Kamus merupakan karya rujukan atau acuan dalam bentuk cetak mauun digital yang memuat kata atau ungapan, disusun menurut abjad.

Menurut Bahasa yang digunakan, kamus dibedakan menjadi tiga yaitu kamus ekabahasa, dwibahasa, dan nekabahasa. Manfaat kamus sendiri yaitu untuk mempermudah kita dalam mendapatkan definisi, arti kata, pemakaian, atau pelafalan kata.

Baca Juga : Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Beserta Pengertian, Ciri Ciri, dan Strukturnya

Struktur Teks Nonfiksi

buku
pinterest.com

Bersumber dari buku Filosofi, Teori, dan Konsep Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Dasar, terdapat tiga bagian dalam teks nonfiksi.

Dibawah ini struktur teks nonfiksi adalah sebagai berikut :

  • Orientasi

Struktur yang pertama pada contoh teks nonfiksi adalah orientasi. Pada bagian orientasi ini mengenalkan pembahasan yang akan dikaji dalam contoh teks nonfiksi yang akan diceritakan pada contoh teks orientasi. Orientasi juga berisi pengenalan tokoh yang terlibat di dalam cerita.

  • Urutan Peristiwa

Tujuan utama dari urutan peristiwa ini yaitu menjelaskan kepada pembaca agar saat membaca teks nonfiksi maupun contoh teks nonfiksi secara runtut mulai dari awal hingga akhir.

  • Reorientasi

Struktur yang terakhir adalah reorientasi yakni berisi kesimpulan suatu cerita. Biasanya berisi amanta atau pesan moral yang dapat diambil dari teks nonfiksi maupun dari contoh teks nonfiksi sekalipun.

Baca Juga : Contoh Paragraf Deduktif Lengkap dengan Pembahasanya

Langkah Menyusun Contoh Teks Nonfiksi

contoh teks nonfiksi
pinterest.com

Menurut Haryadi dan Zamzami dalam Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia (1996) memberikan tahapan pada penulisan contoh teks nonfiksi

Dibawah ini tahap atau langkah menyusun contoh teks nonfiksi adalah sebagai berikut :

  1. Pramenulis : yakni pada tahap ini penulis dapat menemukan ide gagasan yang akan dituangkan. Yaitu menentukan judul karangan, tujuan, jenis tulisan, menyusun kerangka dan mengumpulkan data data.
  2. Menulis : penulis mulai menjabarkan ide atau gagasan dalam bentuk karya tulis. Ide dan gagasan tersebut dituangkan dalam bentuk kalimat dan paragraf kemudian dirangkai menjadi sebuah karangan lengkap.
  3. Merevisi : revisi dilakukan untuk mengkoreksi isi teks pada seluruh karangan misalnya struktur karangan, typo, dan kebahasaan contoh teks nonfiksi.
  4. Mengedit : Edit dibutuhkan format baku yang akan menjadi acuan dalam penulisan. Proses pengeditan ini berupa ukuran kertas, pengaturan spasi dan menambahkan gambar atau ilustrasi.
  5. Mempublikasikan : yakni menyampaikan hasil tulisan kepada publik dalam bentuk cetakan, non cetakan, atau kedua-duanya.

Baca Juga : Contoh Teks Berita Lengkap dengan Penjelasan Secara Rinci

Contoh Teks Nonfiksi Beserta Strukturnya

contoh teks nonfiksi
pinterest.com

Dibawah ini contoh teks nonfiksi adalah sebagai berikut :

Dikutip dari mamikos.com

Contoh Teks Nonfiksi Sains

Bekicot merupakan hewan bertubuh lunak yang masuk ke dalam kelas Mollusca. Hidup di tempat lembap, bekicot sebenarnya aktif pada malam hari sehingga dikategorikan sebagai hewan nokturnal. Hewan yang memiliki cangkang untuk bersembunyi ini mudah ditemukan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan di tempat lembap.

Faktanya, hewan dengan nama ilmiah Achatina fulica ini berasal dari Afrika meskipun biasa kita temukan di sekitar rumah. Perkembangbiakan bekicot sangat cepat. Bahkan, seekor bekicot dapat mengeluarkan hingga 500 butir telur. Nantinya telur-telur tersebut menjadi siput kecil yang mandiri.

Contoh Teks Nonfiksi Tentang Peristiwa Trisakti

Tragedi Trisakti merupakan peristiwa penembakan terhadap mahasiswa pada tanggal 12 Mei 1998 ketika melakukan demonstrasi yang menuntut Soeharto untuk turun dari jabatannya.

Tragedi ini merenggut nyawa empat mahasiswa Universitas Trisakti di Jakarta, Indonesia serta puluhan lainnya cidera dan luka luka. Diantaranya yang meninggal adalah Elang Mulia Lesmana (1978-1998), Heri Hertanto (1977-1998), Hafidin Royan (1976-1998), dan Hendriawan Sie (1975-1998).

Mereka berempat tewas tertembak di dalam kampus oleh peluru tajam. Peluru tajam tersebut mengenai tubuh vital korban seperti kepala, tenggorokan, dan dada.

Peristiwa mengenaskan penembakan mahasiswa Trisakti ini juga digambarkan secara detail dan akurat oleh seorang penulis sastra dan jurnalis terkenal yaitu, Anggie D. Widowati dalam karyanya yang berjudul Langit Merah Jakarta.

Contoh Teks Nonfiksi Tentang Matematika

Ilmuwan terkenal dunia yang juga merupakan perumus teori bilangan yakni bernama Archimedes. Archimedes (287) adalah ilmuwan bidang matematika yang memiliki kontribusi besar terhadap bidang geometri dan kalkulus.

Archimedes menemukan perhitungan phi dan juga membuktikan bahwa luas lingkaran yang bisa di hitung. Rumus yang di temukan oleh Archimedes sangat berguna dan digunakan hingga saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Read More

Perbedaan Monokotil dan Dikotil

Perbedaan Monokotil dan Dikotil pada tumbuhan dapat dibedakan menjadi dua golongan berdasarkan bijinya yang berkeping satu (monokotil) dan…
contoh paragraf deduktif
Read More

Contoh Paragraf Deduktif

Contoh Paragraf Deduktif- Dunia bahasa Indonesia sangatlah luas dan mencakup banyak hal di dalamnya. Di dalamnya terdapat banyak…
buku dan pena
Read More

Contoh Paragraf Deskripsi

Contoh Paragraf Deskripsi- Dalam dunia kebahasa Indonesiaan sangat tidak asing sekali dengan istilah istilah yang ada di dalamnya.…
buku
Read More

Contoh Teks Laporan Percobaan

Contoh Teks Laporan Percobaan— Percobaan atau eksperimen dilakukan untuk memahami suatu materi. Hasil dari percobaan kemudian dituangkan dalam…