Contoh Teks Laporan Percobaan— Percobaan atau eksperimen dilakukan untuk memahami suatu materi. Hasil dari percobaan kemudian dituangkan dalam sebuah laporan. Laporan inilah yang kemudian di namakan dengan teks laporan percobaan.

Prasstyle.com akan mengulas lebih lanjut lagi mengenai contoh teks laporan percobaan di dalam artikel ini.

Artikel ini akan membahas mulai dari pengertian teks laporan percobaan, bagian dan struktur teks laporan percobaan, kaidah kebahasaan teks laporan percobaan, ciri-ciri, contoh teks laporan percobaan, serta Langkah-langkah membuat teks laporan percobaan.

Simak pembahasan berikut untuk tahu lebih lanjut mengenai contoh teks laporan percobaan.

Apa pengertian teks laporan percobaan?

Pengertian Teks Laporan Percobaan

contoh teks laporan percobaan
pinterest.com

Teks laporan percobaan adalah teks yang menceritakan tentang percobaan yang dilakukan oleh penulis beserta dengan hasil dan kesimpulannya. Teks ini berisi paparan terperinci mengenai hasil praktik, pengamatan, dan penelitian.

Contoh teks laporan percobaan juga merupakan suatu komunikasi ilmiah secara tidak langsung dengan orang lain. Tujuan teks laporan percobaan ini adalah untuk memberi tahu dan menyimpulkan mengenai hasil percobaan yang telah dilakukan.

Baca Juga : Contoh Teks Berita Lengkap Dengan Penjelasanya

Sistematika dan Struktur Teks Laporan Percobaan

buku
pinterest.com

Terdapat beberapa bagian penyusun dalam membuat contoh teks laporan percobaan. Dibawah ini struktur teks laporan percobaan adalah sebagai berikut :

Pernyataan Umum

  • Pendahuluan
  • Latar Belakang

Latar belakang berisi pengertian serta mengemukakan masalah yang diidentifikasi sebagai suatu penyebab yang perlu untuk dicari penyelesaiannya.

  • Rumusan Masalah

Memaparkan ruang lingkup peristiwa sehingga penjelasannya tidak terlalu meluas. Susunan rumusan masalah yang baik adalah disusun ke dalam bentuk kalimat tanya, berisi kalimat padat dan jelas, dan memberi petunjuk sebagai laporan pengumpulan data untuk menjawab pertanyaan pertanyaan.

  • Tujuan

Utamanya tujuan teks hasil percobaan adalah untuk mengungkapkan tujuan yang telah ditetapkan dengan mengacu pada tema yang dipilih dan sesuai dengan rumusan masalah (jawaban dari rumusan masalah).

  • Landasan Teori

Landasan teori merupakan paparan teori-teori yang dipilih. Bagian landasan teori wajib memiliki relevansi dengan alternatif penyelesaian masalah yang dipilih serta disusun secara sistematis.

Uraian

  • Alat dan bahan
  • Langkah-langkah
  • Hasil percobaan
  • Berisi paparan data hasil percobaan
  • Simpulan
  • Intisari dari hasil percobaan dan pembahasan

Baca Juga : Perbedaan dari Teks Editorial dan Teks Ulasan

Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Percobaan

contoh teks laporan percobaan
pinterest.com

Sama halnya dengan teks laporan hasil observasi, contoh teks laporan percobaan juga memiliki kaidah kebahasaan.

Kaidah kebahasaan teks laporan percobaan adalah sebagai berikut :

  • Menggunakan sinonim dan antonim

Umumnya contoh teks laporan percobaan berisi kata bersinonim dan antonim banyak ada di bagian langkah-langkah percobaan.

  • Menggunakan kata bilangan

Pada contoh teks laporan percobaan, kata bilangan biasanya digunakan untuk menggunakan jumlah bahan yang digunakan dalam percobaan.

  • Menggunakan kalimat perintah

Pada contoh teks laporan percobaan, mengandung kalimat perintah contohnya sebaiknya, hindari, campurkan, satukan, aduklah, lilitkan, dan lain sebagainya. Kata-kata dengan partikel -kan dan -lah.

  • Menggunakan kata hubung/ konjungsi

Pada contoh teks laporan percobaan sering dijumpai kata hubung contohnya dan, tetapi, apabila, saat, jika, sehingga, meskipun, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Kumpulan Contoh Teks atau Paragraf Narasi

Ciri-Ciri Teks Laporan Percobaan Singkat

buku
pinterest.com

Ciri-ciri teks laporan percobaan adalah sebagai berikut :

  1. Melaporkan hasil percobaan
  2. Diawali dengan memaparkan tujuan percobaan
  3. Melengkapi bahan dan alat yang diperlukan untuk melasanakan percobaan
  4. Memperhatikan prosedur melaksanakan percobaan dan melakukan pengamatan
  5. Memaparkan pencatatan hasil percobaan
  6. Berkahir dengan kesimpulan hasil percobaan berdasarkan analisis data hasil pengamatan

Baca Juga : Tembang Macapat Lengkap dengan Penjelasannya

Contoh Teks Laporan Percobaan Singkat

contoh teks laporan percobaan
pinterest.com

Berikut merupakan contoh teks laporan percobaan tentang makanan dan minuman :

Mengetahui Kadar Vitamin C pada Makan/Minuman

Vitamin adalah suatu zat organik yang diperlukan tubuh sebagai pengaturan proses fisiologis tubuh. Walaupun diperlukan dalam jumlah sedikit tetapi fungsinya tidak dapat

digantikan dengan zat-zat lainnya. Vitamin C banyak terdapat pada buah-buahan dan sayuran berwarna hijau. Kekurangan vitamin C mengakibatkan skorbutum, pendarahan pada kulit, kerusakan sendi, dan gusi. Untuk menguji kandungan vitamin C pada bahan makanan dapat menggunakan larutan amilum iodida atau biasa juga menggunakan betadine.

Tujuan dilakukannya percobaan tersebut adalah mengetahui kadar kandungan vitamin C yang terdapat dalam sampel makanan/minuman yang diuji.

Percobaan ini menggunakan bahan berupa

  1. jeruk nipis
  2. jambu merah
  3. tomat
  4. air
  5. amilum iodida (betadine)
  6. vitamin C tablet
  7. minuman sari buah

Peralatan yang digunakan adalah

  • pipet tetes
  • tabung reaksi
  • mortar dan penumbuknya

Langkah-langkah Percobaan

  1. Ambil ekstrak dari bahan-bahan seperti jeruk nipis, jambu merah, dan tomat, dan buatlah vitamin c tablet menjadi larutan
  2. Isilah setiap tabung reaksi dengan amilum iodide sebanyak 1ml
  3. Teteskan ekstrak atau larutan bahan makanan tadi ke masing-masing ke satu tabung reaksi
  4. Catatlah berapa tetes yang diperlukan agar larutan amilum iodida menjadi jernih

Hasil Percobaan

Diketahui bahwa semakin banyak jumlah tetesan yang diperlukan maka semakin sedikit kandungan vitamin C pada bahan makanan tersebut.

contoh teks laporan percobaan
Prasstyle.com

Berikut adalah urutan bahan makanan dari yang paling tinggi kandungan vitamin C sampai terendah berdasarkan hasil percobaan.

  1. Ekstrak jambu biji
  2. Vitamin C tablet
  3. Sari buah tomat
  4. Sari jeruk nipis
  5. Minuman sari buah
  6. Saus tomat

Kesimpulan

Berdasarkan percobaan beberapa bahan makanan yang dicurigai mengandung vitamin C, diketahui bahwa kandungan vitamin C dari buah jambu biji merah paling tinggi di antara bahan makanan lain yang kami uji kadar vitamin C.

Selain itu, diketahui bahwa kadar vitamin C dalam minuman sari buah yang dinyatakan mengandung 100% vitamin C, ternyata kadar vitamin C nya hanya 11, 8% atau tidak sesuai dengan informasi nilai gizi yang tercantum pada kemasan produk.

Perlu diketahui bahwa lebih baik mengonsumsi bahan makanan alami yang mengandung vitamin C, seperti jeruk nipis, tomat, dan jambu biji merah lebih baik dikonsumsi daripada bahan makanan yang telah tercampur dengan zat aditif (buatan).

Sumber

akupintar.id

ruangguru.com

Suryaman, E. D., 2018. Aku Mencoba, Aku Bisa (Teks Laporan Percobaan). Kalimantan Selatan: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Read More

Contoh Teks Eksplanasi

Dewasa ini, kamu akan menemui banyak referensi bacaan dari media cetak maupun media sosial mengenai jenis-jenis teks yang…
buku dan pena
Read More

Contoh Paragraf Persuasi

Contoh Paragraf Persuasi- Sering kita temui dalam bahasa Indonesia adalah istilah istilah penting yang merupakan materi pembelajaran yang…