Dewasa ini, kamu akan menemui banyak referensi bacaan dari media cetak maupun media sosial mengenai jenis-jenis teks yang ada dalam kaidah Bahasa Indonesia. Tak terkecuali jenis teks yang satu ini, yaitu contoh teks eksplanasi.

Jenis teks ini sangatlah menarik apabila kamu pelajari lebih mendalam. Baik di kalangan siswa maupun mahasiswa dapat mempelajari materi ini dengan mudah. Oleh karena itu perlu bagi kamu untuk memperdalam pengetahuan mengenai teks yang satu ini.

Berikut beberapa ulasan yang dapat kamu simak mengenai contoh teks eksplanasi singkat.

Lets start!

Pengertian Contoh Teks Eksplanasi Singkat

contoh teks eksplanasi
pinterest.com

Contoh teks eksplanasi singkat secara etimologi, ekspalansi diambil dari bahasa Inggris yakni eksplanation yang artinya adalah keterangan atau penjelasan. Sedangkan secara istilah, yaitu suatu paragraf yang memuat informasi tentang suatu tahapan “mengapa” dan “bagaimana” yang meliputi setiap peristiwa. Peristiwa atau fenomena tersebut dapat berupa peristiwa alam, ekonomi, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, dan sebagainya.

Singkatnya, Contoh teks eksplanasi singkat adalah tulisan yang memberikan penjelasan terkait fenomena atau peristiwa yang terjadi di sekitar kita. Menggunakan pola hubungan sebab, akibat, dan proses. Kamu dapat menentukan pola nya melalui aspek “mengapa” dan “bagaimana”.

Di samping itu, ada juga contoh teks eksplanasi singkat. Sesuai namanya, teks ini berisi uraian singkat mengenai informasi fenomena atau kejadian alam, sosial, ekonomi, budaya, dan ilmu pengetahuan. Fungsinya sama, hanya saja teks ini disajikan dengan lebih singkat, padat, dan jelas.

Baca Juga: 

Ciri Ciri Teks

contoh teks eksplanasi
pinterest.com

Sama seperti jenis teks lainnya, contoh teks eksplanasi singkat tentu memiliki ciri khusus yang akan membedakan teks eksplanasi dengan teks lainnya seperti contoh teks persuasif atau contoh teks negosiasi. Dari ciri-ciri tersebut, pembaca akan mudah menganalisa jenis teks apa yang ia baca dan mengerti apa tujuannya. Lalu, apa saja ciri-ciri nya?

Contok Teks Eksplanasi Singkat Memiliki Ciri-Ciri Sebagai Berikut:

  • Informasi yang disampaikan berlandaskan data fakta atau faktual
  • Topik yang dibahas bersifat ilmiah
  • Memiliki 3 struktur berupa: pernyataan umum, sebab akibat, dan interpretasi
  • Normatif dan tidak mengarah pada unsur persuasif
  • Menggunakan kata atau kalimat penanda urutan (sequence marks) seperti pertama, kedua, ketiga, dan terakhir.
  • Berfokus pada sesuatu yang bersifat umum. Bukan perorangan (tsunami, banjir, tanah longsor, budaya, pendidikan, ekonomi dan lain-lain.)

Itulah ciri-ciri dari contoh teks eksplanasi singkat yang bersifat memberi informasi. Teks ini tidak berpacu dalam mempengaruhi pembaca untuk mempercayai tulisan yang disampaikan. Melainkan teks eksplanasi murni sebagai teks yang informatif.

Struktur Contoh Teks Eksplanasi Singkat

teks
pinterest.com

Contok teks eksplanasi singkat juga memiliki struktur atau pembangun teks di dalamnya. Supaya teks dapat mudah dipahami dan dicerna dengan baik. Tanpa struktur, teks akan menjadi tidak terkondisikan dan terkesan rancu. Struktur dalam teks akan berpengaruh besar dalam menentukan jenis teks. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan struktur teks agar tulisan yang kamu buat mudah dipahami dan mudah dimengerti apa jenis dan tujuannya.

Contoh Teks Eksplanasi Beserta Strukturnya Sebagai Berikut:

1. Yang pertama adalah pernyataan umum yang memuat penjelasan mengenai suatu topik dan proses terjadinya suatu peristiwa. Pada bagian ini, kamu akan disajikan dengan penjelasan secara global dari teks yang akan kamu baca.

2. Kedua adalah sebab dan akibat yang memiliki peran dalam menjelaskan suatu tahapan seputar peristiwa. Memiliki pola yang tersusun dan bertahap yakni dari awal sampai akhir.

3. Yang terakhir adalah interpretasi, bagian ini akan memberikan pernyataan mengenai topik yang dibahas atau memberikan kesimpulan dari informasi yang disampaikan.

Dilihat dari bagian-bagian penyusunnya, contoh teks eksplanasi singkat memiliki tiga bagian yang berperan untuk mendukung fungsi dari teks tersebut. Dan dari bagian-bagian ini akan menjadi sebuah uraian yang mudah untuk di pahami.

Bagian-bagian tersebut hampir sama dengan struktur teks eksplanasi. Yakni pernyataan umum sebagai pembuka, sebab akibat sebagai isi, dan interpretasi sebagai penutup. Fungsinya pun juga sama.

Baca Juga: Jenis Jenis Paragraf Berdasarkan Tujuan & Contoh

Contoh Contoh Teks Eksplanasi Singkat

contoh teks eksplanasi
pinterest.com

Setelah memahami pengertian, ciri-ciri, dan struktur teks eksplanasi kamu akan lebih mudah untuk membuat teks eksplanasi. Contoh teks eksplanasi singkat sangat beragam jenisnya. Kamu dapat melihat dari sekeliling mu dan cobalah untuk mencari celah-celah kesempatan untuk mencari topik atau pembahasan yang ingin kamu jadikan bahan untuk membuat teks eksplanasi.

Terdapat banyak sekali jenis teks eksplanasi yang dapat kita jumpai di sekeliling kita. Misalnya contoh teks eksplanasi sosial, bencana alam, budaya, bahkan contoh teks eksplanasi pendidikan pun juga ada.

Berikut dibawah ini contoh teks eksplanasi singkat.

A. Contoh Teks Eksplanasi Singkat Fenomena Alam

1. Contoh Teks Eksplanasi Singkat Gunung Meletus

Pernyataan Umum

Gunung meletus disebabkan oleh adannya endapan magma yang berada di perut bumi. Gas di dalam perut bumi disemburkan dengan kekuatan yang besar. Letusan gunung api adalah salah satu bencana alam yang sangat luar biasa.

Ada banyak sekali gunung yang aktif di Indonesia. Daftar gunung berapi aktif di Indonesia antara lain adalah gunung Krakatau, gunung Merapi, gunung Tambora, gunung Toba, gunung Kerinci, dan masih banyak lagi.

Rangkaian Peristiwa

Karena terdapat hubungan langsung dengan batas dari lempeng bumi, sebagian besar aktivitas gunung berapi berkesinambungan dengan zona gempa yang aktif. Salah satu tanda yang dapat dikenali sebelum terjadinya gunung meletus adalah terdapat aktivitas seperti perubahan suhu dan tekanan yang signifikan pada lempeng bumi. Sehingga hal itu mengakibatkan berbagai material keras di sekelilingnya meleleh. Pada umumnya manusia menyebutnya sebagai magma pijar.

Material-material yang berada di dekatnya di instruksi oleh magma lewat rekahan-rekahan yang mendekati permukaan bumi. Magma atau cairan pijar terbentuk didalam perut bumi karena suhu yang sangat panas. Dengan adanya material-material dan gas-gas tersebut dikirimkan. Sehingga gas tersebut bercampur dengan magma.

Pembentukan magma terjadi pada kedalaman sekitar 60 hingga 120 KM dari bawah permukaan bumi. Di sekeliling kawah terdapat magma yang mengandung gas. Letak magma tersebut berada di bawah tekanan batuan.

Penjelasan Sebab Akibat

Akibat dari tekanan tersebut terjadilah gunung meletus dan mengeluarkan magma. Magma ini mengalir dari perut gunung menuju permukaan bumi. Gas dan magma secara bersamaan meledak dan menciptakan lubang. Lubang ini disebut sebagai lubang utama.

Dari lubang ini biasanya materi-materi vulkanik di semburkan. Ketika semburan telah selesai, umumnya di area puncak gunung berapi terlihat seperti ada mangkok yang sebenarnya mangkok ini adalah kawah. Selain itu lubang utama yang telah disebutkan tadi terdapat di dasar kawah itu. Adanya letusan gunung berapi mengakibatkan dampak yang positif dan negatif bagi masyarakat.

Dampak positifnya adalah letusan dari gunung berapi membuat tanah menjadi lebih subur karena unsur hara yang ada di dalam tanah keluar. Selain itu, material-material dari perut bumi bisa digunakan sebagai mata pencaharian masyarakat sekitar. Biasanya dijadikan sebagai sumber daya air dan juga wisata alam energi panas bumi.

Sedangkan untuk dampak negatif nya adalah efek langsung ataupun efek tidak langsung yang bisa dirasakan oleh semua makhluk hidup. Untuk efek langsungnya berupa bahaya dan ancaman bagi makhluk hidup karena gunung berapi mengeluarkan gas beracun, awan panas, serta jatuhan piroklastik.

Sedangkan efek tidak langsungnya adalah seperti rusaknya kawasan perkebunan, adanya hujan lahar dingin serta menimbulkan berbagai macam penyakit. Misalnya adalah penyakit pada saluran pernapasan.

Interpretasi

Maka dari itu, sampai saat ini saat salah satu bencana yang sangat mengerikan bagi masyarakat ialah gunung meletus. kehebatan dari letusan gunung berapi bisa memecah pulau dan menciptakan danau di sekitar nya.

Baca Juga: Ciri-ciri Pantun & Contohnya

2. Contoh Teks Eksplanasi Singkat Sampah

Pernyataan Umum

Sampah adalah benda buang atau limbah yang telah tidak dimanfaatkan lagi. Keberadaan sampah sangat mengganggu kesehatan masyarakat di sekitarnya. Jenis sampah di klasifikasi menjadi 2 macam yaitu sampah organik dan sampah non-organik.

Sampah organik adalah sampah yang dapat dengan mudah terurai oleh bakteri. Misalnya aneka sayuran, daun kering, dan berbagai makanan sisa. Manfaat yang dapat di ambil dari sampah organik yaitu sebagai pupuk kompos atau pupuk untuk tumbuhan.

Sedangkan sampah anorganik adalah jenis sampah yang sangat sulit diuraikan, bahkan ada beberapa jenis sampah anorganik yang membutuhkan waktu sampai puluhan bahkan ratusan tahun agar dapat hancur dengan tanah. Misalnya adalah plastik, botol, kaleng dan sejenisnya.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi sampah non-organik yaitu dengan diolah atau didaur ulang. Benda-benda tersebut bisa menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual yang tinggi.

Penjelasan Sebab Akibat

Sampah termasuk salah satu fenomena yang sering kali kita jumpai di sekitar lingkungan masyarakat. Awal mulanya sampah-sampah berserakan di sekeliling kita. Akan tetapi sampah itu menimbulkan dampak yang bisa dirasakan. Misalnya saja tanah longsor, banjir, dan sumber penyakit.

Sampah yang terus dibiarkan menumpuk bisa menimbulkan sesuatu yang fatal. Udara di sekitarnya akan tercemar dan menimbulkan berbagai macam penyakit seperti muntaber dan DBD. Bahkan sampah bisa menimbulkan bencana yang besar seperti tanah longsor dan banjir.

Sampah yang dibuang ke sungai akan membuat sungai menjadi dangkal dan air sungai tersebut akan meluap. Hasil dari luapan air sungai ini akan menyulitkan kita untuk melaksanakan kegiatan dan segala rutinitas.

Interpretasi

Jika kita memiliki kebiasaan membuang sampah sembarangan, akan banyak sekali dampaknya. Oleh karena itu, sebagai makhluk sosial yang memiliki keinginan untuk sejahtera marilah bersama-sama menjaga lingkungan di sekitar kita!

Mulailah dahulu dengan hal yang kecil, seperti membuang sampah pada tempatnya. Jenis sampah organik bisa dijadikan kompos atau pupuk bagi tanaman. Sedangkan sampah non-organik bisa diolah kembali menjadi barang kerajinan yang memiliki nilai jual yang tinggi.

3 Contoh Teks Eksplanasi Singkat Banjir

Pernyataan Umum

Banjir merupakan peristiwa fenomena alam yang terjadi ketika kapasitas air yang berlebihan merendam daratan. Biasanya banjir datang secara tiba-tiba dan mengalir deras sehingga menghanyutkan benda-benda dan merusak sekitarnya. Banjir dapat menyebabkan beragam masalah seperti dalam bidang ekonomi, sosial, dan merusak sarana prasarana yang ada.

Rangkaian Peristiwa

Tentu sudah kita ketahui bersama mengenai banjir, bahwa terjadinya banjir akibat dari beberapa penyebab. Penyebab umum terjadinya banjir karena curah hujan yang tinggi di suatu daerah sehingga air sungai tidak bisa menampung kapasitas air seperti biasanya dan akhirnya meluap.

Sampah yang menumpuk di sungai karena dibuang sembarangan oleh manusia juga dapat mengakibatkan banjir karena sungai menjadi dangkal dan aliran air terhambat oleh sampah.

Penjelasan Sebab Akibat

Hutan yang gundul akibat penebangan liar juga menjadi faktor timbulnya bencana banjir. Karena, akar pohon yang semestinya berfungsi sebagai penyerap air, justru di musnahkan. Sehingga air tidak terserap baik oleh tanah dan akan menggenang di daratan.

Kita ambil misal di kota Jakarta, banyak sekali pemukiman warga yang terdapat di bantaran sungai. Rumah yang berada di bantaran sungai juga menjadi salah faktor penyebab terjadinya banjir. Karena tanah mungkin bisa saja longsor dan menutupi sisi sungai.

Kemudian, faktor lain penyebab terjadi banjir juga disebabkan oleh bendungan yang jebol karena lingkungan yang kurang terawat. Bendungan yang jebol pun juga memiliki sebab, karena curah hujan yang terlalu tinggi sehingga bendungan tidak mampu menampung kapasitas air dan akhirnya rusak atau jebol.

Interpretasi

Dampak yang dapat diakibatkan oleh bencana banjir dibagi menjadi 3, yakni dampak primer, dampak sekunder, dan dampak tersier (jangka panjang).

Dampak Primer : Seperti kerusakan fisik berupa mobil, bangunan, jembatan, jalan raya, fasilitas umum sarana prasarana, dan lain-lain.

Dampak Sekunder: Seperti kurangnya ketersediaan air, munculnya wabah penyakit, penghambatan pada bidang pertanian dan kesediaan pangan, dan transportasi.

Dampak Tersier/Jangka Panjang: Ekonomi menjadi sukar karena penurunan secara drastis jumlah wisatawan, kelangkaan ketersediaan makanan, dan biaya rekonstruksi. Dan oleh karena itu kami mengajak agar kita lebih tertib lagi dalam membuang sampah, jangan sampai membuang sampah di area sungai yang justru bisa mengakibatkan banjir. Be a smart human!

Baca Juga: Ciri-ciri Kalimat Efektif & Contohnya

B. Contoh Teks Eksplanasi Singkat Bencana Alam

Pernyataan Umum

Gempa bumi adalah getaran yang disebabkan oleh pergerakan formasi batuan bumi. Getaran dari dasar permukaan bumi. Gempa bumi sering terjadi di beberapa daerah. Daerah-daerah tersebut adalah daerah sekitar gunung berapi aktif serta daerah pesisir dan daerah lautan yang luas.

Penjelasan Sebab Akibat

Akibat pergeseran atau pergerakan strata bumi pada letusan gunung berapi yang cukup kuat, akhirnya akan menimbulkan gempa bumi. Tidak hanya itu, kecepatan perhitungan gempa sangat cepat, dan dampaknya terhadap lingkungan sekitar juga sangat besar. Getaran seismik yang sangat kuat kemudian merambat ke segala arah, akhirnya meratakan semua bangunan. Bahkan akibat dari kejadian tersebut dapat menimbulkan korban jiwa.

Dilihat dari penyebabnya, gempa bumi dibagi menjadi dua jenis, yaitu gempa vulkanik dan gempa tektonik. Penyebab gempa vulkanik adalah letusan gunung berapi. Dibandingkan dengan gempa tektonik, gempa vulkanik sangatlah jarang terjadi. Sedangkan, gempa tektonik adalah melemahnya lapisan bumi dan dapat mengalami pergerakan atau transformasi.

Menurut teori lempeng tektonik, ada beberapa formasi buatan manusia di bumi. Di sebagian besar wilayah yang tertutup oleh kerak bumi, ia akan mengapung di lapisan seperti salju.

Intrepretasi

Tidak mengenal musim, gempa bisa terjadi kapanpun dan dimanapun. Walau begitu, gempa sering terjadi di daerah-daerah tertentu saja. Misalnya adalah pada perbatasan plat pasifik. Karena sebagian besar kawasan tersebut dikelilingi oleh gunung berapi. Oleh karena itu tempat tersebut dinamakan dengan lingkaran api.

C. Contoh Teks Eksplanasi Singkat Kebakaran Hutan

Pernyataan Umum

Kebakaran hutan adalah peristiwa fenomena alam yang terjadi akibat reaksi oksidasi eksotermis yang berlangsung dengan cepat. Dari suatu bahan bakar yang disertai dengan timbulnya api baik yang disengaja maupun tidak disengaja di daerah hutan.

Penjelasan Sebab Akibat

Umumnya disebabkan oleh dua faktor. Yang pertama kebakaran hutan dapat terjadi karena unsur kesengajaan yang dilakukan manusia. Dan yang kedua merupakan unsur ketidaksengajaan yang diakibatkan oleh alam. Kebakaran yang sengaja dilakukan oleh manusia biasanya untuk membuka lahan baru agar dapat digunakan untuk menanam tumbuhan yang mereka inginkan.

Sedangkan dari faktor alaminya, kebakaran hutan dapat terjadi karena kemarau panjang, ranting-ranting dan dahan pohon yang saling bergesekan lama-kelamaan akan menimbullkan percikan api dan secara tidak langsung akan terjadilah kebakaran.

Kebakaran memiliki dampak yang negatif pada bumi ini. Selain mengganggu stabilitas penglihatan dan kesehatan tubuh, kebakaran juga dapat merusak lapisan atmosfer karena gas yang ditimbulkan karena hasil pembakaran itu sendiri.

Interpretasi

Setelah mengetahui dampak negatif yang dapat disebabkan oleh kebakaran sebaiknya kita semakin berhati-hati dan dilarang keras membakar hutan hanya untuk membuka lahan baru. Agar generasi kita di masa depan dapat tetap merasakan nyaman dibawah lapisan pelindung atmosfer bumi yang masih optimmal.

D. Contoh Teks Eksplanasi Singkat Lingkungan Sekolah

Pernyataan Umum

Menjaga kebersihan dan ketertiban lingkungan sekolah merupakan tanggung jawab dari seluruh warga sekolah seperti jajaran guru, siswa, petugas kebersihan dan keamanan. Semua pihak harus terlibat karena manfaat dari lingkungan sekolah yang bersih tentu akan mencakup pada seluruh warga sekolah tanpa terkecuali.

Penjelasan Sebab Akibat

Setiap warga sekolah diwajibkan menjaga kebersihan sekolah karena lingkungan sekolah yang bersih akan menciptakan kondisi yang kondusif pula bagi seluruh warga sekolah dalam belajar. Lingkungan sekolah yang bersih tentunya akan menambah rasa nyaman ketika belajar. Tidak akan mencium aroma yang tidak sedap dari sampah, lingkungan yang cenderung lembab, maupun sampah yang berserakan dimana-mana.

Interpretasi

Oleh karena itu, wajib bagi kita sebagai warga sekolah untuk menjaga kebersihan sekolah. Tanpa sekolah yang bersih, sulit bagi kita mencapai prestasi setinggi-tingginya.

Setelah kamu memahami makna, struktur, dan ciri-ciri serta contoh teks eksplanasi. Kamu akan lebih mudah untuk membuat dan mengidentifikasi nya. Jadi, bagaimana? Tidak sulit bukan? Semoga bermanfaat dan have a nice learning!

Semoga bertambah ilmu dan pengetahuan kamu tentang contoh teks eksplanasi singkat di atas. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
kerajinan dari kain perca
Read More

Kerajinan dari Kulit Telur

Kerajinan dari Kulit Telur- Protein merupakan zat gizi yang dibutuhkan untuk proses metabolisme dan pada tubuh. Nutrisi ini…
Read More

Ciri-ciri Pantun & Contohnya

Ciri-ciri Pantun & Contohnya- Pantun adalah sebuah puisi lama yang memiliki ciri khasnya yang unik. Tentu bagi kita…
contoh teks berita
Read More

Contoh Teks Editorial

Contoh Teks Editorial- Banyak sekali di jumpai dalam berbagai karya tulis istilah istilah asing yang sangat jarang kita…