Contoh Teks Anekdot Singkat- Di lihat dari berbagai sudut pandang, Bahasa indonesia adalah salah satu bahasa yang sangat kaya. Di dalamnya mengandung banyak sekali istilah istilah asing.

Istilah istilah asing ini tentunya banyak yang sudah di ketahui dan tidak sedikit juga yang belum pernah di jumpai. Baik itu dalam sebuah percakapan biasa ataupun pada sebuah teks dalam karya tulis.

Istilah merupakan frasa atau gabungan kata yang digunakan sebagai pemberian nama pada sebuah subjek dengan isi mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat tertentu.

Dalam bahasa yang kaya ini terdapat beberapa istilah yang dijadikan sebuah materi pembelajaran bagi siswa. Khususnya bagi siswa sekolah dasar, menengah, atas, hingga perguruan tinggi sekali pun.

Salah satu contohnya adalah Deskripsi, Nasari, Eksplanasi dan lain sebagainya. Untuk itu, Prasstyle.com kali ini akan membahas secara tuntas perihal istilah istilah asing dalam pembelajaran tersebut.

Dalam artikel ini, kita akan kupas bersama sama tentang contoh teks anekdot singkat, ciri ciri teks anekdot, pengertian teks anekdot adalah, contoh teks anekdot beserta strukturnya, struktur teks anekdot, dan masih banyak lagi yang akan kita bahas.

Untuk itu simak pembahasan pada artikel ini hingga tuntas sehingga kamu dapat memahami secara detail dan mampu menyusun contoh teks anekdot beserta strukturnya dengan baik dan benar.

Penjelasan tentang contoh teks anekdot singkat ada di bawah ini 🙂

Baca Juga : Contoh Teks Biografi Para Tokoh Penting Di Dunia

Pengertian Teks Anekdot Adalah

contoh teks anekdot singkat
pinterest.com

Sebelum melangkah pada pembahasan anekdot alangkah baiknya kita bahas terlebih dahulu apa penjelasan tentang teks.

Teks merupakan kumpulan kata atau frasa yang di gabung menjadi satu dan memiliki subjek, predikat, objek, dan keterangan.

Apa itu teks anekdot? dan apa pengertian teks anekdot singkat?

Pengertian teks anekdot adalah teks atau sebuah karangan yang memuat tentang cerita singkat, menarik, lucu, dan mengesankan. Contoh teks anekdot singkat umumnya berdasarkan kisah atau pengalaman hidup seseorang atau dongeng semata.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), teks anekdot adalah suatu karya tulis berupa cerita singkat yang memiliki maksud tertentu dengan dilengkapi lelucon yang membuat orang terkesan.

Umumnya teks ini membahas orang penting atau tokoh terkenal yang berdasarkan peristiwa sebenarnya (valid).

Dapat diartikan bahwa contoh teks anekdot singkat adalah teks yang berisi karangan atau dapat juga berisi fakta tentang pengalaman hidup seseorang yang menceritakan hal yang lucu dan mengesankan.

Teks anekdot adalah salah satu teks yang ditulis secara singkat dan langsung tertuju pada inti pembicaraan tanpa bertele tele pada awalan teks nya.

Contoh teks anekdot singkat tersebut sering difungsikan sebagai alat penyampaian kritik berupa sindiran yang disampaikan secara tertulis terhadap suatu peristiwa yang menyangkut khalayak umum atau tokoh tertentu.

Penyampaian kritik melalui contoh teks anekdot singkat ini diharapkan tidak kasar, tidak rasis, atau menyakiti hati orang lain serta berkesan candaan dan lelucon semata.

Walaupun menkritik, teks anekdot ini banyak mengandung pesan moral di dalamnya dan amanat sebuah kebenaran pada kejadian tersebut. Oleh sebab itulah teks anekdot banyak disukai orang karena, memiliki tujuan menghibur walaupun memuat kritikan tertentu.

Baca Juga : Contoh Teks Prosedur Sederhana Terlengkap

Ciri Ciri Teks Anekdot Singkat

contoh teks anekdot singkat
pinterest.com

Apa itu ciri ciri contoh teks anekdot singkat? Sebutkan ciri ciri teks anekdot?

Perlu kamu ketahui, setiap istilah dalam bahasa Indonesia pasti memiliki ciri ciri khusus. Sebagai contohnya adalah ciri ciri paragraf argumentasi dan lain sebagainya.

Begitu juga dengan ciri ciri teks anekdot dimana ciri ciri ini merupakan penentu sebuah teks dan pembeda dengan istilah bahasa Indonesia lainya.

Dibawah ini ciri ciri teks anekdot adalah sebagai berikut :

  1. Teks anekdot mengandung kesan humor dan lelucon
  2. Teks anekdot bersifat menghibur atau menggelitik kelucuan pada teks
  3. Bersifat menyindir
  4. Bisa jadi mengenai orang penting
  5. Terdapat tujuan tertentu
  6. tesk cerita hampir mirip cerita dongeng
  7. Menceritakan karakter hewan dan manusia sering terhubung secara umum dan realistis.

Baca Juga : Contoh Paragraf Argumentasi Paling Lengkap Beserta Penjelasanya

Struktur Teks Anekdot Adalah

buku
pinterest.com

Berdasarkan penulisan nya terdapat struktur yang berguna sebagai pembangun teks anekdot. Struktur teks anekdot adalah salah satu pelengkap agar paragraf anekdot yang kamu buat terlihat sempurna.

Berikut adalah contoh teks anekdot singkat beserta strukturnya :

  • Judul : Merupakan inti subjek yang akan di bahas. Judul ini dibuat semenarik mungkin agar memunculkan minat baca dari audien. Judul ini singkat saja dan langsung merujuk pada subjek utama.
  • Abstrak : Pada bagian ini berada di awalan teks yang memberikan gambaran mengenai isi teks.
  • Orientasi : Berisi alur kejadian utama yang menceritakan penjelasan latar belakang terjadinya sebuah peristiwa.
  • Krisis : Pada bagian krisis temponya sedikit naik karena pada bagian ini mulai muncul permasalahan.
  • Reaksi : Reaksi adalah bagian penurunan pada contoh teks anekdot singkat. Reaksi menceritakan peristiwa subjek dalam menyelesaikan masalahnya
  • Koda : Struktur koda adalah bagian terakhir yang berisi kesimpulan dalam cerita tersebut. Dapat juga berisi pesan moral atau amanat dalam cerita.

Baca Juga : Contoh Paragraf Eksposisi++ (Pengertian, Ciri Ciri, dan Strukturnya)

Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot Singkat

contoh teks anekdot singkat
pinterest.com

Kaidah ini merupakan kebahasaan dalam penulisan teks anekdot. Cara mengevaluasi teks anekdot biasanya dilihat dari aspek kaidah kebahasaan ini.

Contoh teks anekdot yang baik adalah teks yang memiliki struktur pembangun yang runtut dan kaidah kebahasaan yang rapi.

Terdapat dua macam isi dari contoh teks anekdot singkat ini yaitu tersurat dan tersirat. Untuk jenis yang tersurat merupakan isi yang ditulis secara harfiah dan dapat dibaca langsung pada teks anekdot.

Sedangkan jenis tersirat merupakan isi teks anekdot yang berhubungan dengan situasi dan kondisi masyarakat pada umumnya atau peristiwa tokoh penting dalam masyarakat.

Simak kaidah kebahasaan teks anekdot adalah sebagai berikut :

  1. Harus menunjukan waktu lampau (masa lalu)
  2. Memakai konjungsi atau kata penghubung pada setiap teksnya
  3. Memakai frasa verba contohnya membaca, tertawa, terpaku, membaca, sedih dan lain lain
  4. Teks anekdot ditulis beruntutan secara kronologis
  5. Terdapat pertanyaan retorik
  6. Memakai kalimat perintah. Dapat di akhiri dengan tanda seru atau pun tidak

Baca Juga : Contoh Paragraf Persuasi Terlengkap (Pengertian, Ciri Ciri dan Kaidah Kebahasaan)

Contoh Teks Anekdot Singkat

gambar pemandangan
pinterest.com

Kita sampai pada ujung dan inti pembahasan kali ini yaitu contoh teks anekdot singkat. Dibawah ini memuat contoh teks anekdot singkat beserta strukturnya dan juga dapat menjadi referensi buat kamu sekalian.

Berikut contoh teks anekdot singkat beserta strukturnya :

  • Contoh Teks Anekdot Singkat Tentang Covid 19

Pemerintah terus mengupayakan jalanya kesuksesan vaksinasi covid 19 untuk seluruh masyarakat dalam rangka mengurangi dan mencegah penularan virus covid 19 di Indonesia. Vaksin yang telah tersebar memang sudah terbukti memberikan hasil maksimal pada kekebalan tubuh. Namun efek samping yang dirasakan penerima vaksin sangat beragam, sehingga muncul banyak persepsi negatif dan positif. Ketika vaksin masih gratis banyak yang menolak dan enggan untuk melakukan vaksin. Giliran butuh, harus bayar dan bergontokan ingin duluan di vaksin. Pada ujungnya sama saja tetap protes kepada pemerintah karena mahal dan mencekik rakyat. Memang serba salah deh pokoknya.

  • Contoh Teks Anekdot Singkat dan Lucu

Penjual kue menjajakan dagangan ketika menjelang pagi.
“Bu, mau beli Kuenya!” panggil ibu komplek dengan mengenakan daster hijaunya.
“Pilih yang mana, donat atau manisan?” Tanya si pedagang.
Ibu tersebut diam sambil melongo cukup lama. 
“Enggak deh bu. Tadi katanya jual kue, kenapa sekarang jadi manisan?”

  • Contoh Teks Anekdot Singkat Tentang Lingkungan

Akhir pekanku kemarin sangat menyenangkan. Aku menghadiri seminar nasional yang dibawakan oleh pemateri terkenal dengan tema “Jaga Bumi, Jaga Indonesia”. Selain terkenal, aku sangat antusias karena pematerinya adalah orang yang pandai, ganteng, manis lagi. Narasumber tersebut berkata demikian “Jika membahas indonesia maka tidak akan habis oleh pesona dan keindahan alam negeri kita ini”.

  • Contoh Teks Anekdot Sindiran

Pos ronda saat itu sedang ramai. Mereka menonton televisi dan melihat kasus pencurian gas elpiji 3 kg yang dipenjara 5 tahun. “Gitu doang 5 tahun, koruptor negeri ini aja cuma dipenjara 1 tahun, masih bisa holiday juga.” Ucap bahlul bingung. “yahh begitulah, pemerintah lebih mementingkan gas elpijidari pada koruptor, Jadi hukumannya lebih lama dari koruptor, begitu.” Jawaban pak dhe Tejo membuat bahlul mengangguk paham sambil tersenyum tipis.

  • Contoh Teks Anekdot Dialog

“Bu, mau beli gorengan!” panggil Dio.
“Pilih yang mana, donat atau manisan?” Tanya si pedagang.
Dio terpaku diam sambil melongo melihat dagangan ibu penjual. 
“Lah, jualan gorengan kok nawarin kue?”

Contoh Teks Anekdot Singkat Bahasa Jawa

A : “Lek, iki semongkone sekilo regane piro?”
B : “Sepuluh ewu sekilo, yuu. Uabang ikilo, tak jamin manis pol!”
A : “biyuh larange. Semongko sak upil wae sepuluh ewu. Gone yu sri wae pitung ewu, kok.”
B : “Lha, nek iki gedine sak upil terus irunge sepiro yuu?”
A : “………”

Baca Juga : Tembang Macapat Lengkap dengan Penjelasannya

  • Contoh Teks Anekdot Singkat Tentang Politik

Andi : “Bal, enak ya politisi sekarang, hartanya melimpah, Sangking kayanya politisi sekarang, mereka mampu memiliki baju termahal di Indonesia.”
Iqbal : “Maksudnya?”
Andi : “Yah ituu, apalagi kalau bukan baju tahanan KPK, upss hehehehe.”

  • Contoh Teks Anekdot Singkat Tentang Hewan

Seekor ibu cicak melahirkan bayi yang wajah dan bentuk tubuhnya mirip buaya. Kemudian seekor nyamuk iseng bertanya kepada ayah cicak tersebut. “Saat istrimu hamil apakah kamu sering berprasangka buruk kepada buaya?”. “Mmmm, benar,” jawab ayah cicak. “Ohh pantes bayimu mirip dengan buaya,” gumam nyamuk dalam hati. “Kenapa kamu membencinya cicak?” lanjut si nyamuk. “Karena istriku selingkuh dengan buaya,” jawab ayah cicak agak kelas.

  • Contoh Teks Anekdot Singkat Tentang Pendidikan

Siang itu Edo pulang dari sekolah dengan muka lesu tak bersemangat. Ibu melihat wajahnya kemudian bertanya perihal ujianya.
“Bagaimana ujianya, Edo?” tanya Ibu.
“Edo dapat 15 soal tapi 2 soal yang jawabannya betul.” Jawab Edo.
“Tidak papa sayang, yang penting Edo sudah isi semua soal dengan jawaban.” Saut Ibu menghibur.
“Maksudnya Edo itu, Edo cuma mengerjakan dua soal dan yang lainya enggak.” Tutur Edo ketakutan dan wajah Ibu jadi merah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
contoh teks laporan
Read More

Contoh Teks Ulasan

Contoh Teks Ulasan— Di dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali menemukan berbagai jenis ulasan terkait dengan suatu karya misalnya…
Read More

Contoh Teks Prosedur

Contoh Teks Prosedur- Dalam bahasa Indonesia pasti di dapati istilah asing yang belum banyak di dengar oleh khalayak…
contoh teks ceramah
Read More

Contoh Teks Ceramah

Contoh Teks Ceramah— Ketika mendengar kata ceramah, pasti kebanyakan dari kita akan terpikirkan tentang pemuka agama seperti pastor,…