Contoh Paragraf Narasi- Dalam dunia penulisan, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah narasi. Hal ini merupakan salah satu materi yang wajib diketahui oleh penulis dan merupakan materi mendasar.

Sama halnya dengan contoh paragraf eksposisi, paragraf narasi juga merupakan salah satu materi pelajaran bahasa Indonesia paling mendasar yang di ajarkan siswa, baik itu sekolah dasar, menengah maupun atas.

Untuk itu perlunya kita memahami pengertian dari paragraf narasi ini. Agar tidak bingung ketika mendapati soal dengan pertayaan mencari paragraf narasi dalam sebuah karya tulis.

Agar kamu lebih paham, kali ini Prasstyle.com akan mengupas lengkap perihal narasi ini. Dalam artikel ini akan di bahas contoh paragraf narasi singkat, pengertian paragraf narasi, ciri ciri paragraf narasi, dan jenis jenisnya.

Berikut dibawah ini adalah pembahasan tentang contoh paragraf narasi singkat.

Simak sampai habis dan semoga menambambah wawasan keilmuan kamu 🙂

Pengertian Paragraf Narasi Singkat

contoh paragraf narasi
materibindo.com

Narasi merupakan suatu pengembangan paragraf dalam sebuah teks karangan atau karya tulis. Narasi merupakan teks yang memaparkan serangkaian peristiwa secara runtut dari awal, tengah, sampai akhir.

Diatas adalah pengertian narasi sedangkan pengertian paragraf narasi akan di bahas di bawah ini.

Paragraf narasi merupakan kumpulan kalimat yang menceritakan tentang suatu kejadian atau peristiwa secara detail yang berlangsung berdasarkan kronologi atau urutan waktu tertentu.

Cerita yang disampaikan di dalam contoh paragraf narasi adalah berupa cerita non fiksi (nyata) dan berupa fiksi (khayalan).

Tujuan utama paragraf narasi adalah memberikan penjelasan tentang suatu perkara atau peristiwa, memberikan informasi, dan berbagi pengalaman.

Paragraf narasi umumnya mengandung alur cerita, tokoh, setting, dan konflik pada cerita tersebut. Paragraf narasi juga tergolong dalam paragraf yang tidak memiliki kalimat utama namun informatif.

Sebuah paragraf narasi harus menceritakan sebuah kejadian bagaimana peristiwa itu berlangsung berdasarkan urutan waktu yang runtut. Cerita tersebut boleh berdasarkan fakta dan boleh juga berupa fiktif (khayalan).

Contoh paragraf narasi berdasarkan fakta adalah biografi, autobiografi, dan kisah perjalanan. Sedangkan berdasarkan fiktif adalah novel, cerpen, drama, dan masih banyak lagi yang lainya.

Baca Juga : Contoh Teks Biografi Lengkap Dengan Penjelasanya

Jenis Jenis Teks Narasi

contoh paragraf narasi
pinterest.com

Sama halnya dengan Teks Inspiratif, teks dalam paragraf narasi juga memiliki beberapa jenis. Jenis jenis ini merupakan penjabaran dalam menentukan suatu paragraf narasi.

Paragraf narasi diklasifikasan berdasarkan tujuannya. Berikut adalah jenis jenis contoh paragraf narasi berdasarkan tujuanya :

  1. Narasi Ekspositoris
  2. Narasi Artistik
  3. Narasi Sugestif

Berikut adalah penjelasannya :

  • Paragraf Narasi Ekspositoris

Paragraf narasi ekspositoris merupakan jenis paragraf yang berisi rangkaian kejadian dalam cerita yang dipaparkan secara informatif dengan berdasarkan fakta dan data yang valid.

Tujuan utama paragraf ekspositoris adalah menyuguhkan informasi yang memperluas pengetahuan pembaca terhadap sebuah peristiwa yang terjadi. Umumnya berisi tentang kejadian seseorang (satu tokoh saja).

Ciri Ciri Paragraf Narasi Ekspositoris

  • Berisi cerita dengan data dan informasi yang valid (fakta) kemudian dijabarkan lebih rinci
  • Bertujuan menjelaskan persoalan pokok
  • Tidak mempengaruhi pembaca namun hanya memberikan informasi fakta saja

Contoh Paragraf Narasi Ekspositoris

Tanggal 10 November 1945 terjadi sebuah perlawanan masyarakat di Surabaya untuk mengusir penjajah Belanda dan para sekutunya dari tanah air tercinta. Perang ini bermula dari kemarahan tentara Inggris yang diakibatkan terbunuhnya pimpinan mereka yakni Brigadir Jenderal Mallaby. Tewasnya pemimpin dari pihak Inggris dan sekutunya memberikan sebuah ultimatum hebat kepada seluruh tentara dan pejuang yang ada di Surabaya waktu itu untuk menyerang Belanda.

Ultimatum hebat tersebut malah dianggap kebalikan dari penyerangan yang di anggap sebuah penghinaan oleh para pejuang dan rakyat Surabaya. Mereka membentuk aliansi perjuangan untuk melawan pihak Inggris dan sekutu yang mengancam akan menyerang.

  • Paragraf Narasi Artistik

Paragraf Narasi Artistik merupakan jenis paragraf yang berisi rangkaian cerita dengan tujuan memberikan pengalaman baru bagi pembacanya.

Dalam narasi ini umumnya berisi cerita fiksi dan non fiksi dengan menggunakan bahasa kiasan yang informatif.

Contoh Paragraf Narasi Artistik

Disuatu sore yang cerah, Andi hendak mencari kayu bakar dan singkong ke hutan yang terletak dibelakang rumahnya. Andi pergi ke hutan tanpa ditemani oleh pamannya karena ia tahu paman sedang sakit dan tidak mampu berjalan.

Tanpa di sadari, ternyata andi berjalan terlampau jauh menuju ketengah hutan. Hingga malam tiba, andi masih berjalan pulang kerumah dan suara suara anehpun terdengar telinganya. Andipun merasa was was dan takut karena merupakan pengalaman pertamanya mencari kayu bakar di hutan sendirian. 

  • Paragraf Narasi Sugestif

Paragraf narasi sugestif merupakan jenis kerangka paragraf yang berisi rangkaian cerita yang mengajak imajinasi pembaca pada teks penulis.

Paragraf ini bertujuan untuk menyampai suatu maksud tertentu dan amanat yang tersirat kepada pembaca dalam sebuah paragraf.

Contoh Paragraf Narasi Sugestif

Siang terik yang menyinari bumi tidak membuat Tono berhenti. Ia tetap mendorong sepeda dengan gerobak yang ada disampingnya. Ia menyusuri jalan, gang kecil, dan pasar dengan harapan ada yang membeli getuk buatan ibunya. Tono sangat memerlukan uang untuk biaya pengobatan ayahnya. Sejak pagi tadi Tono berkeliling kemanapun namun hanya ada dua pembeli yang membeli jualanya.

Tono hampir putus asa, hal hal negatif mulai memasuki pikiranya. Namun, Tono teringat kembali kata kata ayahnya bahwa berbuat baik dan berdoalah agar semua yang kita lakukan mendapat berkah dari Allah. Tono menepis semua hal negatif yang ada di pikiranya dan berdoa kepada Allah agar jualanya laris.

Saat Tono melanjutkan perjalanan, Ia melihat seorang pria yang sedang mengikuti seorang ibu yang membawa tas. Dan benar, seketika pria itu merampok tas milik ibu tersebut. Kemudian Ibu itu menjerit, dengan cepat Tono berlari dan menjegal perampok itu hingga terjatuh. Tas ibu pun terjatuh bersama perampok, kemudian perampok tersebut melarikan diri. Tono mengambil tas tersebut dan memberikannya kepada ibu si pemilik tas.

Baca Juga: Contoh Teks Pidato Persuasif

Ciri Ciri Paragraf Narasi

buku pena
pinterest.com

Berikut adalah ciri ciri contoh paragraf narasi :

  • Memiliki unsur-unsur utama yaitu tokoh, alur/plot, konflik
  • Memiliki rangkaian waktu dan informasi
  • Fiksi dan non fiksi
  • Berdasarkan fakta dan ada yang fiktif
  • Sudut pandang penulis
  • Dominan pada unsur perbuatan dan tindakan
  • Mencakup latar suasana, tempat dan waktu
  • Berisi tentang peristiwa atau pengalaman penulis.
  • Dirangkai secara kronologis (orientation, klimaks, dan resolution)

Contoh Paragraf Narasi Singkat

contoh paragraf narasi
pinterest.com

Berikut dibawah ini adalah contoh paragraf narasi singkat :

Contoh Paragraf Narasi Tentang Lingkungan

Sekolahku dikelilingi oleh berbagai jenis tanaman dan pepohonan yang rindang. Semua taman kelas juga dipercantik oleh bunga yang berwarna warni. Begitu juga dengan kelas MIPA 2, kelas ini merupakan tempat kami belajar yang di dalamnya penuhi dengan lapisan cat berwarna putih. Pada pojokan ruang kelas terdapat ukiran ukiran yang merupakan salah satu karya siswa

Didepan kelas kami juga dilengkapi dengan mading yang berisi hasil karya siswa juga. Sambil menikmati keindahan mading kelas, siswa siswi MIPA 2 juga tengah asik membaca dan belajar di taman digital yang terletak di depan kelas.

Contoh Paragraf Narasi Tentang Covid-19

Kasus masyarakat positif Covid-19 di Indonesia masih saja bertambah sejak kali pertama diumumkan pada 2 Maret 2020 lalu. Kasus positif Covid-19 di Jakarta telah mencapai 7.383 pasien pada senin 1 Juni lalu. Dari total keseluruhan mencapai 2.246 pasien dinyatakan sembuh, sedangkan 521 pasien meninggal dunia.

Baca Juga :Contoh Teks Negosiasi Terlengkap dengan Penjelasanya

Contoh Paragraf Narasi Singkat Biografi

Di tahun 1927, Cipto Mangunkusumo dianggap Belanda terlibat upaya sabotase, sehingga Cipto Mangunkusumo dibuang ke Banda Neira. Dalam pembuangan, penyakit asmanya kambuh. Saat Cipto Mangunkusumo diminta tanda tangan perjanjian yang meminta ia melepaskan hak politiknya agar beliau bisa kembali ke Jawa untuk berobat, Cipto Mangunkusumo dengan tegas menyatakan bahwa lebih baik beliau mati di Banda. Cipto kemudian dipindahkan ke Makassar, lalu ke Sukabumi pada tahun 1940. Sayangnya, udara Sukabumi cukup dingin sehingga kurang baik bagi kesehatan beliau. Untuk itu, beliau dipindahkan kembali ke Jakarta hingga Dokter Cipto Mangunkusumo wafat pada 8 Maret 1943.

Contoh Paragraf Narasi Pendek Inspiratif

Ibu menyelinap masuk ke bilik adikku yang sedang tertidur pulas dengan tangan berada di depan pipinya. Ibu terlihat seperti merasa bersalah dan beliau hendak menyesali perbuatannya ketika sore tadi. Ibu tidak sengaja memarahi, membentak, dan memukul meja ketika adikku pulang dengan kondisi menangis karena berkelahi dengan teman kelasnya.

Contoh Paragraf Narasi Singkat Negosiasi

Disuatu pagi, Bu Reni yang sudah sekian lama menunggu akhirnya bernapas lega, karena penjual sayur keliling langganan yang di tunggu akhirnya tiba. Bu Reni memang sudah sejak lama berlangganan dengan penjual sayur ini, kemudian ia menghampirinya dan mulai mencari sayur yang dicarinya untuk menu masakan hari ini. Bu Reni langsung memilih bungkusan ikan dan cabai yang dibawa oleh penjual. Saat hendak memilih jenis sayur yang akan dibeli, ia menanyakan antara bayam dan kangkung kepada penjual mengenai kualitas kedua jenis sayuran tersebut.

Contoh Paragraf Narasi Pendek Fiksi

Iqbal tersenyum sambil melanjutkan perjalanan petang itu. Angin dingin sepoi berembus pelan, membuat bulu kuduk di sekitar tubuhnya berdiri. Saking dinginya aku memasukkan dua tanganku ke dalam saku celana, berharap rasa dingin dapat berkurang. Sesampainya dirumah, aku disambut bau harum kayu yang terbakar di perapian ketika Alfi membukakan pintu. Bau harum yang kelak dirindukan ketika Iqbal telah kembali ke tanah air tercinta.

Baca Juga : Contoh Teks Inspiratif Lengkap dengan Ciri Ciri dan Penjelasan

Contoh Paragraf Narasi Sejarah

Sang proklamator Indonesia yakni Bung Hatta pernah diasingkan di Banda Neira pada tahun 1936-1942. Selama diasingkan, Beliau memberikan kelas belajar sore untuk mengajari anak anak setempat. Terdapat beberapa kursi, meja belajar dan papan tulis hitam masih terawat sampai sekarang.

Contoh Paragraf Narasi Singkat Informatif

Bersama Soekarno dan Mohammad Hatta, Sutan Sjharir selaku Perdana Menteri (PM) pertama Indonesia, diasingkan di Banda Neira pada tahun 1936 – 1942. Berbeda dengan Bung Hatta yang unggul dalam mengajar anak-anak setempat, Sutan Sjharir lebih mahir dalam bersosialisasi dengan masyarakat setempat, khususnya kalangan muda. Dengan ini Sutan Sjharir di juluki sebagai Bapak Sosialisme Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
jual ikan oscar
Read More

Danau Terbesar di Indonesia

Danau Terbesar di Indonesia- Danau adalah sebuah kubangan air dalam jumlah yang besar dan terbentuk karena faktor alami…
tembung entar
Read More

Tembung Entar

Tembung Entar- Indonesia memiliki banyak sekali kebudayaan yang terkandung di dalamnya. kebudayaan meliputi banyak hal seperti seni, ciri…
Kerajinan dari rotan
Read More

Kerajinan dari Rotan Terbaik

Rotan merupakan komoditas hasil sumber daya alam non kayu yang banyak terdapat di Indonesia. Sampai-sampai banyak kerajinan dari…
Read More

Struktur Daun Belajar Biologi

struktur daun adalah ilmu pengetahuan yang di bahas pada bidang sains biologi yang membahas mengenai apa saja sih…