Contoh Paragraf Induktif- Dunia bahasa Indonesia sangat luas yang mencakup banyak hal. Istilah istilah pada pada kebahasaan Indonesia adalah satu dari sekian banyak materi yang ada di dalamnya.

Bagi seorang pelajar, tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah istilah dalam dunia bahasa Indonesia. Sebagai contohnya adalah teks paragraf narasi, Teks eksposisi, teks negosiasi, dan masih banyak yang lainya.

Materi materi ini merupakan pelajaran paling dasar bagi pelajar indonesia terkhusus bagi pelajar tingkat sekolah dasar, menengah, atas, maupun perguruan tinggi.

Tak hanya itu, materi ini juga banyak yang mempelajari dari orang asing yang ingin tahu lebih mendalam tentang bahasa Indonesia.

Pembahasan kita kali ini tidak tertuju pada contoh contoh di atas tadi namun, Prasstyle.com akan mengupas tuntas perihal contoh paragraf induktif. Tentunya kamu sangat tidak asing bukan dengan istilah ini.

Inti pembahasan akan tertuju pada apa yang dimaksud dengan paragraf induktif, contoh paragraf induktif adalah, apakah perbedaan antara paragraf deduktif dengan paragraf induktif, dan masih banyak lagi.

Untuk itu simak pembahasan di bawah ini dengan harapan semoga kamu mendapat tambahan ilmu dan wawasan tentang istilah istilah ini.

Simak pembahasan Prasstyle.com ini dan jangan lupa baca artikel lainya mengenai istilah istilah bahasa Indonesia. Selain itu kita juga akan membahas tanda baca untuk mengakhiri paragraf induktif adalah.

Dibawah ini adalah penjelasan tentang contoh paragraf induktif adalah sebagai berikut.

Baca Juga : Contoh Teks Prosedur Sederhana Lengkap

Paragraf Induktif Adalah

Contoh paragraf induktif
pinterest.com

Sebelum itu alangkah baiknya kita mengenal apa yang di maksud dengan paragraf. Paragraf dapat dijabarkan yakni rangkaian dua kalimat atau lebih saling berhubungan yang disusun secara logis dan terstruktur hingga membentuk kesatuan inti pokok bahasan.

Apa yang dimaksud dengan paragraf induktif?, Paragraf induktif merupakan paragraf yang gagasan utamanya berada di?

Pengertian paragraf induktif merupakan paragraf yang gagasan utamanya berada di akhir paragraf. Gampangnya, teks paragraf yang gagasan utama atau ide pokok terletak di akhir paragraf.

Paragraf induktif umumnya diawali dengan teks yang mengarah kepada penjelasan umum dan terperinci dari topik dan kemudian di lanjutkan dengan ide pokok atau gagasan utama.

Frasa utama yang gunakan pada contoh paragraf induktif biasanya memakai frasa khusus yakni oleh karena itu, jadi, akhirnya, akibatnya, maka dari itu, berdasarkan uraian di atas, dan dengan demikian dan lain lain.

Contoh paragraf induktif adalah termasuk dalam benyak jenis kalimat. Dapat kita temui pada teks narasi, teks deskripsi, teks eksplanasi, dan masih banyak lagi yang lainya.

Baca Juga : Contoh Teks Biografi Para Pahlawan Dunia

Ciri Ciri Paragraf Induktif

Contoh paragraf induktif
pinterest.com

Lanjut pada pembahasan selanjutnya yaitu ciri ciri paragraf induktif.

Sama halnya dengan istilah bahasa Indonesia lainya, Contoh paragraf induktif juga memiliki ciri ciri khusus. Ciri ciri ini merupakan salah satu cara untuk menentukan sebuah paragraf yang tergolong induktif atau tidak.

Dibawah ini ciri ciri paragraf induktif adalah sebagai berikut :

  • Diawali dengan pernyataan peristiwa khusus
  • Kesimpulan berdasarkan penjelasan khusus pada akhir paragraf
  • Pada paragraf induktif kalimat utama ditandai dengan letaknya yaitu di akhir paragraf
  • Berpola khusus – khusus – khusus – umum
  • Gagasan utama diperinci dengan kalimat penjelas sebelumnya
  • Mengangkat objek berdasarkan peristiwa peristiwa khusus
  • Mengandung kata penghubung (konjungsi)
  • Konjungsi pada ide pokok umumnya disertai tanda baca koma

Baca Juga : Contoh Paragraf Deduktif Terlengkap (Penjelasan, Ciri Ciri, dan Jenisnya)

Jenis Jenis Teks Induktif

pena
pinterest.com

Pada contoh paragraf induktif, terdapat beberapa jenis paragraf yang seluruhnya memiliki gagasan utama atau ide pokok yang terletak di akhir paragraf.

Tak hanya akan membahas apa yang dimaksud dengan paragraf induktif singkat dan ciri cirinya, Prasstyle.com juga akan memberikan penjelasan mengenai jenis jenis paragraf induktif.

Di bawah ini jenis jenis paragraf induktif adalah sebagai berikut :

1. Generalisasi

Generalisasi adalah sebuah bentuk penalaran yang dilakukan dengan cara mengambil kesimpulan dari fakta dan data yang valid. Diperlukan riset dan pengumpulan data sehingga mampu untuk menyusun kesimpulan secara umum

.2. Analogi

Analogi merupakan bentuk penalaran yang dilakukan untuk menarik kesimpulan dengan cara membandingkan dua hal (objek) yang mengandung persamaan kalimat.

3. Sebab Akibat

Sebab Akibat merupakan bentuk penalaran yang dilakukan untuk menarik kesimpulan dengan cara menerapkan suatu fakta yang menjadi sebab terjadinya suatu peristiwa dan puncaknya pada akibat.

Ini merupakan beberapa jenis contoh paragraf induktif dan sebenarnya masih banyak jenis paragraf induktif. Kamu dapat mencari tahu lebih lengkap pada website ini.

Baca Juga : Contoh Teks Pidato Persuasif++ Terlengkap

Contoh Paragraf Induktif Singkat

Contoh paragraf induktif
pinterest.com

Akhirnya kita telah sampai pada pembahasan terakhir yaitu contoh paragraf induktif singkat. Disini kami akan memberikan beberapa contoh yang dapat kamu gunakan sebagai referensi.

Contoh paragraf Induktif singkat adalah sebagai berikut :

  • Contoh Paragraf Induktif Tentang Pendidikan

Ketika ujian semester akhir tuntas, nilai seluruh siswa akan di evaluasi oleh pengajar. Alhasil, terdapat beberapa nilai siswa yang diatas rata rata yakni melebihi standar kelulusan sebanyak 23 siswa. Disamping itu, 7 siswa lainya mendapatkan nilai standar kelulusan dan tidak didapati nilai siswa yang di bawah rata-rata. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa program pada sistem pembelajaran di sekolah Al Hidayah berhasil dengan tingkat keberhasilan sebesar 85%.

  • Contoh Paragraf Induktif Tentang Kesehatan

Segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Begitu juga dengan mengonsumsi makanan berlebih. Makan yang dilakukan terlalu sering dan dengan porsi yang berlebih dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Sebagai contoh adalah obesitas, kanker, gagal ginjal, kencing manis, stroke, dan masih banyak penyakit penyakit yang lainya. Untuk itu, konsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan agar tetap sehat dalam jangka panjang.

  • Contoh Paragraf Induktif Singkat

Belajar di masa tua membutuhkan usaha keras sebab daya tangkap sudah semakin berkurang. Beban pikiran juga menjadi salah satu penyebab kurangnya rasa ingin tahu akan suatu hal. Untuk itu, belajar di masa tua ibarat seperti melukis di atas air.

  • Contoh Paragraf Induktif Tentang Covid 19

Penyebaran virus corona sudah menyeluruh hingga pelosok negeri. Tak hanya dalam negeri, virus ini menyebar hingga penjuru dunia dan memakan banyak korban jiwa. Untuk itu, kita harus memutus mata rantai penyebaran virus ini dengan cara menerapkan 3M yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker.

  • Contoh Paragraf Induktif Akibat Sebab

Sani adalah anak yang sangat rajin dan baik hati, ia sering membantu teman sekelasnya ketika sedang kesusahan, seperti membantu dalam menjelaskan soal yang belum paham dan meminjami barang. Selain membantu teman sekelas, Sani juga sering membantu guru dengan membawakan barang apapun menuju kelas atau kantor. Oleh sebab itu, tak mengherankan apabila seluruh teman teman serta guru guru pun sangat menyukai sifat dan perilaku baik Sani.

  • Contoh Paragraf Induktif Deduktif

Bahasa merupakan pokok penting dalam kehidupan sehari hari manusia. Bahasa berguna untuk berkomunikasi dengan orang lain. Menggunakan bahasa juga merupakan salah satu contoh kecintaan kita pada suatu negara. Terdapat banyak jenis bahasa yang menjadi istilah istilah dalam keilmuan dunia. Sekali lagi, betapa pentingnya bahasa untuk kehidupan manusia.

  • Contoh Paragraf Induktif Tentang Lingkungan

Salju adalah salah satu ciptaan tuhan yang turun dari langit. Tidak dapat dipungkiri, salju sangat indah dan memberikan hiasan bagi bumi. Beberapa wilayah di dunia disulap menjadi putih bersih yang akan membuat pemandangan cantik bagi penikmatnya. Hawa dingin menjadi hal yang lumrah, semakin hari hawa ini terjadi di kawasan yang beriklim subtropis sedang. Inilah musim dingin yang terjadi di berbagai penjuru dunia.

  • Contoh Paragraf Induktif Tentang Olahraga

Melakukan olahraga dengan teratur dapat dilakukan dengan cara yang ringan ringan. Contohnya adalah joging, peregangan, dan senam pagi. Melakukan olahraga secara rutin dapat membunuh semua racun dalam tubuh melalui keringat dan air kencing. Olahraga saja tidak cukup, makan dengan teratur juga menjadi salah satu cara menjaga tubuh tetap vit. Sebab makanan yang bergizi adalah asupan penting bagi tubuh manusia. Dapat disimpulkan, diatas adalah beberapa cara menjaga kesehatan tubuh agar tetap vit dan bugar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Read More

Contoh Teks Prosedur Sederhana

Contoh teks prosedur sederhana. Sebelum kita kupas lebih jauh, alangkah lebih baiknya kita paham dulu mengenai apa itu…
Read More

Ciri-ciri Pantun & Contohnya

Ciri-ciri Pantun & Contohnya- Pantun adalah sebuah puisi lama yang memiliki ciri khasnya yang unik. Tentu bagi kita…
contoh teks diskusi
Read More

Contoh Teks Laporan

Contoh Teks Laporan- Pada kesempatan kali ini Prasstyle.com akan membahas perihal contoh teks laporan. Pada artikel ini juga…
contoh teks persuasif
Read More

Contoh Teks Persuasif

Contoh Teks Persuasif- Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang sangat di junjung tinggi oleh rakyat Indonesia. Bahasa ini juga…
jual ikan oscar
Read More

Danau Terbesar di Indonesia

Danau Terbesar di Indonesia- Danau adalah sebuah kubangan air dalam jumlah yang besar dan terbentuk karena faktor alami…