Contoh Paragraf Eksposisi- Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kita sudah tidak asing lagi dengan istilah paragraf . Istilah ini merupakan materi mendasar siswa yang ada di tingkat sekolah baik itu sekolah dasar, menengah, maupun atas.

Dalam setiap teks atau apapun teksnya pasti memiliki paragraf. Dimana paragraf tersebut merupaka berisi kumpulan kalimat yang disatukan agar memudahkan pembaca dalam memahami isinya.

Ketika sebuah teks tidak menggunakan paragraf akan terkesan aneh dan bertele tele tanpa ada inti pokok pembicaraan pada teks tersebut. Sehingga membuat pembaca kebingungan dalam mencerna sebuah teks tersebut.

Kali ini Prasstyle.com akan mengupas lengkap mengenai paragraf eksposisi adalah, contoh teks eksposisi, ciri ciri paragraf eksposisi, dan apa itu teks eksposisi.

Sebelum menuju teks eksposisi, alangkah baik nya kita  mengenal terlebih dahulu tentang paragraf. Karena masih banyak orang yang belum mengenal dan mengerti temtang penjelasan paragraf itu sendiri.

Paragraf

Paragraf adalah kumpulan kalimat atau bagian teks yang mencakup satu topik, ide, atau pokok pembicaraan. Kumpulan kalimat yang digabung menjadi satu yang berisi ide atau gagasan kalimat.

Umumnya paragraf terdiri dari dua kalimat atau lebih. Dalam kalimat juga mengandung ide gagasan pokok dari inti suatu paragraf tersebut. Kalimat utamanya ada yang terletak di awal paragraf, tengah, maupun akhir paragraf.

Baca Juga: Contoh Teks Inspiratif Terlengkap (Penjelasan, Contoh, dan Ciri Ciri)

Pengertian Paragraf Eksposisi

contoh paragraf eksposisi
pinterest.com

Paragraf eksposisi merupakan kumpulan kalimat atau jenis teks eksposisi yang memuat isi dengan cara memaparkan atau menjelaskan informasi secara rinci dan runtut. teks eksposisi adalah paragraf yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca.

Memuat pengetahuan yang berdasarkan validasi data atau fakta dari sebuah informasi tersebut. Contoh teks eksposisi ini mengemukakan informasi yang asli dari pengalaman dan narasumber.

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) teks eksposisi adalah suatu karangan yang bertujuan untuk menjelaskan maksud dan tujuan. Eksposisi/eks·po·si·si/ /éksposisi/ n 1 uraian (paparan) yang bertujuan menjelaskan maksud dan tujuan (misalnya suatu karangan); 2 pameran (barang hasil industri, karya seni, kerajinan tangan, dan sebagainya); 3 Sas bagian awal karya sastra yang berisi keterangan tentang tokoh dan latar; paparan.

Contoh paragraf eksposisi adalah kalimat yang bersifat ilmiah tau nonfiksi. Umumnya teks eksposisi ini akan membahas Pengetahuan, Pendidikan, Kesehatan,

Unsur Unsur Dalam Paragraf Eksposisi Adalah Sebagai Berikut:

  • Gagasan atau ide pokok: Gagasan atau die pokok umumnya berupa komentar, penilaian, saran, masukan, dorongan, dan lain lain.
  • Fakta atau data valid: Fakta umumnya berupa kejadian nyata atau sesuatu hal yang benar-benar ada atau terjadi.

Baca Juga: Contoh Teks Eksplanasi Paling Lengkap Beserta Penjelasan dan Contohnya

Ciri Ciri Paragraf Eksposisi

buku
pinterest.com

Dalam setiap contoh paragraf eksposisi pasti mengandung ciri ciri di dalamnya. Dan begitu juga dengan setiap istilah istilah yang ada dalam materi bahasa Indonesia umumnya mengandung ciri ciri di dalamnya. Ciri ciri teks eksposisi ini digunakan sebagai penentu sebuah teks atau paragraf tersebut tergolong paragraf yang kita cari atau bukan.

Misalnya kita ingin mencari bagaimana ciri-ciri teks eksposisi, kita perlu cermati ciri ciri dan unsur yang ada di dalamnya. Ketika sudah mampu memahami ciri cirinya maka dengan mudah kita akan dapat menentukan teks atau paragraf tersebut tergolong teks eksposisi atau bukan.

Ciri Ciri Contoh Paragraf Eksposisi Adalah Sebagai Berikut:

  1. Contoh paragraf eksposisi memiliki gaya penulisan yang mengajak dan tidak terlalu mempengaruhi
  2. Contoh paragraf eksposisi menggunaan bahasa yang baku, jelas, lugas, dan tidak bertele tele
  3. Contoh paragraf eksposisi berisi penjabaran yang bersifat informasi dan pengetahuan
  4. Contoh paragraf eksposisi ini tidak memihak satu sama lain atau memaksa kehendak para audiens
  5. Contoh paragraf eksposisi ini harus objektif tetapi netral
  6. Contoh paragraf eksposisi di dalamnya mengandung data yang akurat
  7. Contoh paragraf eksposisi menyajikan teks dalam bentuk ungkapan fakta (valid) yang kemudian akan di gunakan untuk konkritasi data dan sebagai kontribusi

Struktur Contoh Paragraf Eksposisi

contoh paragraf eksposisi
pinterest.com

Pada struktur teks eksposisi disusun berdasarakan ketentuan yang dapat membangun teks tersebut semakin informatif. Struktur teks eksposisi ini merupakan isi penting yang harus ada karena kaidah dalam menulis paragraf eksposisi harus berdasarkan kaidah kaidah.

Dibawah Ini Struktur Paragraf Eksposisi Adalah Sebagai Berikut:

  • Tesis atau pernyataan pendapat
  • Argumentasi
  • Penegasan ulang pendapat

A. Judul

Merupakan gambaran isi dari teks eksposisi yang akan kita tulis. Judul dapat ditulis secara singkat dan jelas sehingga mudah untuk menarik minat orang untuk membacanya.

B. Tesis (Pendahuluan atau Pernyataan Pendapat)

Tesis merupakan pernyataan pendapat dalam bentuk teori yang disertai dengan dukungan argumen-argumen untuk dikemukakan. Tesis dapat berupa hasil dari studi yang sistematis terhadap sebuah masalah.

Struktur teks eksposisi ini penting dan merupakan kaidah yang harus diterapkan dalam menyusun contoh paragraf eksposisi. Dapat berupa pendahuluan atau berisi topik pembahasan yang akan di angkat oleh seorang penulis

Baca Juga: Contoh Teks Pidato Persuasif Dilengkapi dengan Pejelasanya

C. Argumentasi

Argumentasi merupakan suatu bentuk alasan atau bukti yang dipakai dalam menguatkan sebuah pendapat pada sebuah tesis atau atau teks informatif lainya. Setelah Menyusun tesis yang berupa pendahuluan, kamu harus memberi dukungan dalam bentuk pernyataan yaitu argumentasi dari pendapat yang valid atau fakta.

Pada contoh paragraf eksposisi umunya berisikan dua paragraf atau bahkan lebih yang memuat argument yang memperkuat pendapat tersebut

D. Penegasan Ulang (Reiteration)

Merupakan paragraf yang berisi kesimpulan dari seluruh argument dan pendapat. Disertai dengan penutupan pada contoh paragraf eksposisi tersebut.

Jenis Jenis Contoh Paragraf Eksposisi

buku pena
pinterest.com

Terdapat beberapa jenis paragraf eksposisi yang sering kita temui. Dibawah ini jenis jenis paragraf eksposisi adalah sebagi berikut:

  • Teks eksposisi definisi: Yaitu jenis teks eksposisi yang menjelaskan tentang pengertian atau definisi dari sebuah topik pembahasan.
  • Teks eksposisi proses: Yaitu jenis teks eksposisi yang menjabarkan sebuah rangkaian tahapan dengan menceritakan peristiwa dari awal hingga akhir.
  • Teks eksposisi klarifikasi: Yaitu teks paragraf eksposisi yang berisi tentang pengelompokan tenhadap suatu hal. Contohnya sifat, karakter, dan lain lain.
  • Teks eksposisi ilustrasi: Yaitu teks paragraf eksposisi yang menjelaskan sebuah informasi atau definisi dari topik tertentu.
  • Teks eksposisi perbandingan: Yaitu jenis teks eksposisi yang menjabarkan gagasan utama yang diutarakan dengan cara membandingkan dengan lainya.
  • Teks eksposisi pertentangan: Yaitu jenis teks eksposisi yang berisi informasi tentang pertentangan dengan lainya.
  • Teks eksposisi laporan: Yaitu jenis teks eksposisi yang menjelaskan tentang sebuah kejadian atau sebuah penelitian tertentu.

Baca Juga: Contoh Teks Negosiasi Beserta Penjelasan dan Contohnya Lengkap

Cara Menyusun Contoh Paragraf Eksposisi Singkat

contoh paragraf eksposisi
pinterest.com

Setelah mengetahui ciri ciri paragraf eksposisi, struktur teks eksposisi, dan jenis jenisnya maka kamu akan dapat menyusun contoh paragraf eksposisi singkat dengan mudah dan benar. Tentunya dalam menyusun contoh paragraf eksposisi singkat harus menurut kaidah kaidah yang sudah tertulis di atas.

Penggunaan kaidah ini sangat diperlukan karena menjadikan pola pengembangan paragraf eksposisi dan tulisan atau karangan lebih bagus dan menarik untuk di baca audien.

Dibawah Ini Langkah Menyusun Contoh Paragraf Eksposisi Singkat Adalah Sebagai Berikut:

  1. Menentukan topik menarik yang akan dibahas di dalam karangan.
  2. Menentukan target eksposisi.
  3. Membuat kerangka tulisan atau karangan yang terstruktur (sistematis).
  4. Berisi karangan yang sesuai dengan target eksposisi.
  5. Mengembangkan isi karangan atau tulisan yang cocok dengan kerangka baku.
  6. Paparan karangan harus menyertakan contoh, gambar, grafik (bila perlu).

Baca Juga: Contoh Teks Prosedur Sederhana (Penjelasan, Contoh, dan Ciri Ciri)

Contoh Paragraf Eksposisi Singkat

contoh paragraf eksposisi
pinterest.com

Contoh Paragraf Eksposisi Singkat Tema Bahaya Membuang Sampah di Sungai

Tesis

Dewasa ini, kegiatan membuang sampah sembarangan seperti di sungai dan selokan telah menjadi sebuah hal yang lazim.Tidak sedikit jumlah orang yang membuang sampah sembarangan di kota hingga semakin menumpuknya sampah tersebut.

Pembuangan sampah sembarangan tersebut membuat aliran sungai tersumbat dengan sampah sampah organik dan anorganik. Sehingga ketika saat hujan turun dengan intensitas menengah bahkan tinggi yang terus menerus akan membuat debit air sungai meluap dan akan menimbulkan banjir.

Argumentasi

Setiap harinya jumlah populasi manusia yang membuang sampah sembarangan semakin meningkat, terutama yang membuang sampah di sungai. Hal ini menjadi bahan perbincangan dan menjadi kesimpulan dari banyak pengamat. Belum ada rasa kapok dari manusia yang telah membuang sampah di sungai yang dapat membuat banjir.

Padahal tidak sedikit juga yang menjadi korban dalam bencana banjir itu. Telah banyak korban luka-luka maupun meninggal dunia, kerusakan rumah bahkan alat transportasi akibat banjir. Namun, hal ini masih belum cukup sebagai contoh akan kesadaran masyarakat yang masih saja membuang sampah sembarangan.

Penegasan Ulang

Ketika sudah mengetahui efek tersebut seharusnya timbul kesadaran dari masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan lagi. Agar tidak merugikan diri sendiri, orang lain, dan juga lingkungan sekitar. Jika tidak ada sampah di sungai maka air dapat mengalir dengan semestinya tanpa meluapkan air sehingga bencana banjir dapat di minimalisir walaupun hujan datang terus menerus.

Baca Juga: Kumpulan Contoh Teks atau Paragraf Narasi

Contoh Paragraf Eksposisi (Klasifikasi)

Contoh Paragraf Eksposisi Singkat Tema Hewan

Tesis

Hewan tergolong menjadi beberapa jenis yang dapat dilihat dari makananya. Yaitu meliputi hewan herbivora yang memakan tumbuhan, karnivora yang memakan daging, dan omnivora sebagai makhluk pemakan segala.

Argumentasi

Hewan herbivora merupakan istilah untuk hewan yang memakan tumbuhan. Hewan herbivora ini berada pada konsumen tingkat pertama dalam sebuah rantai makanan.Beberapa jenis hewan yang tergolong pada kategori herbivora yaitu belalang, sapi, kambing, kelinci, kanguru dan masih banyak lagi.

Selanjutnya yaitu hewan karnivora yang merupakan sebutan untuk hewan pemakan daging atau memangsa jenis hewan lainnya. Karnivora ini dapat juga disebut sebagai predator bagi hewan herbivora. Beberapa contoh hewan yang tergolong kategori hewan karnivora yaitu harimau, singa, buaya, serigala ular dan masih banyak lagi yang lainnya.

Penegasan Ulang

Dapat kita ketahui bahwa hewan jenis omnivora merupakan hewan pemakan segalanya yaitu dapat memakan tumbuhan layaknya herbivora dan daging layaknya karnivora. Beberapa contoh hewan yang tergolong kategori omnivora, yaitu bebek, ikan lele, ayam, beruang, tikus, orangutan, kura kura dan masih banyak yang lainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
contoh teks berita
Read More

Contoh Teks Editorial

Contoh Teks Editorial- Banyak sekali di jumpai dalam berbagai karya tulis istilah istilah asing yang sangat jarang kita…
buku dan pena
Read More

Contoh Paragraf Deskripsi

Contoh Paragraf Deskripsi- Dalam dunia kebahasa Indonesiaan sangat tidak asing sekali dengan istilah istilah yang ada di dalamnya.…
Read More

Contoh Teks Eksplanasi

Dewasa ini, kamu akan menemui banyak referensi bacaan dari media cetak maupun media sosial mengenai jenis-jenis teks yang…
Read More

Contoh Teks Negosiasi

Contoh teks negosiasi apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar kata negosiasi?. Terbilang pada beberapa kasus, negosiasi dapat…
kerajinan dari kain perca
Read More

Kerajinan dari Kulit Telur

Kerajinan dari Kulit Telur- Protein merupakan zat gizi yang dibutuhkan untuk proses metabolisme dan pada tubuh. Nutrisi ini…