Contoh Paragraf Deduktif- Dunia bahasa Indonesia sangatlah luas dan mencakup banyak hal di dalamnya. Di dalamnya terdapat banyak sekali istilah istilah sebagai pendukung materi ini.

Dalam dunia bahasa Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan kata atau istilah istilah tertentu. Sebagai permisalan adalah contoh paragraf deskripsi yang merupakan penggambaran suatu objek.

Tentunya buat kamu yang masih duduk di bangku sekolah dasar pasti mengenal atau pernah menjumpai materi tentang contoh paragraf deduktif dan induktif.

Materi ini merupakan pembelajaran bahasa Indonesia yang paling mendasar. Tak hanya dapat di jumpai pada bangku sekolah dasar, melainkan bangku menengah, atas, hingga perguruan tinggi pun akan menjumpai materi ini.

Pada kesempatan kali ini Prasstyle.com akan mengupas perihal apa yang dimaksud paragraf deduktif, apa itu paragraf deduktif, dan contoh paragraf deduktif, dan paragraf deduktif adalah.

Harapanya setelah membaca artikel contoh paragraf deduktif ini kamu bertambah wawasan dan pengetahuan yang sebelumnya belum pernah di ketahui.

Simak pembahasan tentang contoh paragraf deduktif dan penjelasan lengkap lainya.

Dibawah ini penjelasan tentang apa yang dimaksud paragraf deduktif adalah sebagai berikut.

Paragraf Deduktif Adalah

contoh paragraf deduktif
pinterest.com

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) paragraf merupakan bagian bab dalam suatu teks karangan yang umumnya karangan tersebut mengandung satu gagasan utama dan penulisannya dimulai dengan garis baru atau biasa disebut dengan alinea.

Sedangkan contoh paragraf deduktif adalah suatu paragraf atau karangan yang memiliki gagasan utama / ide pokok berada di awal paragraf dan biasanya terdapat pernyataan umum pada awal paragraf deduktif.

Ide pokok atau gagasan utama tersebut dilengkapi dengan pendukung pada kalimat setelahnya. Dimana kalimat pendukung tersebut merupakan isi, bukti, rincian khusus, dan lain lain.

Selain contoh paragraf deduktif, terdapat pasangan istilah dari paragraf deduktif ini yakni paragraf induktif.

Penjelasan paragraf induktif adalah suatu paragraf yang memiliki gagasan utama atau ide pokok yang terletak di akhir paragraf. Dan umumnya berisi pernyataan umum pada akhir paragraf tersebut.

Perbedaan paragraf deduktif dan induktif ada pada letak ide pokok atau gagasan utamanya. Letak ide pokok pada paragraf deduktif berada di awal paragraf dan induktif terletak di akhir paragraf.

Paragraf deduktif dikenal dengan istilah yaitu silogisme dan entimen. Kedua istilah tersebut merupakan sudut pandang atau cara merumuskan kesimpulan.

Pengertian dari istilah silogisme sendiri adalah penalaran karangan deduksi secara tidak langsung, dengan kata lain istilah silogisme memerlukan dua premis untuk mencari kesimpulan yaitu premis umum (PU) dan premis khusus (PK).

Baca Juga : Contoh Paragraf Narasi (Penjelasan Lengkap)

Ciri Ciri Paragraf Deduktif

contoh paragraf deduktif
pinterest.com

Sama halnya dengan paragraf eksposisi, paragraf deduktif juga memiliki ciri ciri khusus. Ciri ciri ini digunakan sebagai penanda dan membedakan antara paragraf deduktif dengan paragraf yang lain.

Agar dapat dengan mudah membedakan paragraf deduktif dengan paragraf lainya, kamu perlu memperhatikan ciri ciri khusus paragraf deduktif.

Dibawah ini ciri ciri paragraf deduktif adalah sebagai berikut :

  • Gagasan utama atau ide pokok kalimat berada di awal paragraf
  • Awal kalimat merupakan penyataan umum dan kalimat selanjutnya bersifat khusus sebagai pendukung
  • Diakhiri dengan penjelasan pada akhir paragraf sebagai kesimpulan

Baca Juga : Contoh Teks Biografi Para Tokoh Penting Indonesia

Jenis Jenis Paragraf

buku
pinterest.com

Selain contoh paragraf deduktif, terdapat beberapa jenis paragraf lainya.

Berikut jenis paragraf selain deduktif beserta penjelasanya :

  • Paragraf Induktif

Merupakan jenis paragraf deskripsi yang memiliki gagasan utama atau ide pokok yang terletak di akhir paragraf.

  • Paragraf Campuran

Merupakan jenis paragraf deskripsi yang memiliki gagasan utama atau ide pokok yang terletak di awal ataupun akhir paragraf.

  • Paragraf Ineratif

Merupakan jenis paragraf deskripsi yang memiliki gagasan utama atau ide pokok yang terletak di tengah paragraf.

Baca Juga : Contoh Teks Inspiratif Terlengkap (Penjelasan, Ciri Ciri, dan Strukturnya)

Contoh Paragraf Deduktif dan Induktif

contoh paragraf deduktif
pinterest.com

Dibawah ini contoh paragraf deduktif singkat adalah sebagai berikut :

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Makanan

Terdapat banyak varian dendeng di dalam masakan khas Padang. Salah satunya yaitu dendeng balado yang terbuat dari daging sapi yang di iris tipis secara memanjang. Daging sapi yang sudah dipotong tersebut kemudian di angin anginkan dibawah sinar matahari hingga kering. Selanjutnya daging sapi tersebut digoreng dan diberi bumbu khusus dengan berbahan dasar cabai dan merica.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Covid-19

Pandemi virus corona mulai masuk ke wilayah Indonesia sejak bulan Maret tahun 2020 lalu. Sejak saat itu, pemerintah Indonesia melakukan berbagai upaya dan program untuk mengurangi penyebaran virus tersebut. Tapi sayang, masyarakat yang terdata kasus positif covid-19 justru semakin meningkat drastis dari hari ke hari. Puncaknya pada beberapa waktu lalu, masyarakat yang terdampak kasus positif covid-19 di Indonesia membeludak hingga 12 ribu orang dalam satu hari.

Contoh Paragraf Deduktif dan Campuran

Penelitian mengatakan,, jeruk nipis ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia. Jeruk nipis mampu mengatasi penyakit batuk secara alami. Selain itu, Jeruk nipis juga bisa dijadikan minuman untuk menyegarkan dahaga dan dapat juga digunakan sebagai bumbu dapur. Jadi jeruk nipis mengandung vitamin yang baik untuk tubuh dan memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia.

Baca Juga : Kumpulan Contoh Teks atau Paragraf Narasi

Contoh Paragraf Deduktif Induktif

Musim kemarau telah berganti dan kini kita telah memasuki musim penghujan. Membuang sampah sembarangan membuat sampah menumpuk di berbagai tempat. Dangkalnya permukaan sungai kini bertambah akibat penumpukan sampah tersebut. Sehingga tidak mengherankan jika banjir selalu datang setiap saar ketika hujan.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Lingkungan

Hal yang sering terjadi di beberapa kota besar di Indonesia adalah kemacetan lalu lintas. Hal ini merupakan masalah yang disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya ialah volume kendaraan yang berlebih dan melampaui target. Selain itu, terdapat banyak aparat sipil maupun pemerintah yang kurang tegas dalam menangani kasus pelanggar lalu lintas. Tingkat kesadaran pengguna jalan juga menjadi faktor utama sebab kurangnya kedisiplinan yang mengakibatkan kemacetan tidak terkendali.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Tumbuhan

Sayuran brokoli tergolong sayuran yang di dalamnya mengandung antioksidan tinggi. Oleh sebab itu, cara memasak brokoli harus benar dan tepat. Masak hingga teksturnya matang akan tetapi jangan sampai terlalu matang karena akan mengurangi kandungan gizinya. Brokoli ini dapat diolah dengan cara merebusnya setengah matang sebelum dikonsumsi. Cara memotong sayuran ini juga harus benar yakni potong secara miring mengikuti tangkainya. Hal ini dapat mempengaruhi kesegaran brokoli tersebut karena tangkai brokoli dapat berfungsi untuk mempercantik sehingga menambah nafsu makan.

Baca Juga : Contoh Teks Eksplanasi (Penjelasan, Ciri Ciri, dan Jenis)

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Pendidikan

Pendidikan karakter merupakan pelajaran paling utama bagi siswa dasar, menengah, maupun atas. Mengapa? karena dengan pendidikan karakter siswa yang baik akan mampu menjadi pondasi karakter anak dan mental yang tangguh. Guru dan orang tua merupakan contoh ujung tombak dalam membentuk karakter anak. Ketika pendidikan karakter ini berhasil, maka nasehat dan ilmu akan dapat diterima dengan mudah oleh anak.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Hewan

Komodo adalah salah satu hewan langka endemik Indonesia yang di lindungi pemerintah. Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mendata pada tahun 2017 tercatat 2.884 ekor komodo di Taman Nasional Komodo yang berada di Nusa Tenggara Timur. Jenis kadal purba terbesar di dunia ini tergolong dalam daftar hewan yang di lindungi karena jumlahnya sedikit dan berkembak biak sangat lama. Yang menjadi faktor utama langkanya kadal purba ini adalah habitat komodo yang semakin hari semakin berkurang.

Contoh Paragraf Deduktif Ineratif

Bencana alam gempa bumi dan tsunami relatif sering terjadi di sebagian wilayah Banda Aceh. Gempa bumi yang berkekuatan besar juga pernah dialami sebagian wilayah D.I. Yogyakarta dan beberapa daerah lainnya terkena dampak goncangan tersebut. Selain itu,terdapat beberapa wilayah lainya yang terjadi bencana alam seperti banjir, erupsi gunung, kebakaran, dan lain lain. Akhri akhir ini Indonesia sedang ditimpa berbagai macam bencana alam dan musibah. Tidak sedikit dari bencana tersebut telah memakan banyak korban jiwa. Sehingga muncul wabah penyakit turut menyertai bahkan memperparah musibah yang terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
jual ikan oscar
Read More

Danau Terbesar di Indonesia

Danau Terbesar di Indonesia- Danau adalah sebuah kubangan air dalam jumlah yang besar dan terbentuk karena faktor alami…
Read More

Jenis-Jenis Batuan

Jenis-Jenis Batuan di Indonesia sangat beragam di karenakan Batu adalah benda yang termasuk unsur lapisan bumi yeng terbentuk…
buku
Read More

Contoh Teks Diskusi

Contoh Teks Diskusi- Dalam sebuah perkumpulan atau organisasi pasti tidak lepas dari diskusi. Diskusi yang merupakan cara untuk…
Contoh paragraf argumentasi
Read More

Contoh Teks Anekdot Singkat

Contoh Teks Anekdot Singkat- Di lihat dari berbagai sudut pandang, Bahasa indonesia adalah salah satu bahasa yang sangat…