Cara Membuat Status WA

Fitur status pada aplikasi media sosial kini menjadi salah satu fitur yang banyak digemari penggunanya. Dengan adanya fitur status, pengguna bisa berbagi aktivitas, konten, tulisan, quote dan lain sebagainya yang bisa dilihat oleh kontak atau followernya.

Salah satu media sosial yang memiliki fitur tersebut adalah Whatsapp. Sejak diakuisisi oleh Facebook, Whatsapp selalu mengalami pembaruan yang bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan pengguna.

Fitur story atau status yang dulu pertama kali ada di Snapchat, kini sudah diadopsi ke aplikasi Whatsapp. Lalu bagaimana cara membuat status wa? Dalam artikel ini, YKAKI.or.id akan berbagi caranya.

Cara Membuat Status WA Text atau Tulisan

Di atas sudah disinggung sedikit bahwa kita bisa membuat status WA berupa tulisan atau quote. Jika kamu adalah seseorang yang suka dengan kata-kata mutiara atau motivasi, membuat tulisan melalui status WA akan menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Bagaimana membuat tulisan untuk dijadikan status Whatsapp? Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Buka aplikasi Whatsapp pada ponsel kamu. Pastikan kamu menggunakan Whatsapp versi terbaru.
  • Selanjutnya pilih menu Status di bagian atas.
  • Untuk mulai membuat status tulisan, tap ikon Pensil di pojok kanan bawah.
cara membuat status wa panjang
  • Selanjutnya silakan mulai menulis kata-kata terbaik kamu.
cara membuat status wa tulisan
  • Agar tulisan kamu semakin menarik, tambahkan emoji dan ubah warna latar dengan mengetuk ikon cat.
  • Untuk mengirimkan status, tap ikon kirim.
  • Maka status tulisan WA kamu bisa dilihat pada Status Saya.
cara membuat status wa

Cara Membuat Status WA Gambar dan Video

Selain tulisan, kamu juga bisa membuat status WA berupa gambar dan video. Jadi jika kamu orang yang suka share tulisan bergambar (meme) atau share video-video bermanfaat, bisa memanfaat fitur WA ini.

Tentu tidak hanya itu, karena kamu juga bisa membuat status langsung dari kamera. Jadi jika kamu sedang berada di suatu tempat, kamu bisa membuat status dari hasil jepretan kamera ponsel.

Begitu juga dengan video yang bisa merekam dan membagikannya langsung melalui fitur status.

Berikut ini langkah-langkah membuat status WA berupa gambar dan video.

  • Seperti biasa pastikan aplikasi WA sudah di update ke versi paling baru.
  • Pilih bilah Status di bagian atas.
  • Tap atau pilih ikon kamera. Terletak di bawah ikon pensil.
  • Setelah itu, silakan tentukan sendiri. Mau bikin status gambar/video dari galeri atau langsung mengambil melalu kamera.
  • Untuk mengambil foto cukup tekan lingkaran bulat pada layar ponsel kamu video, sedangkan untuk video kamu harus menekan dan menahannya.
  • Jika sudah, kamu juga bisa menambah caption dari gambar atau video tersebut.
  • Kamu juga bisa menambahkan filter untuk status gambar. Sehingga gambar/foto tersebut semakin menarik untuk dilihat.
  • Terakhir tap ikon kirim.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul pada menu Status Saya.

Fitur membuat status WA berupa video memang menyenangkan, tetapi yang menjadi kelemahan adalah Whatsapp hanya mengizinkan durasi video hanya 30 detik.

Jika videonya lebih dari itu, maka status WA akan di potong-potong per 30 detik. Misalkan durasinya 60 detik, maka akan ada dua status WA dengan masing-masing durasi 30 detik.

Oya, Whatsapp juga bisa diakses melalui browser di komputer atau laptop. Sehingga untuk kamu yang kesehariannya di depan komputer, tetap bisa mengirimkan dan membalas pesan WA tanpa harus repot membuka smartphone.

Tetapi sayangnya, untuk WA web fitur bikin status masih belum bisa digunakan. Namun ada solusi lain yaitu dengan menginstal aplikasi WA untuk komputer.

Aplikasi tersebut merupakan aplikasi resmi dari Whatsapp, jadi kamu tidak perlu khawator adanya virus. Dengan menggunakan WA untuk desktop, kamu tetap bisa membuat status dan membalas pesan WA melalui komputer. Untuk lebih lengkapnya silakan kunjungi situs Windroid.id.

***

Bagaimana? Cukup mudah kan membuat status WA dengan tulisan dan gambar/video. Setelah membaca cara membuat status WA di atas, sekarang seharusnya kamu tidak bingung lagi ketika ingin berbagi tulisan atau gambar melalui fitur status ini.

Leave a Comment