Kerajinan dari kayu merupakan salah satu jenis kerajinan tangan yang bisa kamu buat dengan mudah dan sederhana. Kerajinan ini bisa kamu lakukan menggunakan kayu jati maupun kayu bekas. Tentu saja, nilai seni dari kerajinan kayu sangat tinggi, lho. Kamu bisa menjualnya dan mendapatkan keuntungan dari hal tersebut.

Nah, sebelum mulai membuat kerajinan dari kayu, yuk simak dulu teknik, peralatan wajib dan contoh kerajinan kayu yang bisa kamu pilih dan buat berikut ini.

Teknik Kerajinan dari Kayu

Ada beberapa teknik yang bisa kamu gunakan untuk membuat kerajinan dari kayu, yaitu:

1.     Teknik Ukir

Teknik ukir biasanya digunakan untuk membuat kerajinan dari kayu dengan cara menggoreskan, memahat hingga mencungkil bagian dari bahan dasar tersebut. Sehingga, kamu bisa membentuk pola yang diinginkan dari kerajinan itu sendiri.

2.     Teknik Pahat

Teknik kerajinan dari kayu berikutnya adalah teknik pahat yang dilakukan dengan cara mengurangi atau membuang beberapa bagian bahan dasar agar bisa dibentuk menjadi suatu pola.

Biasanya, teknik pahat memerlukan beberapa alat bantu, seperti palu, pahatan dan kikir yang akan diaplikasikan pada kerajinan berbahan dasar kayu tersebut.

3.     Teknik Bubut

Kerajinan dari kayu menggunakan teknik bubut memerlukan alat pahat bubut yang fungsinya untuk mengiris dan membentuk benda. Teknik bubut dapat menghasilkan kerajinan yang bulat, rapi dan simetris.

Alat Wajib yang Digunakan untuk Membuat Kerajinan dari Kayu

Setelah mengetahui berbagai teknik yang biasa digunakan dalam kerajinan dari kayu, kini saatnya kamu mengetahui apa saja alat atau bahan wajib yang diperlukan untuk membuat kerajinan tersebut.

Nah, berikut alat yang digunakan untuk membuat kerajinan dari kayu, yaitu:

1.     Gergaji atau Cutter

Alat potong untuk membuat kerajinan kayu bisa berupa gergaji atau cutter, tergantung ketebalan bahan yang digunakan. Pastikan bahwa alat potong yang digunakan memiliki keruncingan pas. Kamu juga harus hati-hati saat memakainya karena alat ini cukup berbahaya, guys.

2.     Alat Ukir

Beberapa kreasi dari kayu membutuhkan alat ukir, bisa berupa pisau maupun pena ukir. Namun, untuk pemula sebaiknya menggunakan pena ukir dulu saja, ya. Sehingga, proses membuat ukiran bisa lebih cepat dan mudah. Tentunya, menggunakan alat ukir bisa membuatmu menciptakan kerajinan dari kayu unik dan menarik, lho.

3.     Penggaris dan Meteran

Ada dua alat ukur yang wajib kamu siapkan saat ingin membuat kerajinan dari kayu, yaitu penggaris dan meteran. Gunakan penggaris dari bahan besi supaya tidak cepat rusak. Kalau jangkauan bahan lebih besar, maka kamu bisa menggunakan meteran, ya. Intinya, sesuaikan saja dengan kebutuhan masing-masing.

4.     Mesin Bor, Obeng dan Sekrup

Ketiga alat ini bisa kamu gunakan untuk membaut atau mengaitkan satu kayu dengan yang lainnya. Kalau ingin lebih praktis, kamu bisa mencoba gunakan obeng dan bor elektrik. Jadi, gak perlu banyak tenaga ekstra untuk menggunakan obeng maupun bor biasa.

5.     Lem Kayu

Lem kayu juga menjadi alat wajib yang mesti kamu siapkan saat akan membuat kreasi dari bahan kayu. Lem kayu ini berbeda dari lem biasa, guys. Daya rekatnya lebih tinggi dan cocok digunakan pada jenis kayu jati dan kayu lainnya.

6.     Kuas Lukis dan Cat Kayu

Supaya kerajinan dari kayu milikmu semakin menarik, kamu bisa memberikan sentuhan warna sesuai dengan keinginan. Selain mempercantik, cat kayu juga dapat melindungi serta menghaluskan kayu yang telah kamu buat.

Nah, cat kayu bisa kamu aplikasikan menggunakan kuas lukis yang disesuaikan dengan kebutuhan. Soalnya, ada banyak jenis kuas lukis yang bisa kamu pilih, seperti berdasarkan bentuk, bulu kuas, dan ukuran.

7.     Vernis

Vernis bisa kamu gunakan setelah mengecat kayu agar tampak lebih mengkilap. Tak hanya membuat kerajinan semakin keren, vernis dapat melindungi hasil karya milikmu dari kerusakan akibat jamur maupun rayap.

8.    Amplas

Amplas bisa kamu gunakan setelah karya kerajinan berhasil kamu vernis. Sebab, hasil vernis biasanya akan meninggalkan bintik-bintik halus. Amplas akan membantu membuat permukaan kayu menjadi lebih halus dan tidak berbahaya bagi tangan. Cara menggunakan amplas pun sangat mudah, kamu cukup menggosokkan permukaan amplas yang kasar ke permukaan kerajinan milikmu.

Baca juga : Kerajinan dari stick es krim untuk hiasan kamar

Contoh Kerajinan dari Kayu dan Cara Membuatnya

Nah, setelah tahu apa saja teknik dan alat yang digunakan, kini saatnya mengetahui cara membuat kerajinan dari kayu tersebut.

Berikut ada beberapa kerajinan dari kayu yang mudah dibuat dan sederhana yang bisa menjadi ide kreasi untuk kamu ikuti di rumah.

1.     Kerajinan dari Kayu Jati – Mangkuk Kayu

kerajinan dari kayu
Sumber Tokped

Mangkuk kayu sudah dikenal sejak zaman dulu, tepatnya saat manusia mulai kreatif menciptakan berbagai barang dari kayu. Fungsi dari mangkuk kayu bisa untuk peralatan dapur maupun tempat menyimpan buah-buahan.

Melihat gambar kerajinan dari kayu ini, tentunya kamu tertarik untuk coba membuatnya, ‘kan?

Nah, kamu bisa mempersiapkan beberapa bahan atau peralatannya, seperti kayu jati secukupnya, kapak, pisau pahat dan amplas.

Kalau bahan-bahannya sudah siap, kamu bisa ikuti cara membuat kerajinan dari kayu yang mudah dibuat ini, yaitu:

  • Kamu bisa membelah kayu dengan mengambil titik tengahnya menggunakan kapak
  • Buat sebanyak dua potongan kayu untuk bagian pegangan mangkuknya
  • Kemudian, belah potong yang tadi bisa kamu buat untuk dasar pegangan mangkuk
  • Ukir potongan kayu menjadi mangkuk menggunakan pisau pahat
  • Jika sudah, kamu bisa amplas mangkuk kayu agar hasilnya lebih halus.

2.     Kalender Blok dari Kayu Bekas

kalender dari kayu
Sumber Pinterest

Kalender blok menjadi salah satu kerajinan yang bisa kamu buat dengan kayu bekas. Tentunya, kerajinan dari kayu bekas ini bisa mempercantik meja atau menjadi pengingat tanggal yang manis. Bahkan, bisa kamu buat sebagai hadiah untuk teman dekat, lho.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kalender blok terdiri dari 4 kotak kayu bekas berukuran 1,4 inch, cat kayu, kardus bekas, gunting, spidol warna dan lem.

Kalau bahan-bahan sudah terkumpul, kamu bisa mulai membuat kalender blok dari kayu bekas dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Dari 4 kotak yang ada, kamu bisa memilih warna favoritmu, ya. Misalnya, warna biru muda untuk tanggal, dan warna putih untuk hari. Selain itu, kamu bisa menggunakan warna cokelat untuk bulan. Kalau sudah menentukan warnanya, segera warnai kotak tersebut menggunakan cat dan biarkan kering.
  • Ambil kardus bekas, lalu potong untuk digunakan sebagai alas dengan ukuran 6×2,4 inch. Kalau sudah, ambil lagi dan potong menjadi 6×1 inch. Untuk bagian belakang, kamu bisa memotong dengan ukuran 6×2,6 inch, sementara dudukannya buat 2 buah dengan masing-masing ukuran 6×1,4 inch.
  • Lem semua bagian kardus, lalu rapikan.
  • Ambil dua buah kardus untuk menutup bagian samping dudukan dari kotak kalender, kemudian rekatkan untuk menutup bagian yang lubang.
  • Pilih warna selain yang sudah kamu pakai untuk kotak kayu, lalu warna kardus tempat dudukan kalender tersebut.
  • Tulis angka pada kotak kalender dan pastikan cat pada kotak kayu sudah kering.
  • Supaya lebih rapi, gunakan pensir untuk mengukirnya dulu di kayu, setelah itu warnai dengan spidol atau cat.
  • Untuk kotak warna cokelat, kamu bisa memberikan tulisan bulannya, sementara kotak putih berikan tulisan hari.
  • Kotak biru pertama bisa berikan angka 1-6, sementara kotak biru kedua berikan angka 0,1,2,7,8,9.

Itulah informasi seputar kerajinan dari kayu yang unik dan bisa kamu buat sendiri secara mudah. Dengan cara yang sederhana, kamu bisa membuat kerajinan yang bernilai tinggi dari kayu tersebut. Gimana, menarik sekali, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
contoh teks ulasan
Read More

Teks Wawancara

Teks Wawancara— Secara tidak sadar, kita telah sering melakukan kegiatan wawancara dalam kehidupan sehari-hari. Kita juga sering menemukan…
Read More

Contoh Teks Pidato Persuasif

Dalam berpidato umumnya pembicara akan membawakan tema yang sangat cocok bagi pendengarnya. Topik ini dibawakan mengenai peristiwa atau…
contoh teks persuasif
Read More

Contoh Teks Persuasif

Contoh Teks Persuasif- Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang sangat di junjung tinggi oleh rakyat Indonesia. Bahasa ini juga…