Apa itu Typo? Cari Tahu Penyebab dan Solusinya!

Typo merupakan sebuah bentuk kesalahan dalam aktivitas penulisan suatu kata dalam kalimat. Fenomena ini biasanya sering terjadi ketika menulis digital (mengetik). Kami yakin secerdas apa pun otak dan inteligensi yang Anda miliki, pasti pernah mengalami typo.

Dengan kata lain, hal ini merupakan sesuatu yang lazim dialami oleh banyak orang, typo bisa terjadi saat mengetik untuk tugas sekolah, kerja, atau pun keperluan lainnya.

Kenapa kok bisa terjadi typo saat menulis/mengetik?

Faktanya mengetik ini tergolong aktivitas yang memerlukan kinerja otak yang cukup berat alias kegiatan tingkat tinggi. Tidak hanya sekadar mengetik saja, namun kamu pasti punya tujuan tersendiri saat melakukannya.

Otak memproses kata, jari-jari tangan mengeksekusi. Kedua aktivitas itu berjalan dalam waktu bersamaan tanpa kamu sadari saat melakukan mengetik sesuatu.

Proses merangkai kata ini rupanya tidak semudah yang kita bayangkan, secara tidak sadar pikiran kamu bekerja keras untuk membuat semua kalimat yang diketik masuk akal dan bisa dipahami dengan baik.

Contoh termudahnya adalah artikel yang saat ini sedang kamu baca. Disini Kami berusaha menyajikan data dan informasi dengan bahasa yang santai agar kamu tidak bosan saat membacanya.

Penyebab Typo Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui!

Mengutip dari Wantek.ID, ada beberapa penyebab yang membuat seseorang bisa mengalami typo, daripada penasaran berikut informasi yang bisa kamu baca sebagai referensi ilmu pengetahuan:

1. Keyboard HP Berukuran Kecil

Beberapa orang tidak begitu memahami cara melakukan setting di papan ketik mereka. Secara default biasanya ukuran keyboard di HP itu berukuran kecil. Karena jari kita yang lebih besar daripada tombol virtual di HP, itu membuat kita salah dalam mengetikkan kata. Akibatnya menjadi sering typo.

2. Terburu-buru dalam Mengetik

Berbagai tuntutan aktivitas seperti tugas sekolah, deadline kerja terkadang juga bisa menjadi faktor penyebab kamu sering typo saat mengetik.

Terlalu gugup dan tergesa-gesa bisa membuat otak kita tidak bisa mengolah kata dengan baik, belum lagi reflek jari-jari tangan saat mengetik yang tidak sinkron karena pikiran tidak tenang.

3. Salahkan Fitur Koreksi Otomatis

Kami tidak bohong, seringkali fitur yang seharusnya mempermudah malah membuat kamu sering typo saat mengetik.

Hal ini simpel, karena rekomendasi kata yang ditampilkan pada keyboard itu murni kata baku.

Sehingga, ketika kamu mengetikan sesuatu yang tidak baku maka akan otomatis tergantikan dengan pilihan kata baku yang terkadang tidak sesuai dengan apa yang kamu mau.

4. Layar Sentuh HP Kamu Bermasalah

Alasan terakhir kenapa kamu bisa mengalami typo adalah karena HP yang digunakan sudah mulai error layarnya. Kasus ini biasa disebut dengan ghost touch alias layar ngetik sendiri. Kondisi semacam ini biasanya disebabkan karena HP kamu pernah terjatuh atau terbentur sesuatu.

Baca Juga: Perbedaan 32 Bit dan 64 Bit

Solusi Mengatasi Typo yang Bisa Kamu Coba Sekarang

Setelah membahas penyebab dari munculnya typo, sekarang saatnya mencari tahu solusi yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya typo yang menyebalkan, berikut informasinya:

1. Gunakan Layout Keyboard Besar

Sebagai solusi dari tampilan keyboard yang kekecilan, kamu bisa setting sendiri seperti ini:

  • Pergi ke bagian “settings atau pengaturan ponsel”
  • Lalu, gulir ke bawah untuk menemukan tulisan “Bahasa dan masukan”
  • Klik tulisan “bahasa dan masukan”
  • Disitu akan ada berbagai pilihan, secara default kamu akan menemukan tulisan “Gboard”
  • Klik tulisan tersebut, lalu akan muncul banyak pilihan lainnya. Kamu bisa mengklik “preferensi”
  • Setting ketinggian keyboard menjadi “Tinggi atau sangat tinggi”

Ingat tampilan masing-masing ponsel mungkin berbeda, namun secara umum kamu bisa mengikuti arahan di atas.

2. Jangan Terburu-Buru Saat Mengetik

Terburu-buru dalam mengetik bisa merepotkan. Oleh karena itu, saat mengetik kamu bisa menenangkan pikiran, tarik nafas lalu buang. Rasakan sensasi yang damai dan tentram, itu akan membuat proses mengetik menjadi lebih nyaman, sehingga typo juga bisa terhindari.

3. Nonaktifkan Auto Koreksi

Sebelum mulai mengetik, kamu bisa mematikan fitur auto koreksi pada bagian keyboard hp.

Ikuti cara yang sama seperti saat hendak mengubah ukuran papan ketik, saat berada di bagian pengaturan “Gboard” kamu bisa pilih “koreksi teks” lalu setelah itu nonaktifkan semua setting yang ada disitu.

4. Periksa Ulang Sebelum Dikirim

Sebelum mengirimkan teks yang kamu ketik, sebagai tindakan preventif (pencegahan) bisa di cek terlebih dahulu. Kalau sudah yakin baru mulai mengirimkan tugas atau hasil ketikan kamu.

Contoh Tulisan Typo

Sebagai penutup, berikut kami sajikan beberapa kalimat typo yang bisa membuat segalanya menjadi kacau.

Kalimat Typo(gara-gara auto corect): Pak,kemarin tugas pelajaran POJOK-nya tentang apa?

Kalmat Seharusnya: Pak, kemarin tugas pelajaran PJOK-nya tentang apa?

Leave a Comment